Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    'Pinterest' Si Jejaring Sosial Baru: Tren Sesaat kah?

    Share

    pravda

    260
    07.06.10

    'Pinterest' Si Jejaring Sosial Baru: Tren Sesaat kah?

    Post  pravda on Tue Jan 17, 2012 9:54 pm

    'Pinterest' Si Jejaring Sosial Baru: Tren Sesaat kah?


    Saat menemukan sesuatu yang menarik (gambar, tautan, video, lagu dan konten lainnya) di situs web tertentu selain menyimpannya untuk diri sendiri, kita sebagai makhluk sosial juga ingin berbagi informasi maupun konten tersebut dengan orang lain.

    Aktivitas untuk menandakan sesuatu yang menarik dikenal sebagai 'pin' dan dapat dikumpulkan serta diatur dengan media bernama 'pin board'. Dari kedua kata tersebut yaitu 'pin' dan 'interest', jejaring sosial bernama 'Pinterest' itu lahir.

    Yang Spesial dari Pinterest

    Memposisikan diri sebagai media sosial dan layanan berbagi foto dengan berbasis vision board ditujukan untuk menghubungkan para penggunanya di berbagai belahan dunia melalui aktivitas berbagi hal hal yang dianggap menarik bagi pengguna lain.

    Yang membedakannya dari jejaring sosial lain adalah sudut pandangnya yaitu 'interest', dengan foto sebagai konten prioritas serta diskusi yang menyertainya. Para pengguna diarahkan untuk sebisa mungkin berbagi hal-hal yang bermanfaat, selain yang menarik, bagi pengguna lain dan menghindari promosi diri sendiri yang terlalu jauh.

    Bermarkas di Palo Alto, California, Amerika Serikat, jejaring sosial ini diciptakan oleh Ben Silbermann, Paul Sciarra (keduanya alumnus Universitas Yale) dan Evan Sharp yang membentuk perusahaan bernama 'Cold Brew Labs' serta diluncurkan bulan Maret dua tahun silam.

    Menurut hasil riset terbaru dari Hitwise, selama bulan Desember tahun lalu, 11 juta pengguna mengunjungi situs/aplikasi ini per minggunya.

    Dari laporan terakhir yang diterbitkan oleh TweetSmarter tertera beberapa informasi yang berkaitan dengan jejaring sosial. Dimana 43% dari pengguna internet di seluruh dunia memiliki sedikitnya 1 akun jejaring sosial dimana total pengguna Facebook sampai saat ini sebanyak 800 juta anggota dengan 200 juta pengguna baru di tahun lalu. Sementara total pengguna Twitter adalah 100 juta.

    Masih dalam laporan yang sama, 67% pengguna mengatakan bahwa mereka memanfaatkan jejaring sosial untuk tetap menjalin hubungan dengan teman, sahabat, kolega maupun keluarga dimana 50% pengguna memanfaatkan untuk mencari teman lama


    Salah satu tampilan antar muka Pinterest

    Pin Board, Tastemakers, Wish List?

    Para pengguna juga bisa menjelajahi dan melihat pin board pengguna lain serta menemukan dan menikmati hal-hal baru maupun inspirasi terutama dari pengguna yang memiliki interest yang sama.

    Sebagai langkah awal, pengguna dapat membuat pin board sesuai dengan tema yang diinginkannya. Selanjutnya, mereka bisa menjelajahi dan apabila menemukan content yang menarik, mereka bisa menandakannya dengan 'pin' (berbentuk gambar).

    Konten tersebut bisa disimpan untuk dirinya sendiri atau bisa di share dengan pengguna lain maupun diberikan komentar serta status 'Like'. Kategori pin ada beberapa macam yaitu gambar, video, diskusi dan hadiah_.

    Pengguna juga dapat mengikuti pengguna lainnya. Ada halaman 'Tastemakers' dimana terdapat pengguna lain yang direkomendasikan untuk diikuti. Para anggota bisa hanya mengikuti pin board saja tanpa perlu mengikuti pengguna pemilik pin board tersebut.

    Bagi para pengguna pemula, sekadar menyebutkan beberapa contoh, yang dapat dilakukan dengan Pinterest adalah merekomendasikan buku, film, musik, menyimpan foto dan kutipan favorit, membuat daftar negara atau kota yang ingin dikunjungi, membuat daftar makanan yang ingin dimasak, membuat wish list (bisa berupa peralatan dan perlengkapan rumah tangga, gadget, peralatan elektronik), membuat pin board benda yang dikoleksi dan lainnya.

    Untuk memperluas jangkauan konten yang ditampilkan, bisa memanfaatkan fitur integrasi dengan Facebook dan Twitter. Selain dapat digunakan untuk kebutuhan individual, Pinterest bisa difungsikan sebagai media kolaborasi. Pin board bisa dibuat kemudian pengguna lain cukup diundang melalui nama akun maupun email mereka.

    Sampai dengan saat ini, selain melalui situs webnya, Pinterest bisa diakses di situs mobile dan melalui aplikasi di devais iOS. Untuk pengguna Android, karena aplikasi resmi belum tersedia, yang dapat dilakukan adalah, selain mengaksesnya melalui situs mobile, memanfaatkan aplikasi Photo to Pinterest dimana mereka dapat mengunduh foto yang mereka hasilkan ke Pinterest.

    Undangan

    Sistem registrasi yang diberlakukan adalah menggunakan undangan. Calon pengguna cukup melakukan pendaftaran untuk memperoleh undangan tersebut atau memperoleh undangan dari pengguna lain yang sudah berhasil melakukan pendaftaran.

    Jika sudah menerima undangan, pengguna diharapkan untuk login ke Pinterest menggunakan akun Facebook atau Twitter mereka. Hal ini ditujukan agar mudah menemukan pengguna lain yang sudah tergabung di dua situs jejaring sosial yang lebih dulu populer tersebut.

    Melihat data pengguna jejaring sosial yang ada, rasanya masih ada tempat untuk jejaring sosial baru, terutama dengan pendekatan, kegunaan dan tujuan yang berbeda dengan jejaring sosial yang sudah ada untuk berkembang lebih jauh dan menjadi lebih besar.

    Saling berbagi hal menarik yang ditemukan maupun yang dimiliki kepada para pengguna lain menjadi fokus utama dan promosi diri sendiri menjadi prioritas paling akhir. Pada dasarnya salah satu faktor yang mempertemukan kita dengan sesama dan terjalinnya hubungan antar manusia adalah interest.

    Bagaimana menurut Anda sendiri?



      Waktu sekarang Sat Oct 01, 2016 7:08 pm