Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Hindari Olahraga Berlebihan Saat Akhir Pekan

    Share

    julia

    138
    25.06.11

    Hindari Olahraga Berlebihan Saat Akhir Pekan

    Post  julia on Mon Nov 21, 2011 2:19 am

    Hindari Olahraga Berlebihan Saat Akhir Pekan


    Melakukan olahraga secara teratur bisa bermanfaat bagi tubuh, tapi kadang waktu yang dimiliki hanya di akhir pekan saja. Meski begitu hindari olahraga berlebihan saat akhir pekan.

    Olahraga penting untuk menjaga kesehatan tubuh baik secara fisik maupun mental. Namun banyak orang yang melukai dirinya sendiri dengan melakukan olahraga secara berlebihan hingga melewati batas.

    Sebagian besar orang tidak mendapatkan waktu olahraga yang cukup di hari kerja, sehingga ia akan melakukan olahraga sebanyak mungkin di akhir pekan. Padahal kondisi ini bisa membahayakan dan melukai dirinya sendiri. Kondisi ini sering disebut dengan weekend warrior syndrome, seperti dikutip dari Lifemojo.

    Orang yang memaksakan diri olahraga berlebihan bisa memicu cedera seperti shin splints atau menyebabkan stres pada otot. Kondisi ini jelas bukan cara yang tepat untuk berolahraga.

    Sedangkan olahraga sedikit yang dilakukan setiap hari bisa lebih menyehatkan dan cenderung kurang mengakibatkan cedera dibanding dengan olahraga berlebihan di akhir pekan.

    Sebaiknya kenali kemampuan tubuh, jika mengalami kelelahan parah apalagi disertai juga dengan pusing, nyeri dada, detak jantung yang tidak teratur serta nyeri sendi, sebaiknya hentikan olahraga dan segera istirahat.

    Meski begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari cedera dan bisa berolahraga dengan aman yaitu:

    1. Selalu melakukan pemanasan dengan beberapa latihan untuk membantu tubuh menyesuaikan diri dengan latihan berikutnya yang intensitasnya lebih meningkat.

    2. Membuat program olahraga yang progresif seperti mengetahui kondisi dan tingkat kebugaran tubuh. Secara bertahap tingkatkan intensitas dan durasi sekitar 10-15 persen per minggu dari program latihan yang ada.

    3. Hindari olahraga jika tubuh sedang sakit atau merasa tidak enak badan. Jika sudah sembuh maka mulailah secara perlahan-lahan dan bertahap.

    4. Tetap menjaga kondisi tubuh terhidrasi dengan baik untuk mencegah kelelahan, usahakan minum sebelum selama dan setelah latihan.

    5. Kenakan pakaian yang nyaman dan kain yang menyerap keringat serta longgar, sedang untuk perempuan pilihlah bra yang bisa mendukung payudara dengan baik.

    6. Melakukan pendinginan setelah selesai olahraga untuk membantu tubuh kembali ke kondisi normal serta menjaga otot-otot tetap lentur.



      Waktu sekarang Sat Dec 10, 2016 1:50 pm