Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Yesterday at 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Google Doodle Hari Ini

    Share

    online

    452
    27.08.09

    Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Sat Jun 23, 2012 7:28 pm


    Mesin Turing Jadi Logo Google Doodle Hari Ini

    Bila anda masih berkesempatan melihat di hari Sabtu ini (23/6), silahkan intip Google Doodle di google.com. Sebuah rangkaian animasi dengan kode binari 1 dan 0 membuatnya menjadi pusat perhatian, membuat orang malah tidak beranjak untuk melakukan pencarian.

    Google hari ini menampilkan animasi dari mesin Turing, dalam penghormatan 100 tahun kelahiran Alan Turing, 23 Juni 1912, penemu mesin ini yang sekaligus matematikawan, ahli kriptologi dan ilmuwan komputer.

    Mesin Turing merupakan model komputasi teoritis ideal yang diciptakan Alan Turinguntuk melakukan perhitungan matematis. Mesin ini membangun model ideal untuk menentukan apakah suatu fungsi dapat diselesaikan oleh komputer atau tidak, meskipun saat itu belum ada sebuah komputer

    ini diperkenalkan sebelum komputer nyata dibangun, model ini tetap diterima kalangan ilmu komputer sebagai model komputer yang sesuai untuk menentukan apakah suatu fungsi dapat selesaikan oleh komputer atau tidak (menentukan computable function). Mesin Turing dikenal dengan ungkapan "Apapun yang bisa dilakukan oleh Mesin Turing pasti bisa dilakukan oleh komputer."

    Seperti dalam animasi Google Doodle, mesin turing terdiri atas barisan sel atau kotak tersusun berupa pita yang dapat bergerak maju mundur, komponen aktif baca/tulis pita yang memiliki status perhitungan serta\' dapat mengubah/menulisi sel aktif yang ada di pita tadi, dan suatu kumpulan instruksi bagaimana komponen baca/tulis ini harus melakukan modifikasi terhadap sel aktif pada pita, serta\' bagaimana menggerakkan pita tersebut.

    Pada setiap langkah dalam komputasi, mesin ini akan dapat mengubah isi dari sel yang aktif, mengubah status dari komponen baca/tulis, dan mengubah posisi pita kekiri atau kekanan.



    Spoiler:
    rri.co.id


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Sat Jul 14, 2012 11:53 am

    Gustav Klimt, Pelukis Simbolisme Wanita di Logo Google Hari Ini


    Gustav Klimt's 150th Birthday - Hari ini Google kembali tampil dengan logo unik untuk memperingati 150 tahun kelahiran Pelukis Simbolisme Wanita Gustav Klimt.

    Gustav Klimt (14 Juli 1862 - 6 Februari 1918) adalah seorang pelukis Austria beraliran simbolisme. Ia adalah salah satu anggota\' paling terkenal dari gerakan Art Nouveau Wina (Vienna Secession).

    Karya-karya besarnya termasuk lukisan, mural, sketsa, dan obyek-obyek seni lainnya, sebagian besar dipajang di Vienna Secession gallery.

    Subyek utama Klimt adalah tubuh wanita, dan karya-karyanya diwarnai erotisme. Gambar-gambarnya dengan pensil, yang berjumlah sangat banyak, dianggap sebagai peninggalan terbaiknya.


    Lukisan karya Gustav Klimt yang berjudul Adele Bloch-Bauer terjual seharga 135 juta dolar Amerika pada tahun 1996. Lukisan tersebut terbuat dari perpaduan cat minyak dan lapisan emas dengan kombinasi silver foil. Saat ini potret Adele Bloch-Bauer tersimpan di Neue Galerie kota New York.




    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Tue Jul 24, 2012 5:56 pm

    Arti Logo Google Hari Ini 24 Juli 2012


    Google Doodle merupakan sebuah apresiasi kepada para tokoh-tokoh dunia yang telah berjasa membuat sebuah penemuan atau melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan orang-orang tentunya berguna bagi kehidupan umat manusia. Biasanya Google Doodle merayakan tokoh-tokoh pada hari ulang tahunnya, biasanya ditempatkan di homepage Google. Gambar Google Doodle biasanya berkaitan dengan karya-karya tokoh yang dirayakan tersebut, seperti ulang tahun Amelia Earhart ini. Amelia Earhart merayakan ulang tahun ke 115 hari ini (24/7), dan ulang tahunnya juga dirayakan oleh Google di homepage Google. Di homepage Google pada hari ini, 24 Juli 2012, Google merayakan ulang tahun Amelia Earhart dengan gambar doodle sebuah pesawat terbang Lockheed Vega 5b yang disampingnya berdiri Amelia Earhart.

