Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Menyusui Bayi Baiknya Pakai Payudara Kiri Kanan Tiap 10 Menit

    Share

    flade

    936
    23.09.09

    Menyusui Bayi Baiknya Pakai Payudara Kiri Kanan Tiap 10 Menit

    Post  flade on Tue Dec 20, 2011 8:31 am

    Menyusui Bayi Baiknya Pakai Payudara Kiri Kanan Tiap 10 Menit


    Ibu kadang membiarkan bayinya tinggal lama di satu payudara hingga kenyang ASI, yang akibatnya membuat bayi hanya terbiasa dengan 1 payudara saja. Sebaiknya berikan waktu 10 menit untuk tiap payudara sehingga kedua payudara bisa mengeluarkan ASI dengan sempurna.

    Bayi yang mendapatkan ASI secara eksklusif 6 bulan memiliki angka kejadian infeksi yang lebih rendah, mencegah obesitas dan diabetes serta memberikan perlindungan terhadap kanker payudara pada ibu.

    Beberapa ibu ada yang memilih memberi makan bayi secara 'on demand' (menunggu si bayi yang minta disusui) yang berarti menyusui setiap kali bayi menunjukkan tanda-tanda kelaparan dan sesuai dengan keinginan bayi.

    Serta ada pula yang menyusui berdasarkan rutinitas waktu dan membiarkan bayi menyusu dengan jumlah batas waktu tertentu, misalnya setiap 3 jam sekali menyusui. Biasanya dilakukan sekitar 10 menit untuk setiap payudara.

    Para peneliti menemukan membatasi waktu menyusui selama 10 menit untuk tiap payudara akan menambah berat badan lebih banyak di usia 6-8 minggu serta lebih mungkin bagi bayi untuk terus menyusu hingga lebih dari 12 minggu dibanding dengan bayi yang menyusu secara 'on demand'.

    "Meski studi ini tidak dalam skala yang cukup besar, tapi saya setuju bahwa sebagian besar bayi harus mendapatkan ASI dari kedua payudara dan orangtua sebaiknya menawarkan hal itu untuk si bayi," ujar Dr Lisa Amir, konsultan laktasi dan peneliti dari Latrobe University, seperti dikutip dari ABC.net.au.

    Beberapa perempuan kadang membiarkan bayinya tinggal lama di satu payudara hingga banyak ASI, tapi hal ini akan membuat bayi terbiasa dengan 1 payudara saja. Untuk itu memberikan waktu 10 menit untuk tiap payudara dan memberikan payudara yang satu lagi merupakan ide yang lebih baik.

    Namun metode memberikan batasan waktu untuk menyusui tidak bisa berlaku pada semua bayi, hal ini karena setiap bayi berbeda sehingga ibu harus mengetahui cara menyusui seperti apa yang membuat ibu dan bayi merasa nyaman.

    "Hal yang terpenting dalam menyusui adalah memberikan kedua payudara pada bayi dan bukan hanya salah satunya saja," ujar Dr Helen Oddy, ahli gizi dan peneliti dari Telethon Institute for Child Research di Perth.

    Dr Oddy menuturkan ibu sebaiknya jangan heran jika bayinya bisa menyusu sampai 12 kali dalam waktu 24 jam. Namun jika bayi sangat mengantuk dan sudah tidur dalam jangka waktu laam, maka cobalah membangunkan secara perlahan untuk disusui.

    Selain itu bayi yang mendapatkan ASI umumnya memiliki berat badan yang berbeda dengan bayi yang diberikan susu formula, selama ia masih berada dalam grafik normal maka tak perlu dikhawatirkan.



      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 1:09 pm