Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Payudara Juga Bisa Kena TBC

    Share

    anima

    28
    05.07.11

    Payudara Juga Bisa Kena TBC

    Post  anima on Fri Mar 30, 2012 11:14 am

    Payudara Juga Bisa Kena TBC



    Infeksi Tuberculosis (TBC atau TB) tidak hanya menyerang paru, tetapi bisa juga menyerang organ lain termasuk payudara. Gejalanya seringkali mirip dengan kanker, tapi 'untungnya' tidak ada bukti TBC payudara bisa berubah jadi kanker.

    Perlu ada tanda kutip pada kata 'untungnya' sebab bagaimanapun tidak ada orang yang merasa beruntung kena penyakit. Namun dibandingkan dengan kanker payudara, peluang kesembuhan TBC payudara relatif lebih tinggi asal tidak disertai komplikasi yang lain.

    TBC payudara atau sering disebut juga mastitis TB merupakan salah satu bentuk infeksi extrapulmonary TB atau infeksi TBC yang terjadi di organ selain paru-paru. Selain di payudara, infeksi extrapulmonary TB juga cukup sering ditemukan di tulang.

    Meski penyebabnya berbeda, TBC payudara dan kanker payudara punya kemiripan yang kadang-kadang sulit dibedakan secara sepintas. Luka bekas TBC di payudara seringkali susah sembuh dan membentuk benjolan seperti kanker yang tidak teratur, bergelembung seperti kembang kol.

    "Memang, mastitis TB termasuk salah satu bentuk yang perlu diwaspadai dalam arti dibedakan. Harus diidentifikasi apakah karena TB atau memang ada kanker," kata Ketua Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI), dr Sonar Soni Panigoro, SpB(K)Onk usai peluncuran Film Televisi tentang kanker payudara, "Derita Dinda" di Hotel Four Seasons.

    Mengingat peluang kesembuhan TBC payudara lebih tinggi, maka tidak berlebihan jika penyakit ini disebut sebagai 'keberuntungan' terutama jika semula sempat dikira kanker. Apalagi seandainya benar-benar kanker, pasti sudah masuk stadium lanjut jika sampai muncul benjolan mirip brokoli.

    'Untungnya' lagi, mastitis TB atau TBC payudara tidak ada hubungannya dengan kanker payudara meski penampilannya kadang-kadang sulit dibedakan. Setidaknya hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah bahwa TBC payudara bisa berkembang menjadi kanker betulan.

    Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker paling mematikan baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Menurut sebuah penelitian, kanker ini merupakan jenis kanker paling banyak ditangani oleh berbagai rumah sakit di Jakarta yakni sekitar 16-20 persen.



      Waktu sekarang Sat Dec 03, 2016 5:16 am