    Siapa sih Amelia Earhart itu? Apakah dia seorang penerbang pesawat? Itu benar sekali. Amelia Earhart adalah seorang penerbang pesawat wanita pertama di dunia dan juga dia adalah penerbang wanita pertama yang melakukan terbang sendirian atau solo melewati Samudera Atlantik. Karena itulah ia juga adalah wanita pertama yang mendapatkan penghargaan Distinguished Flying Cross. Amelia Earhart lahir di Atchison, Kansas, Amerika Serikat pada tanggal 24 Juli 1897 dari pasangan Samuel "Edwin" Stanton Earhart dan Amelia Otis Earthart. Kematiannya tidak diketahui, dia diketahui menghilang pada tanggal 2 Juli 1937 di perairan Samudera Pasifik di dekat pulau Howland dan dinyatakan tewas pada tanggal 5 Januari 1939, apakah itu benar?

    Karir penerbangan dirinya antara lain yaitu Trans-atlantik tahun 1928, penerbangan Transatlantik 1932, penerbangan Honolulu - Oakland dan penerbangan lainnya. Ia telah menginspirasi semua perempuan di seluruh dunia tentang penerbangan, membuktikan bahwa bukan hanya laki-laki saja yang mampu menerbangkan pesawat kaum perempuan juga bisa.

    Hilangnya Earhart
    Amelia Earhart dikabarkan menghilang ketika sedang melakukan penerbangan melintasi dunia dengan Fred Noonan di perairan Samudera Pasifik di dekat Pulau Howland pada tanggal 2 Juli 1937 dan dinyatakan tewas pada tanggal 5 Januari 1939, apakah benar Amelia dinyatakan tewas pada tanggal 5 Januari 1939? Itu masih menjadi perdebatan. Ada spekulasi tentang hilangnya Amelia Earhart, antara lain sebagai berikut:

    Teori Jatuh dan Tenggelam
    Banyak peneliti yang percaya bahwa pesawat Electra kehabisan bahan bakar saat sedang terbang dan jatuh.

    Hipotesis Pulau Gardner
    Mata-mata Untuk FDR
    Konon Earhart melakukan pengintaian kala itu memata-matai Jepang di Kepulauan Pasifik atas permintaan Pemerintahan Franklin Roosevelt. Dan muncul desas desus palsu tentang hilangnya Earhart karena telah ditangkap oleh Jepang, benarkah itu?

    Klaim Saipan
    Rumor Tokyo Rose/Tokyo Rose Rumor
    Rabaul
    Menyamar Sebagai Identitas Lain
    Belum tahu kebenarannya benar atau tidak bahwa Amelia Earhart selamat sampai ke Amerika Serikat, mengubah hidupnya dan mengganti nama.

    Diculik benda Terbang Aneh (BETA)
    Orang-orang percaya bahwa Benda Terbang Aneh (BETA) telah menculik Earhart, saat ini tidak tahu apakah itu benar atau cuma bohongan belaka.

    Apapun yang terjadi dengan Amelia Earhart, ia telah menciptakan sejarah penerbangan. Yaitu ia adalah penerbang wanita pertama yang terbang sendiri melintasi Samudra Atlantik yang tentunya menginspirasi semua penerbang pesawat perempuan di seluruh dunia.



    Spoiler:
    sumber: investigasiberita/google


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Fri Jul 27, 2012 11:46 am

    Opening Ceremony 2012 July 27 Di Logo Google Hari Ini


    Olimpiade London 2012 secara resmi dibuka hari ini, 27 Juli sampai 12 Agustus 2012. Google turut memperingati pembukaan Olimpiade 2012 dengan logo spesial Opening Ceremony 2012. Kota London di Inggris telah mengadakan Olimpiade modern sebanyak tiga kali, sebelumnya pada 1908 dan 1948.

    London terpilih sebagai kota penyelenggara pada tanggal 6 Juli 2005 pada Pertemuan IOC ke-117 di Singapura, mengalahkan Moskow, New York, Madrid, dan Paris setelah empat putaran pemungutan suara. Pengundian London ini dipimpin oleh mantan juara Olimpiade Sebastian Coe.

    Olimpiade ini mendorong dilaksanakannya pembangunan ulang beberapa daerah di London tempat diadakannya pertandingan dengan tema keberlanjutan lingkungan. Meski pertimbangan anggaran menuai sejumlah kritik, Olimpiade ini akan memanfaatkan gelanggang olahraga yang sudah dibangun sebelum undian, termasuk Stadion Wembley, Wembley Arena, Wimbledon All England Club, Lord’s Cricket Ground, The O2 Arena, Earls Court Exhibition Centre, Weymouth and Portland National Sailing Academy, dan Excel Centre.


