Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Hobi Ngintip Status Orang Picu Kegemukan di Era Internet

    Share

    meilani

    97
    18.08.11

    Hobi Ngintip Status Orang Picu Kegemukan di Era Internet

    Post  meilani on Sun Dec 11, 2011 2:34 pm

    Hobi Ngintip Status Orang Picu Kegemukan di Era Internet


    Berkat jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, rasanya menyenangkan sekali bisa memantau kabar dan aktivitas orang lain dengan mudahnya di internet. Namun jangan berlebihan, menurut penelitian hal itu juga bisa memicu kegemukan.

    Jika menemukan kabar baik misalnya ada teman naik jabatan atau akan menikah bulan depan, dampaknya bagi kesehatan jiwa akan positif karena bisa memberi motivasi. Namun jika kebetulan kabarnya kurang baik, maka justru bisa memicu stres yang sebenarnya tidak perlu.

    Seorang psikoterapis dari Florida, Dawn Billings mengatakan sifat usil mengintip status orang di internet tidak hanya berbahaya bagi kesehatan jiwa. Pada tingkatan tertentu, kebiasaan ini juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan secara fisik.

    Beberapa dampak dari kebiasaan ngintip status orang di internet menurut Billings seperti dikutip dari MSNBC, adalah sebagai berikut.

    1. Memicu kegemukan
    Secara psikologis, ngintip status adalah perilaku yang secara tidak sadar ingin dilakukan secara diam-diam dan cenderung memalukan kalau sampai ketahuan. Beban mental untuk tidak ketahuan, maupun ketika menemukan kabar yang tidak menyenangkan bisa memicu stres.

    Berbagai penelitian membuktikan, stres berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam mengontrol nafsu makan. Hormon stres atau kortisol membuat nafsu makan cenderung berlebihan, sementara metabolisme di dalam tubuh berjalan lebih lambat sehingga lebih bikin gemuk.

    2. Insomnia atau susah tidur
    Stres juga bisa dipicu oleh perilaku kompulsif, atau keinginan yang terus menerus dan susah dikendalikan. Ketagihan ngintip status orang di internet juga termasuk perilaku kompulsif, karena selalu ingin tahu kabar terbaru dari orang yang diintip.

    Salah satu ciri khas pada perilaku kompulsif adalah membuat penderitanya selalu gelisah jika keinginannya tidak dituruti. Pada malam hari, kegelisahan ini akan sangat mengganggu jam biologis dan memicu insomnia atau susah tidur di malam hari.

    3. Kerusakan otak
    Peningkatan hormon stres yakni kortisol dan adrenalin saat ngintip status orang di internet akan memacu aliran darah ke beberapa bagian otak, lalu menyebabkan kerusakan pada bagian frontal lobe. Padahal bagian ini sangat penting bagi kecerdasan dan kemampuan untuk mengambil keputusan.

    Dampak jangka panjang yang akan dirasakan jika terjadi kerusakan pada bagian ini antara lain berkurangnya kapasitas memori atau daya ingat, serta kemampuan menilai. Bisa juga kembali lagi ke pemicunya, yakni menyebabkan stres dan kegelisahan itu sendiri.



      Waktu sekarang Wed Dec 07, 2016 7:26 pm