Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Posisi Tidur yang Bisa Memperbaiki Postur Tubuh

    Share

    julia

    138
    25.06.11

    Posisi Tidur yang Bisa Memperbaiki Postur Tubuh

    Post  julia on Thu Nov 17, 2011 7:40 am

    Posisi Tidur yang Bisa Memperbaiki Postur Tubuh


    Posisi tidur bisa mempengaruhi bentuk tubuh. Jika posisi tidur tidak tepat maka bisa memperburuk postur tubuh. Tapi ada posisi tidur tertentu yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh.

    Tidur atau berbaring dalam posisi yang melemahkan otot dan ligamen, bisa meregangkan punggung bawah yang membuat postur tubuh buruk sehingga memperparah masalah punggung dan nyeri.

    Secara alami lengkungan daerah lumbar (bagian kecil di atas panggul atau tulang pinggul) atau disebut dengan lumbar lordosis membantu memberikan kekuatan pada kolom vertebralis.

    Posisi tidur yang mendukung kelengkungan ini dan kepala yang sejajar dengan tulang belakang serta tulang panggul bisa memperkuat kembali otot-otot dan ligamen untuk memperbaiki postur tubuh.

    Berikut ini adalah posisi tidur yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh, seperti dikutip dari Livestrong, yaitu:

    1. Posisi kepala
    Posisi kepala saat tidur mempengaruhi posisi seluruh tubuh dan meningkatkan stres pada tulang belakang serta otot punggung. Letakkan bantal di bawah kepala dan leher bukan di bahu, lalu gunakan bantal yang cukup kuat untuk mendukung kepala dan sejajar dengan tulang belakang.

    Menggunakan bantal yang terlalu tebal atau lembut bisa menyebabkan sakit leher dan punggung serta membuat postur tubuh yang buruk.

    2. Posisi lutut dan punggung
    Tidur dengan punggung melengkung membentuk huruf 'C' bisa meregangkan ligamen tulang belakang dan melemahkan otot pinggang. Hal ini memperburuk postur tubuh saat duduk dan berdiri.

    Untuk itu kurangi lengkungan dengan melengkungkan sedikit bagian bawah punggung ke dalam ketika tidur menyamping bisa membantu memperkuat kembali otot-otot punggung dan mencegah otot bahu membungkuk.

    Hindari posisi lutut yang mendekati dada dengan menempatkan bantal atau guling diantara lutut untuk menyelaraskan panggul, tulang belakang dan kepala.

    3. Memberi dukungan untuk lekukan tubuh
    Kasur yang terlalu lembut membuat tubuh melorot di tengah dan tidak memberikan dukungan yang cukup untuk mempertahankan posisi tubuh yang benar saat tidur. Jika kasur yang dimiliki tidak cukup kuat maka gunakan papan yang khusus untuk memberi dukungan lebih pada punggung.

    Tapi jangan pula menggunakan kasur yang terlalu keras karena tidak mendukung kelengkungan alami dari tubuh. Pilihlah kasur yang bisa membuat nyaman pada titik-titik tekanan normal namun tetap memberikan dukungan yang baik untuk tubuh.



      Waktu sekarang Sat Dec 10, 2016 1:55 pm