    Olimpiade London 2012 akan menjadi Olimpiade kesepuluh yang memanfaatkan teknologi digital sebagai format rekaman resmi sejak Olimpiade Barcelona 1992. Video internasional resmi akan diproduksi dan didistribusikan dari International Broadcast Centre (IBC) di London Olympic Park, dalam format 1080/50i High-Definition (HD) menggunakan perangkat Panasonic.

    Di Indonesia, hak siar Olimpiade 2012 London sudah resmi dipegang oleh TVRI dan RRI. Media sosial juga akan memainkan peran penting dalam Olimpiade. Teknologi daring sedang dikembangkan untuk Olimpiade London 2012 dan YouTube akan menyiarkan Olimpiade ke seluruh dunia sebagai bagian dari persetujuan IOC.


    Spoiler:
    sumber: google/sidomi/youtube

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Sat Jul 28, 2012 9:01 am

    London 2012 Archery di Logo Google


    London 2012 Archery merupakan olahraga panahan Olimpiade London 2012 yang saat ini sedang berlangsung. Olahraga panahan Olimpiade London 2012 yang dijadwalkan akan diadakan selama jangka waktu delapan hari dari 27 Juli-3 Agustus dimana 128 Atlet akan bersaing memperebutkan medali dalam 4 kategori yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda putri ini telah mencatatkan sebuah rekor baru.

    Atlit Korea Selatan Im Dong-hyun memecahkan dua rekor dunia menakjubkan di babak panahan peringkat pria ini. Im Dong-hyun memecahkan rekornya sendiri dengan 3 poin lebih tinggi (699) dari poin sebelumnya yang ia cetak pada pertandingan 72 anak panah.


    Dan rekor kedua dicetak Im Dong-hyun bersama rekan satu timnya, Kim Bubmin dan Oh Jin-Hyek, mereka mendapatkan nilai 2.087, yang menjadi rekor baru bagi tim Korea Selatan pada pertandingan 216 anak panah. Selengkapnya dapat dilihat di sini dan di sini.

    Dengan pecahnya rekor panahan Olimpiade London 2012 ini, hari ini Google juga turut merayakannya dengan menampilkan logo atau Google Doodle London 2012 Archery.


    Spoiler:
    sumber: google/peltedabo

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Wed Aug 15, 2012 2:03 pm

    Julia Child, master masakan Prancis hiasi halaman Google


    Pasti banyak orang yang tidak mengenal Julia Child. Sosok ibu ini adalah seorang pembawa acara masak di televisi Amerika Serikat. Namun kenapa Google mempersilakannya mengisi Google Doodle hari ini (15/08)?

    Seperti yang tertulis dalam Wikipedia, Julia Child adalah seorang tukang masak dari Amerika Serikat, penulis dan orang pertelevisian. Dia lahir pada tahun 15 Agustus 1912 di Pasadena, California. Dengan tubuh yang jangkung, pada masa mudanya, Julia senang bermain tenis, golf dan basket.

    Pada tahun 1934, Julia lulus dari Smith College dengan gelar sarjana bahasa Inggris, namun pada tahun 2004 lalu, pihak universitasnya mengungkapkan bahwa ternyata gelar Julia yang sebenarnya adalah sarjana sejarah. Setelah lulus, dia pindah ke New York dan bekerja sebagai copywriter di perusahaan\'\' iklan.

    Selama 3 tahun merantau, akhirnya Julia memutuskan untuk kembali ke California pada tahun 1937 dan menghabiskan waktunya selama 4 tahun sebagai penulis, bekerja di perusahaan\'\' iklan lokal dan menjadi sukarelawan.

    Pada saat pecah perang dunia kedua, Julia bekerja di Office of Strategic Services (OSS). Di tempat tersebut Julia bertemu dengan Paul Cushing dan menikah dengannya pada tanggal 1 September 1946. Setelah menikah, Julia dan Cushing berpindah tempat tinggal beberapa kali, mulai dari Washington, New Jersey sampai akhirnya dia menetapkan untuk tinggal di Paris, Prancis.

