Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Kenapa Perut Ibu Hamil Suka Gatal?

    Share

    kuning

    557
    07.10.09

    Kenapa Perut Ibu Hamil Suka Gatal?

    Post  kuning on Sun Feb 19, 2012 8:59 am

    Kenapa Perut Ibu Hamil Suka Gatal?


    Salah satu keluhan yang hampir dialami oleh semua ibu hamil adalah rasa gatal di perut. Meski kondisi ini tidak berbahaya, tapi bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman.

    Umumnya gatal yang timbul di perut dan kadang payudara ini tidak berbahaya, karenanya ibu hamil tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun sekitar 20 persen dari ibu hamil membutuhkan bantuan khusus tergantung dari derajat rasa gatal yang timbul.

    Penyebab utama dari kondisi ini adalah adanya perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh serta\' peregangan kulit terutama di bagian atas perut, seperti dikutip dari Babyandpregnancy.

    Sekitar dua pertiga ibu hamil kadang mendapati tangan dan kakinya yang merah dan gatal yang diyakini akibat peningkatan estrogen. Namun rasa gatal yang muncul ini akan hilang dengan cepat setelah ibu tersebut melahirkan.

    Umumnya kondisi ini tidak membutuhkan obat untuk mengatasinya. Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa gatal yang muncul di perut.

    Biasanya rasa gatal diperburuk oleh cuaca yang panas. Jika berada dalam lingkungan yang hangat atau panas, maka gunakan pakaian yang longgar dan terbuat dari katun sehingga bisa menyerap keringat.

    Usahakan hindari keluar rumah saat udara panas, terutama ketika tengah hari. Jika memungkinkan bawalah kipas yang bisa membantu tubuh tetap dingin, serta\' membawa tisu basah. Selain itu hindari mandi dengan menggunakan air hangat karena bisa menambah gatal, lalu gunakan sabun ber pH rendah seperti sabun bayi.

    Hal terpenting yang harus dipahami ibu hamil adalah jangan menggaruk bagian yang gatal dengan menggunakan kuku, karena bisa memicu luka dan juga iritasi. Jika muncul gatal, ibu hamil cukup mengusap-usap bagian perut.

    Namun sekitar 1 persen ibu hamil bisa mengembangkan kondisi yang ditandai gatal, benjolan merah dan ruam seperti di atas perutnya atau disebut pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPPP).

    PUPPP biasanya dimulai pada trimester ketiga dan lebih umum dialami oleh perempuan yang mengandung bayi kembar atau bayi pertama. Rasa gatal awalnya akan muncul di perut atau sekitar stretch mark (jika ada) dan bisa menyebar ke paha, bokong dan lengan. Kondisi ini tidak berbahaya bagi janin maupun ibu, tapi gatal yang muncul akan sangat mengganggu.

    Dokter biasanya akan meresepkan salep topikal untuk mengatasi kondisi tersebut, atau bisa juga direkomendasikan pemberian antihistamin. PUPPP ini akan hilang dalam waktu beberapa hari setelah melahirkan.



      Waktu sekarang Tue Dec 06, 2016 1:02 pm