Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Posisi Tidur yang Bikin Badan Sakit

    Share

    clara

    945
    23.01.09

    Posisi Tidur yang Bikin Badan Sakit

    Post  clara on Thu Mar 08, 2012 6:28 am

    Posisi Tidur yang Bikin Badan Sakit



    Tak jarang kadang seseorang mendapati badannya merasa sakit-sakit saat bangun tidur. Hal ini kemungkinan besar akibat posisi tidur yang salah. Apa saja hal-hal yang bisa mempengaruhi?

    Posisi tidur yang salah bisa mempengaruhi seluruh tubuh, menyebabkan nyeri atau sakit dan kerusakan dalam jangka panjang. Selain itu postur tidur yang buruk juga bisa memperburuk kondisi yang ada seperti cedera bahu dan osteoartritis.

    Hal ini karena keselarasan tulang belakang yang tidak benar bisa mempengaruhi otot, sendi, organ dan saraf yang bisa menyebabkan sakit punggung dan leher serta\' nyeri di bagian tubuh lainnya.

    The Cleveland Clinic and National Sleep Foundation memberikan alasan atau penyebab tubuh merasa sakit saat bangun tidur, seperti dikutip dari Livestrong, yaitu:

    1. Leher atau punggung yang sakit kemungkinan karena memiliki ruang yang sedikit atau sempit di tempat tidur, meringkuk terlalu erat untuk memberikan kenyamanan pada organ internal atau bisa juga akibat kesejajaran tubuh yang tidak tepat.

    2. Tidur tengkurap meskipun hanya dalam jangka waktu singkat bisa menyebabkan sakit di punggung dan leher karena posisi kurva tulang belakang dan dada yang berlebihan. Meski posisi ini kadang membuat nyaman, tapi bisa menyebabkan lengkungan punggung bawah yang terlalu besar dan seringkali menjadi penyebab sakit leher.

    Namun jika seseorang terbiasa tidur dengan posisi terlentang, sebaiknya menempatkan bantal lagi di bawah lutut untuk mengurangi tekanan pada daerah leher dan dada sehingga mencegah nyeri.

    3. Empuk tidaknya kasur yang digunakan juga turut mempengaruhi, kadang kasur yang empuk tidak memberikan dukungan terbaik untuk semua orang. Demikian juga dengan bantal, jika terlalu empuk kemungkinan tidak memberikan dukungan yang baik untuk leher dan bahu.

    American Chiropractic Association menyarankan untuk menggunakan bantal yang sedikit keras dan meletakkannya di atas bahu sehingga bisa menghindari sakit di leher. Sedangkan untuk meringankan sakit punggung ketika tidur maka bisa menempatkan bantal kecil di sisi sebelahnya antara lutut.

    4. Jika tiba-tiba merasa nyeri, kesemutan atau mati rasa ketika sedang tidur kemungkinan menunjukkan adanya fraktur kompresi mendadak atau saraf yang tertimpa (benturan). Jika berlangsung cukup lama atau terus menerus sebaiknya hubungi dokter untuk memeriksa kondisi tulang belakang.

    Jika sering merasa sakit setelah bangun tidur, sebaiknya mulai mengevaluasi tempat tidur dan bantal yang digunakan. Jika sudah ada lengkungan di kasur, sebaiknya hindari daerah tersebut untuk tidur. serta\' tak ada salahnya memeriksakan diri ke chiropractic atau dokter.



      Waktu sekarang Wed Dec 07, 2016 2:50 am