    Di Paris, Julia ikut kursus memasak di Le Cordon Bleu selama enam bulan. Dengan gemblengan guru masaknya Max Bugnard, Julia akhirnya menguasai cara memasak masakan Prancis. Setelah itu, Julia kembali bergabung dengan klub masak khusus wanita bernama Cercle des Gourmettes. Di tempat tersebut dia bertemu Simone Beck yang diketahui sebagai penulis buku cara memasak masakan Prancis yang disesuaikan dengan lidah orang Amerika. Akhirnya, Julia dan temannya Louisette Bertholle beserta Beck bekerja sama untuk membuat buku panduan memasak masakan Prancis.

    Dengan berbekal kemampuannya memasak masakan Prancis, buku panduan hasil karyanya dengan dua orang rekannya tersebut beredar sampai menembus jilid dua karena laris di pasaran. Julia mendapatkan USD 750 untuk lisensi resep masakannya. Bukunya tersebut menjadi buku panduan memasak dengan kategori bestselling selama 5 tahun setelah dipublikasikan dan menjadi panduan standard bagi komunitas kuliner.

    Tidak berhenti sebagai penulis saja, Julia juga mempublikasikan bukunya tersebut di publik Boston melalui acara televisi. Dikarenakan cara membawakan acaranya sangat hangat dan penuh humor, acara masak Julia tersebut langsung melejit dan menduduki top rating televisi pada saat itu. Sebelumnya, Julia meminta bantuan pihak televisi untuk publikasi hasil karyanya, setelah terkenal, dia banyak ditawari kerjasama oleh beberapa stasiun televisi di Amerika Serikat.

    Acara-acara yang dibawakannya antara lain Mastering the Art of French Cooking, Good Morning, America (1970-an - 1980-an), Julia Child and Company (1978), Julia Child and More Company (1980) dan Dinner at Julia's (1983). Karena bakat dan ketenarannya tersebut, Julia dianugerahi George Foster Peabody Award di tahun 1964 dan Emmy Award pada tahun 1966.

    Dia menjadi satu-satunya wanita Amerika Serikat pertama yang membawakan acara masak dengan total 206 episode. Selama 40 tahun berkecimpung dalam dunia masakan Prancis, namanya identik dengan makanan sehat dan menjadi tokoh masak paling terkenal sampai saat ini. Julia meninggal pada bulan Agustus 2004 karena penyakit gagal ginjal yang dia derita.

    Karena dedikasinya terhadap dunia masak dan masakan sehat tersebut, Google akhirnya memutuskan untuk mengangkat tema Julia Child sebagai penghias Google Doodle hari ini atau hari ulang tahun Julia yang ke 100.


    Spoiler:
    • merdeka - google


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Fri Aug 17, 2012 12:31 pm

    Meriahnya 'Lomba 17 Agustus' di Google Doodle


    Pekik kemerdekaan 67 tahun lalu terasa kembali berkumandang menyaksikan beragam bentuk peringatan 17 Agustus yang dihelat serentak di seantero negeri. Kemeriahan memperingati Hari Kemerdekaan pun tampak pada 'perlombaan' yang ditampilkan Google Doodle.

    Ya, pengguna Google Indonesia akan menemukan 'kemeriahan' lomba 17 Agustus saat mengunjungi halaman pencarian Google hari ini. Seperti tahun sebelumnya, Google Doodle, demikian sebutannya, disesuaikan dengan tema HUT RI.

    Jika tahun lalu Google Doodle menampilkan kartun lucu panjat pinang, tahun ini 'lomba yang digelar' lebih meriah, yakni balap karung dan lomba mencabut uang koin dari semangka.

    "Google Doodle hari ini menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-67 dengan gambar permainan anak-anak khas 17 Agustus," demikian keterangan Vishnu K. Mahmud, Head of Communication Google Indonesia.

    Tak hanya tampilan logo yang menyesuaikan tema Hari Kemerdekaan, saat logo Google diklik, pengguna akan menemukan sederet hasil pencarian terkait dengan peristiwa 17 Agustus entah itu artikel berita, video, maupun kumpulan gambar.

    Dirgahayu RI!


    Spoiler:
    • detiknet

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Fri Aug 31, 2012 10:29 am


    Logo Google Peringati Kelahiran Maria Montessori

    Maria Montessori adalah seorang pendidik, ilmuwan, dokter dari Italia yang dikenal dalam mengembangkan suatu metode pendidikan anak-anak dengan memberi kebebasan bagi mereka untuk melakukan kegiatan dan mengatur acara harian. Metode ini dikenal dengan Metode Montessori, yaitu suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasar pada teori perkembangan anak. Metode ini diterapkan terutama di pra-sekolah dan sekolah dasar, walaupun ada juga penerapannya sampai jenjang pendidikan menengah.

