Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Cara Membiasakan Diri Bangun Pagi

    Share

    clara

    945
    23.01.09

    Cara Membiasakan Diri Bangun Pagi

    Post  clara on Fri Mar 16, 2012 10:00 am

    Cara Membiasakan Diri Bangun Pagi


    Melakukan olahraga berat di pagi hari mampu meningkatkan metabolisme hingga 12 jam berikutnya. Kondisi ini membuat tubuh lebih efisien dalam memanfaatkan lemak yang tertimbun. Pada malam hari, metabolisme tubuh menurun, sehingga manfaat berolahraga di malam hari tidak sama seperti berolahraga di pagi hari.

    Namun masalahnya, banyak orang yang mengalami kesulitan bangun pagi. Kebanyakan orang yang berusaha keras agar dapat bangun pagi ini menderita 'inersia tidur'. Kondisi ini menyerupai kondisi mabuk sehingga membuat orang lupa waktu dan dapat berlangsung beberapa menit hingga setengah jam.

    "Penyebab inersia tidur nomor satu adalah kurang tidur. Orang yang merasa lebih produktif di malam hari seringkali mengalami kesulitan tidur lebih awal di malam hari. Kecenderungan untuk menjadi 'makhluk malam' ini bisa dipengaruhi oleh faktor genetik," kata Dr Sarah Blunden, peneliti di University of South Australia seperti dilansir BodyandSoul.com.

    Untuk dapat membiasakan diri bangun pagi, cobalah beberapa tips berikut:

    1. Memaparkan Diri dengan Sinar Matahari
    Cara terbaik untuk mengatur ulang jam tubuh adalah dengan memaparkan diri kepada sinar matahari pagi. Ketika retina menyerap cahaya, sistem saraf pusat menerima pesan bahwa sudah waktunya untuk bangun.

    "Memaparkan diri pada cahaya terang akan menekan produksi melatonin, hormon malam yang memicu tubuh untuk tidur. Dengan memaparkan diri pada sinar matahari pagi sedikit demi sedikit setiap pagi, kebiasaan tidur larut malam akan dikurangi secara bertahap sehingga pola tidur juga berubah," kata Dr Blunden.

    2. Meminum Obat
    Mengubah pola tidur juga dapat dilakukan dengan meminum tablet melatonin. Tablet ini sebaiknya diminum dua jam sebelum waktu tidur yang diinginkan untuk mengubah jam tubuh agar sesuai dengan perubahan hari yang normal.

    3. Mengubah Waktu Makan
    Mengubah waktu makan dan rutinitas sosial juga dapat mengubah jam tubuh. Jadwalkan untuk sarapan pada 07:00 pagi, makan siang pada jam 12:00 dan makan malam pada pukul 18:30 sampai pukul 19:00. Jadwal ini bertindak sebagai sinyal untuk menandai ritme biologis tubuh.

    4. Tekad yang Kuat
    Jika bertekad untuk dapat bangun di pagi hari, maka kebiasaan bermalas-malasan harus ditinggalkan. Segeralah bangkit dari tempat tidur jika mendengar alarm berbunyi. Katakan kepada diri sendiri sebelum berangkat tidur, 'saya harus bangun saat alarm berbunyi' dan jangan menunda-nunda bangun. Biasanya, kesulitan awal dalam mengobah pola tidur akan dirasakan selama 2 minggu.

    "Orang yang paling bugar adalah yang paling kuat menahan godaan untuk terus tidur di pagi hari. Kami melihat bahwa orang yang datang ke kelas kami pada pukul 05:45 hingga 06:00 pagi adalah orang yang bugar. Mereka cukup kuat menggerakan dirinya sendiri bangkit dari tempat tidur dan mengikuti pelatihan," kata Emily Brabon, direktur Original Boot Camp Australia, lembaga pelatihan kebugaran di Australia.



      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 8:52 am