Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

IKLAN ANDA


    Jenis-jenis Olahraga yang Membuat Tidur Lebih Nyenyak

    Share
    avatar
    ludwina

    127
    18.04.11

    Jenis-jenis Olahraga yang Membuat Tidur Lebih Nyenyak

    Post  ludwina on Thu Apr 19, 2012 6:08 am

    Jenis-jenis Olahraga yang Membuat Tidur Lebih Nyenyak


    Olahraga tidak hanya bermanfaat menyehatkan tubuh dan pikiran\', tapi juga mendorong kita menjalani pola hidup yang lebih sehat. Salah satunya membantu tidur lebih nyenyak dan tubuh terasa lebih segar saat bangun di keesokan paginya.

    Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana agar mendapatkan waktu tidur yang berkualitas dengan olahraga? Dikutip dari Boldsky, ini beberapa cara dan jenis olahraga yang bisa membantu Anda tidur nyenyak.

    Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

    - Untuk bisa tidur nyenyak, Anda sebaiknya olahraga dengan intensitas tinggi tiga jam sebelum tidur. Biasanya orang akan berpikir kalau olahraga keras sebelum tidur, bisa membuat mereka merasa sangat lelah di malam hari. Namun nyatanya, olahraga sebelum tidur akan menstimulasi detak jantung, otak dan otot. Sehingga saat tiba waktunya tidur, tubuh akan melalui proses recovery dan Anda pun bisa tidur lebih nyenyak.

    - Olahraga juga bisa meredakan stres dan membangkitkan mood positif Anda, dan menghasilkan tidur yang lelap dan tenang. Selain itu bila Anda berolahraga di sore menjelang malam, akan menaikkan temperatur tubuh beberapa jam sebelum tidur. Saat Anda bersiap-siap tidur, temperatur tubuh pun menurun. Proses penurunan temperatur tubuh inilah yang membuat Anda menjadi ngantuk dan membantu tidur lebih nyenyak.

    Jenis-jenis Olahraga untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

    Semua bentuk olahraga bermanfaat untuk memaksimalkan waktu tidur, tapi ada beberapa yang memberi dampak lebih efektif pada kualitas tidur, di antaranya:

    - Latihan Kardiovaskular; meningkatkan detak jantung dan jika dilakukan sekitar 20 menit akan bantu meregangkan otot. Melompat, berjalan, menari, lompat tali dan berenang merupakan aktivitas yang paling efektif untuk mendapatkan tidur berkualitas. Latihan yang memacu detak jantung meningkatkan suplai oksigen ke otak yang membuat tubuh dan pikiran\' lebih rileks. Lakukan latihan ini selama 20 menit per sesi, tiga sampai empat kali seminggu.

    - Selain kardiovaskular, latihan kekuatan, yoga dan peregangan juga bermanfaat menjadikan tidur lebih nyenyak, terutama yoga. Postur dan teknik pernapasan dalam latihan yoga meningkatkan sirkulasi darah pada otak serta\' melepaskan stres.



      Waktu sekarang Tue Jun 27, 2017 1:58 pm