Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Separuh dari Orang Kanker Akibat Gaya Hidup di Masa Lalu

    Share

    meilani

    97
    18.08.11

    Separuh dari Orang Kanker Akibat Gaya Hidup di Masa Lalu

    Post  meilani on Fri Dec 09, 2011 2:24 pm

    Separuh dari Orang Kanker Akibat Gaya Hidup di Masa Lalu


    Banyak orang percaya bahwa kena kanker adalah nasib karena telah terbawa dalam gen seseorang, sehingga sulit untuk menghindarinya. Tapi hasil studi menunjukkan hampir setengah dari kanker yang didiagnosa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat di masa lalu dari penderitanya.

    Menurut laporan Cancer Research di Inggris, merokok adalah penyebab terbesar kanker, yang telah menyebabkan 23 persen kasus kanker pada pria dan 15,6 persen kanker pada wanita. Sehingga gaya hidup tidak sehat tersebut seharusnya dihindari termasuk merokok, minum alkohol dan pola makan yang tidak sehat.

    Pola makan yang kurang sehat, seperti kurangnya buah segar dan sayuran dalam diet sehari-hari juga dapat memicu berbagai macam penyakit. Setidaknya pola makan yang kurang sehat, memiliki dampak yang paling utama adalah menyebabkan kelebihan berat badan. Hasil ulasan tersebut telah dipublikasikan dalam British Journal of Cancer.

    "Banyak orang percaya bahwa kanker adalah nasib karena telah terbawa dalam gen seseorang, sehingga sulit untuk menghindarinya. Berdasarkan banyak bukti, dapat ditarik kesimpulan bahwa sekitar 40 persen dari semua jenis kanker disebabkan oleh gaya hidup. Sedangkan gaya hidup sendiri sebenarnya merupakan pilihan bagi masing-masing orang," kata Prof. Max Parkin, seorang penulis utama dalam ulasan tersebut seperti dilansir dari BBCNewsHealth.

    Baik bagi pria atau wanita, saran yang paling baik untuk menghindari kanker adalah dengan beralih pada gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat yang dapat disarankan, antara lain:

    1. Berhenti merokok
    2. Makan dengan diet sehat, yaitu lebih banyak porsi buah dan sayuran
    3. Berhenti minum alkohol
    4. Berolahraga secara rutin

    Memang belum cukup bukti bahwa buah dan sayuran dapat mencegah kanker secara langsung. Namun setidaknya dengan menjaga asupan buah dan sayuran akan mendapatkan manfaatnya secara langsung adalah membuat badan menjadi lebih segar.

    "Selain itu, dengan mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang cukup dapat terhindar dari kelebihan berat badan," kata Prof. Parkin.

    Berbagai buah dan sayuran memang mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Secara total, 14 gaya hidup dan faktor lingkungan seperti gabungan dari lingkungan tempat tinggal dan pekerjaan, dapat menyebabkan 134.000 kejadian kanker di Inggris setiap tahun. Sejumlah 100.000 atau sekitar 34 persen dari kanker terkait dengan merokok, alkohol, dan kelebihan berat badan.

    Sekitar 1 dari 25 kanker telah terkait dengan jenis pekerjaan, seperti pekerjaan yang memungkinkan terpapar bahan kimia atau asbes. Beberapa faktor risiko juga berhubungan erat dengan jenis kanker tertentu, seperti kaitan rokok dengan kanker paru-paru.

    Hasil ulasan berbagai hasil studi menunjukkan bahwa jenis kanker lain seperti kanker payudara, hampir 10 risiko berasal dari kelebihan berat badan atau obesitas. Dan untuk kanker esofagus atau tenggorokan, setengah dari risiko berasal dari makan dengan terlalu sedikit jumlah buah dan sayuran.

    Sedangkan seperlima dari risiko kanker esofagus adalah dari alkohol. Untuk kanker lambung, seperlima dari risiko disebabkan oleh terlalu banyak jumlah garam dalam diet. Beberapa kanker, seperti kanker mulut dan tenggorokan, disebabkan hampir seluruhnya oleh gaya hidup.

    Berdasarkan ulasan dari berbagai hasil studi tersebut, dapat disimpulkan bahwa hampir separuh dari penyebab kanker adalah gaya hidup yang tidak sehat. Hal tersebut merupakan faktor risiko yang dapat diubah, karena gaya hidup merupakan pilihan masing-masing orang. Sehingga seharusnya kita mengikuti gaya hidup sehat agar dapat terhindar dari berbagai jenis kanker.



      Waktu sekarang Sun Dec 11, 2016 7:15 am