Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Testis Buatan Bisa Produksi Sperma Manusia

    Share

    pravda

    260
    07.06.10

    Testis Buatan Bisa Produksi Sperma Manusia

    Post  pravda on Sat Jan 21, 2012 10:05 am

    Testis Buatan Bisa Produksi Sperma Manusia


    Salah satu penyebab pasangan sulit punya anak adalah adanya gangguan pada sperma. Kini peneliti di California mencoba membuat testis buatan yang bisa menghasilkan sperma manusia, sehingga bisa membantu laki-laki yang tidak subur.

    Dr Paul Trek, direktur Turek Clinic di San Francisco yang memang mengkhususkan diri dalam hal infertilitas laki-laki mengungkapkan tujuannya bukan untuk menciptakan implan testis bagi laki-laki, tapi 'mesin pembuat sperma biologis' yang akan membantu mempelajari penyebab infertilitas laki-laki dan membuat solusinya.

    "Kami berusaha menciptakan proses dari produksi sperma dengan benar-benar menciptakan testis itu sendiri," ujar Dr Turek, seperti dikutip dari ABCNews.

    Dr Turek dan tim menciptakan testis imitasi dari sel-sel pertama yang tumbuh dan memeliharanya di laboratorium. Kemudian menambahkan sel induk (stem cell) manusia sehingga bisa membuat sel-sel sperma baru.

    "Kunci dari penelitian ini adalah memproduksi sperma bagi laki-laki yang tidak subur sehingga bisa digunakan untuk perawatan IVF atau bayi tabung sehingga mereka bisa memiliki anak," ungkapnya.

    Sementara itu Dr Rick Paulson, direktur program kesuburan di University of Southern California mengungkapkan jika testi sbuatan Dr Turek dan rekan ini berhasil maka itu bisa menjadi terobosan maju yang menarik bagi laki-laki.

    "Hasil ini bisa sangat bermanfaat khususnya bagi laki-laki yang harus kehilangan testisnya karena kanker, kecelakaan atau faktor lain yang membuat mereka tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan sperma," ujar Dr Rick.

    Meski begitu studi ini menghadapi beberapa tantangan, salah satunya adalah saat proses pengolahan DNA yang rumit. Dalam hal ini peneliti tidak hanya harus membagi kromosom jadi dua, tapi harus membuat paket DNA dengan cara yang sangat spesifik.

    Sebelumnya para ilmuwan sudah bisa memanen sperma dari testis laki-laki yang bisa memproduksinya sendiri, hanya saja hasilnya belum cukup untuk membuat laki-laki menjadi subur.



      Waktu sekarang Sun Dec 11, 2016 5:17 am