Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Ketika Balita Anda Bertengkar dengan Temannya Saat Main Bersama

    Share

    ariana

    61
    19.08.11

    Ketika Balita Anda Bertengkar dengan Temannya Saat Main Bersama

    Post  ariana on Thu May 03, 2012 6:15 am

    Ketika Balita Anda Bertengkar dengan Temannya Saat Main Bersama


    Bermain merupakan kesempatan besar bagi anak usia pra-sekolah untuk belajar mengenai keterampilan sosial. Tetapi terkadang aktivitas tersebut tidak bisa berjalan baik karena anak kerap tidak sabaran dan kurang memiliki rasa toleransi. Dari bermain bersama temanlah anak bisa melatih kedua hal tersebut.

    Lantas apa yang harus dilakukan orangtua ketika anak bertengkar dengan temannya saat bermain bersama? Saat anak Anda merebut mainan dari teman bermainnya, tahan keinginan untuk marah, mengambil mainan, atau menghukumnya. Pendekatan negatif seperti ini akan mengekang perilaku hanya pada saat itu, namun anak tidak akan belajar apa-apa mengenai bagaimana bergaul di masa depan nanti. Menurut Myrna Sure, seorang psikolog perkembangan mental dan pendidik, seperti dikutip dari Baby Center, sebaiknya gunakan pendekatan positif sehingga mendorong anak untuk berpikir sendiri dan belajar untuk memecahkan masalah di masa depan.

    Ketika anak merebut mainan, menolak untuk berbagi, atau berteriak atau memukul temannya, biarkan dia tenang terlebih dahulu lalu mulai selidiki penyebab perkelahiannya. Katakan kepadanya, "Menurutmu perbuatanmu ini akan membuat (nama temannya) merasa senang atau sedih?". Hal ini membantu balita Anda mengakui perasaan terluka temannya dan mendorong tumbuhnya rasa empati. Anda akhirnya akan mengajarkan ia untuk membuat pilihan dengan konsekuensi positif baginya dan teman-temannya. Tujuannya, tentu saja, untuk melatihnya menahan diri untuk tidak memukul, bukan karena takut ia terlibat masalah, tetapi karena ia memahami bahwa hal itu menyebabkan rasa sakit bagi orang lain.

    Anak balita yang lebih tua atau yang lebih verbal akan lebih mudah untuk diberi dorongan. Misalnya setelah Anda bertanya bagaimana perasaan temannya, tanyakan padanya, "Kalau kamu rebut mainan dia, nanti bagaimana?". Bimbing ia untuk mengerti bahwa kalau temannya merasa sedih, mereka tidak akan menyukainya atau tidak ingin bermain dengannya lagi. Setelah itu tanyakan balita Anda, "Gimana kalau mainan kamu juga direbut?". Hal ini memungkinkan anak Anda tahu bahwa perasaannya juga penting.

    Terakhir, dorong balita Anda untuk menemukan pemecahan masalah dengan bertanya mengenai apa yang dapat mereka lakukan untuk memperbaiki keadaan. Terkadang anak-anak memiliki penyelesaian mereka sendiri. Ia mungkin akan mengizinkan temannya bermain dengan mainan yang direbutnya tadi sementara ia mencari kesibukan lain. Saat anak Anda menemukan cara untuk berkompromi jangan lupa untuk memujinya. Anak kecil sangat suka dipuji, jadi jangan sungkan untuk berkata "Anak pintar!"

    Gunakan cara yang sama ketika ternyata teman anak Anda yang juga suka bertindak agresif, seperti merebut mainan. Tanyakan kepadanya persis seperti apa yang Anda lakukan pada anak kalau dia melakukan hal tersebut. Atau Anda juga bisa mendorong anak Anda dan temannya untuk mencari penyelesaian masalah bersama-sama.



      Waktu sekarang Sat Dec 03, 2016 5:19 am