Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Yang Perlu Dilakukan Saat Flu dan Pilek Baru Muncul

    Share

    lea

    383
    Age : 31
    08.03.09

    Yang Perlu Dilakukan Saat Flu dan Pilek Baru Muncul

    Post  lea on Tue Nov 01, 2011 7:03 am

    Yang Perlu Dilakukan Saat Flu dan Pilek Baru Muncul


    Flu dan pilek (cold) adalah dua penyakit yang memiliki konsekuensi yang berbeda tapi gejala yang ditimbulkan nyaris serupa. Meski risiko flu lebih berat dari pilek namun keduanya bisa dicegah keparahannya mulai dari gejala awal.

    Dibanding pilek, flu dapat menyebabkan komplikasi serius seperti radang paru-paru (pneumonia) hingga kematian. Maka itu flu harus diobati dalam waktu 48 jam setelah munculnya gejala adalah langkah yang terbaik.

    Gejal pilek dan flu tersebut dapat berupa rasa gatal dan sakit pada tenggorokan, kepala terasa berat dan sakit, pegal-pegal, dan lain-lain. "Orang dewasa rata-rata terserang pilek 3 kali setiap tahun, masing-masing berlangsung rata-rata 9 hari," kata Jane Sadler, MD, seorang dokter praktek keluarga di Baylor-Garland Rumah Sakit, Garland, Texas seperti dikutip dari Health.

    Beberapa cara untuk mencegah keparahan gejala pilek dan flu antara lain:

    A. Begitu merasakan gejala awal

    1. Mulai memperbanyak minum air putih atau jus
    "Minum lebih banyak air atau jus dapat untuk menghindari gejala dehidrasi seperti, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat," kata William Schaffner, MD, profesor dan ketua Bagian Kedokteran Preventif di Vanderbilt University School of Medicine.

    2. Berkumur dengan air garam
    Untuk meredakan tenggorokan gatal tambahkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. "Garam dapat menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir dan meringankan iritasi di tenggorokan," kata Philip Hagen, MD, editor kepala medis di Mayo Clinic.

    3. Pastikan hidung bersih dan tidak mampet
    Menggunakan semprot hidung yang mengandung saline segera setelah gejala pertama pilek muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hal tersebut dapat mencegah perkembangan gejala lebih lanjut. Selain itu, sebaiknya juga mandi dengan air hangat.

    B. Dalam dua jam pertama

    1. Membeli obat ke toko terdekat
    Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen untuk melawan rasa sakit. "Obat-obatan alergi yang dijual bebas, seperti Zyrtec dan Benadryl, dapat membantu meredakan gejala seperti hidung meler dan mata berair. Obat-obatan alergi yang mengandung dekongestan, seperti Claritin D atau Alavert D, akan membantu membersihkan sinus," kata Mark Moyad, MD, MPH, Jenkins/Pokempner director of preventive and alternative medicine di University of Michigan Medical Center.

    2. Tidak harus mengonsumsi obat yang dijual bebas bisa juga madu
    Madu dapat berguna untuk meredakan gejala pilek, Kata Harley Rotbart, MD, profesor dan wakil ketua pediatrics and pediatric infectious diseases di University of Colorado School of Medicine.

    Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengonsumsi 1 sampai 2 sendok makan madu secara langsung atau dengan cara dicampurkan ke dalam teh. Sehingga tidak harus mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas.

    C. Selama enam jam berikutnya

    1. Lebih banyak beristirahat
    "Tubuh dapat melawan virus dengan lebih baik jika tubuh telah beristirahat dengan cukup," kata Janet O'Mahony, MD, seorang dokter penyakit dalam di Mercy Medical Center in Baltimore. Untuk menjaga dari berbagi kuman, maka cuci tangan secara teratur atau menggunakan gel disinfektan yang berbasis alkohol.

    2. Terus menyeimbangkan asupan cairan
    Terus minum banyak air, jus, teh, atau dapat dengan makan sup ayam untuk makan siang.

    3. Melakukan latihan fisik ringan
    "Latihan fisik ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh," kata Dr. Sadler.

    D. Sehari setelahnya

    Diet sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jadi pilihlah menu makan malam dengan makanan yang mencakup protein seperti daging tanpa lemak, ikan, atau kacang-kacangan, gandum, beras merah, dan banyak sayuran yang kaya antioksidan. Mandi dengan air hangat sebelum tidur. Kemudian tidur dengan kulitas yang baik dan waktu yang cukup.

    E. Hari berikutnya

    Jika masih merasa tidak ada kemajuan atau kondisi tubuh justru memburuk dengan gejala seperti, demam, mulai muntah, atau sakit kepala yang semakin buruk, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Karena hal tersebut mungkin menunjukkan bahwa Anda memerlukan obat-obatan antivirus, antibiotik atau pengobatan lainnya.



      Waktu sekarang Thu Sep 29, 2016 8:37 pm