Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Ritual Pagi Hari untuk Redakan Stres

    Share

    clara

    945
    23.01.09

    Ritual Pagi Hari untuk Redakan Stres

    Post  clara on Fri Mar 16, 2012 10:03 am

    Ritual Pagi Hari untuk Redakan Stres


    Kecemasan dapat muncul segera setelah bangun pagi. Berbagai sumber kecemasan yang muncul bisa karena memikirkan tugas yang harus dikerjakan, jadwal kesibukan dan memikirkan berbagai masalah yang mungkin terjadi. Bangun dalam keadaan kelelahan juga dapat meyebabkan kecemasan.

    Salah satu cara terbaik untuk memulai hari dengan tenang adalah dengan melakukan ritual pagi yang menyenangkan. Semua agama memiliki ritual pagi hari, dari mandi di sungai yang sering dilakukan orang Hindu sambil menyapa matahari terbit hingga doa-doa pagi hari dalam agama Islam dan Kristen

    Fokus dari perenungan dimaksudkan untuk menenangkan diri dan memberikan dorongan rohani. Bisa dilakukan dengan cara membaca sesuatu yang inspiratif, bermeditasi, atau berfokus pada apa yang disyukuri dalam hidup.

    Ritual pagi dapat mengurangi kecemasan, memfokuskan diri pada apa yang penting di siang hari dan memberikan makna pada peristiwa yang dialami. Manusia menyadari dirinya sendiri sering menyerahkan hidupnya kepada sesuatu yang lebih tinggi sehingga dapat menjalani hari dengan baik, damai dan tenang.

    "Hambatan terbesar untuk mendapat ketenangan di pagi hari sebenarnya ada di pikiran\' kita sendiri, yaitu bagaimana caranya untuk membingkai hari," kata Judith Orloff, MD, asisten profesor klinis psikiatri di University of California, Los Angeles dan penulis buku 'Emotional Freedom: Liberate Yourself From Negative Emotions and Transform Your Life' seperti dilansir care2.com, Kamis (13/3/2012).

    Melakukan beberapa ritual sederhana segera setelah bangun pagi dapat mengurangi stres dan mengarahkan diri agar menjadi lebih produktif. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan ketenangan dan memberi waktu untuk diri sendiri. Berikut adalah beberapa cara ritual pagi hari untuk menurunkan stres.

    Tulislah daftar\' kecemasan
    Tuliskan 5 sumber kecemasan yang paling besar di atas kertas, maka kecemasan itu tidak akan menyergap ketika terbangun keesokan harinya. Tapi jangan tulis daftar\' kecemasan itu di pagi hari.

    Bermeditasi
    Orloff merekomendasikan untuk melakukan meditasi selama tiga menit. Lakukan latihan pernapasan, pusatkan perhatian, dan fokus pada hal yang positif dan indah. Lakukan selama tiga menit tepat saat bangun pagi. Melakukan meditasi akan membuat pikiran\' menemukan ketenangan dengan cepat. Letakkan tangan di atas jantung selama meditasi sehingga akan menambah unsur kehangatan dan menenangkan diri.

    Membiasakan ritual pagi
    Ritual ini dapat mencakup periode meditasi yang lebih lama, melakukan latihan yoga sederhana untuk relaksasi atau berdoa. Buatlah ritual agar menjadi terasa sangat menyenangkan sehingga tidak menganggapnya sebagai sekedar kewajiban.

    Menjaga waktu tidur
    Kecemasan dapat diatasi dengan menyelesaikan tugas lebih awal sebelum tenggat waktunya atau terlambat. Menunda menyelsaikan tugas-tugas sebelum berangkat tidur dapat menyebabkan tidur menjadi gelisah dan merasa lelah di pagi hari.




      Waktu sekarang Sat Dec 03, 2016 5:12 am