Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Kenapa Stres Bikin Orang Cepat Ubanan?

    Share

    via

    848
    04.03.09

    Kenapa Stres Bikin Orang Cepat Ubanan?

    Post  via on Sat Dec 17, 2011 6:47 am

    Kenapa Stres Bikin Orang Cepat Ubanan?


    Stres benar-benar bisa mengubah warna rambut menjadi putih atau beruban. Memang munculnya uban dipengaruhi banyak faktor tapi nyatanya stres juga memicu perubahan produksi hormon melanin yang membuat jumlah pigmen berkurang sehingga rambut menjadi tampak putih.

    Stres merupakan faktor penting yang menyebabkan tumbuhnya rambut putih pada usia dini. Beberapa trauma fisik atau mental dapat menyebabkan stres yang mempengaruhi produksi melanin. Hal tersebut dapat menyebabkan perubahan pigmentasi dan menyebabkan tumbuhnya rambut putih.

    Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa rambut tikus laboratorium yang terkena berulang oleh sinar-X dan suntikan kimia, menyebabkan rambut yang tumbuh tidak berpigmen.

    Sehingga faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan kerusakan DNA ireversibel. Laporan hasil penelitian tersebut telah diterbitkan pada bulan Juni 2009 oleh Tokyo Medical and Dental University.

    Jumlah pigmen atau melanin dalam setiap folikel rambut individu diatur oleh sel induk khusus yang disebut melanosit. Setiap sel melanosit adalah berfungsi untuk periode waktu tertentu, setelah itu sel tersebut akan mati.

    Setelah melanosit berhenti berfungsi, folikel rambut mulai tumbuh keluar dengan tidak berpigmen, atau berwarna putih. Sebuah campuran dari beberapa rambut gelap dan beberapa rambut putih dapat memberikan ilusi visual bahwa seseorang memiliki rambut abu-abu, tetapi kepala rambut yang benar-benar tanpa pigmen akan tampak putih.

    Orang dengan ras Kaukasia biasanya mulai memperhatikan helai rambut putih pertama mereka kadang-kadang di pertengahan usia 30-an tahun. Sedangkan orang-orang keturunan Asia, Afrika, atau Amerika mulai beruban dengan usia lebih tua. Sekitar 50 persen dari penduduk dengan usia 50 tahun memiliki rambut berwarna abu-abu.

    Menurut sebuah laporan hasil penelitian, usia dimana melanosit mulai berhenti berfungsi, kebanyakan dipengaruhi oleh keturunan atau genetik. Hasil penelitian tersebut telah diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology tahun 2005.

    Beberapa penyebab tumbuhnya rambut putih selain stres seperti dikutip dari eHowHealth, antara lain:

    1. Faktor genetik
    Salah satu penyebab utama dari tumbuhnya rambut putih adalah faktor keturunan. Gen-gen yang didapatkan dari ayah atau kakek dan nenek kepada anak dapat menyebabkan pemutihan rambut di usia dini seperti ketika masih berusia 20 tahun.

    2. Defisiensi tiroid atau anemia
    Defisiensi merupakan penyebab lain dari rambut putih pada usia dini. Kekurangan tiroid dan anemia juga dapat menjadi penyebab untuk masalah tersebut.

    3. Warna rambut
    Warna rambut berasal dari warna melanin. Melanin merupakan pigmen yang hadir baik dalam kulit dan rambut. Lebih banyak melanin, maka warna rambut akan lebih gelap. Kurang melanin, maka warna rambut akan lebih terang.

    4. Kondisi medis
    Kondisi medis tertentu diketahui dapat menyebabkan rambut memutih sebelum waktunya. Seperti mereka yang lahir dengan anomali genetik yang disebut vitiligo. Vitiligo merupakan bentuk albinisme, yaitu yang memiliki rambut tidak berpigmen.

    Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa, orang dengan kondisi kekurangan suatu enzim penting yang memecah hidrogen peroksida, dapat menghasilkan peningkatan kadar hidrogen peroksida tidak hanya di rambut, tetapi juga di kulit.

    Pencegahan dan perawatan rambut yang beruban

    Saat ini, tidak ada pengobatan medis yang menyebabkan rambut putih untuk tumbuh kembali menjadi rambut hitam. Juga tidak ada studi ilmiah yang menunjukkan bahwa, diet khusus, herbal, suplemen gizi, atau perawatan holistik lainnya dapat mengembalikan proses rambut yang memutih.

    Hal tersebut membuat kebanyakan orang yang memiliki rambut yang memutih memilih untuk mewarnai rambutnya. Namun, ada perawatan yang dapat dilakukan di rumah untuk mencegah banyaknya rambut putih yang tumbuh.

    Perawatan tersebut, antara lain:

    1. Campur minyak kelapa dengan jeruk nipis
    Oleskan campuran ini pada rambut dan pijat rambut dan kulit kepala selama 15-20 menit.

    2. Buatlah secangkir teh hitam yang pekat dan campurkan garam ke dalamnya
    Saring semua teh dan tunggulah hingga dingin. Setelah dingin, gunakan pada akar rambut dan biarkan selama 1 jam. Kemudian cucilah dengan air mengalir.



      Waktu sekarang Sat Oct 01, 2016 3:45 pm