Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Kenapa Orang Bisa Kecanduan Cokelat?

    Share

    via

    851
    04.03.09

    Kenapa Orang Bisa Kecanduan Cokelat?

    Post  via on Fri Nov 11, 2011 9:46 am

    Kenapa Orang Bisa Kecanduan Cokelat?


    Selama ini diketahui cokelat bisa membuat seseorang ketagihan atau biasa disebut dengan chocoholic. Tapi apakah konsumsi cokelat bisa bikin seseorang kecanduan?

    Beberapa makanan mungkin memiliki sifat adiktif, namun adiktif yang dimiliki oleh cokelat berada dalam kategori yang berbeda dibandingkan dengan zat-zat seperti heroin atau alkohol, seperti dikutip dari Health.MSN.

    Ketergantungan melibatkan 3 komponen penting yaitu adanya keinginan yang intens, kehilangan kontrol atas objek yang diinginkan serta terus menerus mengonsumsi meski efeknya buruk.

    Studi awal menemukan bahwa seseorang bisa menunjukkan 3 hal ini pada makanan. Selain itu banyak orang yang bisa terpicu nafsu makannya ketika melihat atau mencium bau makanan meski baru saja makan.

    Umumnya makanan yang bisa menyebabkan ketagihan adalah tinggi lemak serta tinggi karbohidrat, dan cokelat diketahui mengandung gula serta lemak yang sering digunakan dalam studi ketagihan makanan.

    Studi yang diterbitkan dalam Archives of General Psychiatry menemukan ketika seseorang diberikan bau atau melihat minuman cokelat maka bagian otak yang mengatur hasrat menjadi aktif. Ketika diminum maka aktivitas otak di daerah tersebut berkurang, pola ini ditemukan pula pada orang yang kecanduan.

    Sedangkan studi lain dari peneliti Drexel University yang menggunakan permen menemukan orang akan mengalami reaksi psikologis seperti kesenangan yang intens dan keinginan untuk mengonsumsi lebih banyak ketika makan permen cokelat.

    Kecanduan makanan umumnya tidak sebahaya kecanduan narkoba atau alkohol, tapi tetap memiliki efek samping seperti obesitas dan kehilangan kontrol makan yang bisa menjadi faktor risiko dari beberapa penyakit. Untuk itu harus ada batasan dalam mengonsumsinya agar tidak menimbulkan efek buruk.

    Selain itu ada hal lain yang membedakan kecanduan narkoba dengan makanan, yaitu makanan diperlukan untuk kelangsungan hidup sedangkan zat adiktif seperti narkoba tidak.



      Waktu sekarang Sat Dec 03, 2016 10:42 pm