Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Agar Sambal Botol Tahan Lama

    Share

    sangi

    282
    13.02.09

    Agar Sambal Botol Tahan Lama

    Post  sangi on Thu Nov 24, 2011 6:55 am

    Agar Sambal Botol Tahan Lama


    Cabai merupakan salah satu bumbu wajib dalam dunia kuliner Indonesia. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, tak lengkap rasanya menyantap makanan tanpa sensasi pedas cabai atau sambal.

    Kehidupan modern membuat pola kebiasaan turut berubah dari mengolah langsung dari bahan alami menjadi produk makanan olahan yang dapat disajikan dengan cepat namun tetap aman dan bergizi.

    Dr Wahyu Supartono dari Laboratorium Analisa dan Standarisasi Mutu Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengatakan, penggunaan sambal botolan kini umum digunakan sebagai pelengkap selama bersantap, khususnya negara tropis termasuk Indonesia. "Makanan di daerah tropis lazim menggunakan aneka rempah dan bumbu termasuk cabai," ucapnya pada Workshop sambal ABC "Makan Makin Berselera" di Annex Building, Wisma Nusantara, 10 November 2011.

    Menurutnya, produk pangan olahan berkualitas baik harus memenuhi syarat kualitas bahan mentah yang baik, penanganan dan pengolahan yang benar serta pengemasan yang sesuai. "Makanan olahan yang mengalami paling sedikit proses dipanaskan sehingga lebih mirip bahan alaminya semakin bagus dikonsumsi."

    Dalam memilih sambal olahan, ujar Dr Wahyu, perlu memerhatikan pengemasan dan umur simpan sambal botolan tersebut. "Kemasan beling, inert, sehingga daya tahannya lebih tinggi daripada botol dari plastik dari polimer yang ketahanannya lebih terbatas," katanya. Dia menekankan pentingnya meneliti batas kadaluarsa sebelum membeli produk olahan dan mengonsumsinya. "Tanggal yang tertera dalam kemasan memberi tahu konsumen berapa lama produk tersebut dapat digunakan."

    Cara penyimpanan setelah produk dibuka juga sangat memengaruhi daya simpan. Sambal botolan yang disimpan dalam suhu dingin seperti di kulkas dan ruangan berpendingin lebih tahan lama ketimbang bila hanya di tempatkan di ruangan biasa.

    Dr Wahyu mengingatkan, idealnya sambal botolan digunakan sesuai kebutuhan. "Penggunaan sambal untuk keluarga tentu berbeda dengan orang yang hanya sendiri atau berdua. Sebaiknya perhatikan porsinya dan beli sesuai kebutuhan saja," katanya.

    Sementara Senior Brand Manager PT Heinz ABC Indonesia Ari Wibowo mengatakan, sebaiknya memerhatikan batas penggunaan produk. Walaupun telah ditambahkan bahan pengawet serta pengemasan yang baik, setelah dibuka bisa terjadi kontaminasi yang menyebabkan perubahan signifikan pada produk olahan. "Seperti perubahan warna menjadi kehitaman atau perubahan pada rasa. Jika demikian sebaiknya tidak lagi dikonsumsi," ujar Ari. Dia menambahkan, "Sebaiknya konsumsi produk sebelum habis masa kadaluarsanya".


      Waktu sekarang Fri Dec 09, 2016 4:43 pm