Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Tips Memperkenalkan Diri Saat Wawancara Kerja

    Share

    lea

    383
    Age : 31
    08.03.09

    Tips Memperkenalkan Diri Saat Wawancara Kerja

    Post  lea on Fri Jan 27, 2012 6:37 am

    Tips Memperkenalkan Diri Saat Wawancara Kerja


    Wawancara kerja selalu menjadi bagian yang menegangkan bagi calon karyawan. Saat melakukan wawancara, kita akan bertemu secara fisik dengan pihak pewawancara dan dilihat langsung apakah kita memenuhi syarat atau tidak.

    Dengan wawancara bisa membuat pihak pewawancara semakin yakin apakah Anda adalah orang yang tepat atau sebaliknya. Oleh karena itu, sewaktu melakukan wawancara kerja, merupakan hal yang penting untuk Anda bersikap dengan baik saat memperkenalkan diri. Sayangnya, tidak semua calon pencari kerja, kurang memiliki persiapan ketika akan menghadapi wawancara.

    Jadi agar Anda sukses, coba cermati tips berikut untuk membantu Anda membuat kesan pertama yang baik saat menjalani wawancara kerja, seperti dikutip Ehow:

    1. Persiapan

    Langkah ke 1
    Ambil waktu ekstra sekitar 30 menit untuk bersiap-siap di pagi hari sebelum melakukan wawancara kerja. Tujuannya agar Anda dapat mempersiapkan diri sehingga terlihat sempurna. Pilih pakaian yang sesuai dengan lingkungan kerja yang bersangkutan, baik itu formal, semi formal atau kasual. Sebaiknya hindari juga gaya rambut yang menutupi wajah Anda. Tak hanya itu saja, kuku Anda juga harus bersih. Untuk sepatu yang akan dikenakan, harus layak dan cocok dalam lingkungan kerja tersebut agar terkesan profesional.

    Langkah ke 2
    Datanglah ke tempat wawancara kerja 15 menit lebih awal. Dengan begitu Anda tidak akan merasa terburu-buru dan tiba pada waktu yang cukup untuk menghilangkan rasa grogi. Jangan lupa untuk periksa kembali setiap penampilan Anda.

    Langkah ke 3
    Pastikan Anda memiliki nafas yang segar. Ada baiknya jika Anda membawa permen yang dapat dimakan sebelum melakukan wawancara sehingga nafas pun menjadi lebih segar.

    2. Perkenalan

    Langkah ke 1
    Saat Anda sudah dipanggil untuk memasuki ruang wawancara kerja, hal yang perlu dilakukan yaitu berdiri dan melangkah maju dengan sikap dan posisi yang benar sewaktu memperkenalkan diri kepada pihak yang mewawancarai Anda. Tidak lupa juga untuk menjabat tangannya.

    Langkah ke 2
    Sewaktu Anda memperkenalkan diri, pandangan mata harus tepat ke arah mata pewawancara. Jika Anda sudah mengetahui nama pihak yang mewawancarai Anda, sebaiknya Anda menyapanya dengan menggunakan nama si pihak yang mewawancarai.

    Langkah ke 3
    Bersikaplah dengan sopan. Jika pihak yang mewawancarai Anda menyapa dengan kalimat "Senang bertemu Anda", Anda perlu meresponnya dalam bentuk komentar pada pewawancara Anda, misalnya dengan mengatakan, "Terima kasih. Saya juga Senang bertemu Anda".

    3. Amati Pewawancara Anda

    Langkah ke 1
    Jangan duduk sampai pewawancara Anda mempersilahkan Anda untuk duduk.

    Langkah ke 2
    Perhatikan bahasa tubuh dari pewawancara Anda. Jika pihak yang mewawancarai Anda tampak terganggu atau gelisah, coba ringankan suasana dengan menceritakan sebuah cerita menarik namun relevan tentang kualifikasi Anda.

    Langkah ke 3
    Jangan pernah menginterupsi pewawancara. Sebaiknya Anda tunggu sampai pewawancara menyelesaikan kalimat atau pertanyaannya terlebih dahulu, setelah itu baru Anda meresponnya. Jika Anda tidak mengerti pertanyaan atau pernyataan yang diberikan, mintalah pewawancara untuk menjelaskan atau mengulanginya kembali. Anda juga boleh bertanya kepada pewawancara jika ada yang perlu ditanyakan.


      Waktu sekarang Fri Dec 09, 2016 8:31 pm