Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Tanda-tanda Anda Berada dalam Pernikahan yang Tak Sehat

    Share

    zuko

    151
    25.06.11

    Tanda-tanda Anda Berada dalam Pernikahan yang Tak Sehat

    Post  zuko on Mon Apr 16, 2012 8:00 am

    Tanda-tanda Anda Berada dalam Pernikahan yang Tak Sehat



    Berada dalam pernikahan yang tidak sehat juga bisa berdampak pada kesehatan Anda dan pasangan. Penelitian yang dilakukan oleh dua universitas di Pittsburgh dan San Diego membuktikan hal tersebut.

    Dalam penelitian tersebut terungkap, sebuah pernikahan yang tidak sehat bisa menyebabkan kondisi kesehatan menurun. Malah pada wanita, efeknya bisa menyebabkan semakin tingginya risiko terkena sakit jantung.

    Jika Anda merasa berada dalam pernikahan yang tidak sehat, jangan menyepelekannya. "Kalau Anda berada dalam pernikahan yang buruk, jangan sepelekan stres yang Anda rasakan setiap hari," ujar terapis pernikahan asal California, Sharon Rivkin.

    Kalau keseharian Anda selalu didera stres, kecemasan dan hal negatif lainnya berarti Anda mengorbankan kesehatan diri. Padahal kesehatan merupakan salah satu nikmat dari Yang Maha Kuasa yang seharusnya dijaga.

    Berikut ini lima tanda Anda berada dalam pernikahan yang tidak sehat:

    1. Dipendam Dalam Hati
    Semua pernikahan pasti tak pernah lepas dari permasalahan. Tinggal bagaimana Anda dan pasangan mengatasinya. Namun kalau permasalahan itu hanya dipendam dalam hati saja, tidak pernah dibicarakan, menurut psikolog keluarga dan pernikahan Susan Heitler, PhD, ketegangan antara pasangan bisa semakin memuncak.

    Bisa jadi permasalahan atau hal yang Anda rasakan tidak nyaman itu dipendam karena ingin menghindari konflik dengan pasangan. Tapi justru dengan dipendam itulah stres bisa terjadi.

    Cara mengatasinya, perbaiki kemampuan Anda dan pasangan berkomunikasi. Belajar bagaimana caranya menyampikan unek-unek tanpa menyakiti pasangan.

    2. Tidak Mau Mendengar
    Semua orang tentu ingin suaranya didengar. Tapi pasangan yang pernikahannya tidak sehat terkadang tidak saling mendengarkan dengan baik. Ketika Anda tak mendengarkan dengan baik, ucapan pasangan yang terdengar sesaat justru bica memicu pertengkaran.

    Menurut Rivkin, ketika seseorang juga tidak didengar dengan baik saat berbicara, dia jadi malas untuk berbagi lagi dengan Anda. Namun saat dia dengarkan, pembicaraan bisa lebih intim dan serius.

    3. Saling Menyalahkan
    Dalam pernikahan yang tidak sehat, pasangan kerap tidak bisa menyelesaikan isu yang jadi bahan pertengkaran mereka. Yang terjadi, pasangan saling menyalahkan dan tak mau bertanggungjawab atas kesalahan yang telah dilakukan.

    Dijelaskan Rivkin, saling menyalahkan tentu saja tidak akan pernah menyelesaikan apapun. "Anda hanya akan semakin membuat pertengkaran memanas," ujarnya.

    Ketika bertengkar, cobalah pahami apa yang sebenarnya jadi isu utama yang diperdebatkan. Kalau Anda atau pasangan merasa sulit mengetahui apa isu tersebut, tanya pada diri sendiri kenapa sebenarnya pertengkaran itu terjadi.

    4. Tidak Lagi Saling Menghargai
    Salah satu permasalahan paling umum dialami pasangan menikah adalah tak lagi menghargai apa yang dilakukan pasangan. Dikatakan Rivkin, Anda dan suami jadi tidak lagi sensitif pada kebutuhan satu sama lain.

    Misalnya saja, pasangan tak lagi memberikan salam ketika baru pulang dari kerja. Atau pasangan tak lagi menyadari kalau Anda sebenarnya memasak makanan favoritnya untuk makan malam.

    "Kita semua butuh penghargaan dan kasih sayang," jelas Rivkin. Tanpa kedua hal itu Anda dan pasangan bisa merasa kesepian, tidak dihargai dan ditinggalkan.

    Jadi mulai sekarang, cobalah untuk menunjukkan penghargaan itu mulai dari cara yang sederhana seperti mengucapkan terimakasih. Tak ada salahnya sesekali membelikan hadiah\' istimewa seperti benda yang ia sedang butuhkan.

    5. Cepat Menyerah
    Ketika badai menerpa rumah tangga, beberapa pasangan cepat menyerah saat usaha yang mereka lakukan untuk menyelamatkan pernikahan tersebut gagal. Menurut Rivkin, seharusnya pasangan jangan langsung menyerah atas kegagalan tersebut. Coba lagi dengan cara lain. Berikan waktu setidaknya tiga bulan ketika Anda dan pasangan tengah mencoba bantuan dari pihak ketiga seperti terapis pernikahan.



      Waktu sekarang Sun Oct 02, 2016 3:40 am