    Maria Montessori lahir pada tanggal 31 Agustus 1870. Ia adalah wanita Italia pertama yang mendapatkan gelar dalam kedokteran. Sebagai dokter, ia berkonsentrasi dengan masalah keadaan anak-anak dengan mental terbelakang di panti asuhan.

    Pada tahun 1907 ia membuka prasekolah pertama untuk anak-anak dan kesuksesannya dengan pembukaan sekolah Montessori lainnya. Dia melakukan perjalanan ke berbagai negara.

    Hingga menjelang akhir hidupnya, Maria Montessori terus memberikan kuliah tentang metodenya dan membuka sekolah Montessori di seluruh dunia. Montessori meninggal pada usia 81 di Belanda pada tanggal 6 Mei 1952 karena pendarahan otak.

    Sebagai bagian dari Google untuk turut memperingati hari kelahirannya, hari ini terlihat Google Doodle menampilkan logo Maria Montessori's 142nd Birthday.


    Spoiler:

    • pelitedabo - google




    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Sat Sep 08, 2012 6:38 am

    Star Trek - The Original Series Google Doodle




    Penggemar Star Trek pasti sengang saat mengunjungi Google saat ini melihat bahwa Google telah memilih "Star Trek" akan tampil sebagai Google Doodle. Hari ini 8 September 2012 adalah 46 th ulang tahun Star Trek: The Original Series.

    Star Trek Google Doodle yang interaktif. Anda dapat memindahkan mouse Anda ke logo untuk melihat bagian yang berbeda dari cahaya-up Google Doodle. Pilih salah satu untuk melihat animasi.

    Dalam rangka untuk pindah ke adegan berikutnya dalam Doodle Anda akan perlu untuk mengklik pada pintu merah.

    The Star Trek animasi Google Doodle dimulai di jembatan dari kapal Star Trek. Huruf Google merupakan aktor yang berbeda dalam seri Star Trek asli. Apakah Anda masih dapat mengenali semua aktor yang berbeda.


    Setelah Anda mengaktifkan transporter aktor Star Trek akan diangkut ke planet. Dalam adegan ini, Anda perlu untuk menghancurkan musuh. Carilah batu di bagian atas dan mengaktifkan animasi.


    Tentang Star Trek: The Original Series

    Star Trek adalah fiksi ilmiah Amerika serial televisi yang diciptakan oleh Gene Roddenberry, diproduksi 1966-67 oleh Desilu Productions, maka dengan televisi Paramount 1968-69. Star Trek ditayangkan di NBC dari 8 September 1966 sampai 3 Juni 1969.


    Spoiler:

    • sumber: ada-blog.com

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Thu Sep 13, 2012 12:08 pm

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Musisi Perempuan


    Ada yang spesial dengan Google Doodle hari ini. Saat Anda mengakses Google, langsung terlihat gambar seorang perempuan yang dikelilingi anak-anak kecil dengan latar depan sebuah piano. Apa ya maksudnya?

    Ternyata hari ini Google turut merayakan ulangtahun seorang perempuan bernama Clara Schumann. Mungkin tidak banyak orang mengenal siapa perempuan bernama lengkap Clara Josephine Wieck Schumann ini. Ia adalah komposer dan pianis yang memiliki andil banyak dalam musik, termasuk dunia musik anak.

    Dilahirkan di Leipzig, Jerman, pada 13 September 1819, Clara Schumann dikenal sebagai musisi berpengaruh di era Romantis atau di zaman musik klasik menuai masa keemasannya di seluruh dunia.

    Seperti dikutip dari Wikipedia, bakat musik Clara semakin terlihat setelah dia menginjak usia 9 tahun. Ketika usianya genap 11 tahun, Clara sudah menggelar konser di berbagai kota di Eropa.

    Keuletannya dalam menggeluti seni musik membuatnya cepat terkenal dan mendapatkan banyak penghargaan. Selain bermain musik, Clara juga disibukkan dengan hobi menulisnya.

    Pengaruh Clara pada dunia musik cukup terasa melalui konser dunianya selama 61 tahun, mengubah format dan repertoar dari resital piano dan selera musik pada saat itu.

    Clara yang bersuamikan seorang musisi bernama Robert Schumann, meninggal pada 20 Mei 1896 dalam usia 76 tahun. Ia menggelar konser terakhirnya pada 12 Maret 1891.

    Clara dimakamkan di Bonn Alter Friedhof berdampingan dengan makam suaminya. Setelah meninggal, karya-karyanya banyak digunakan sebagai theme songfilm atau drama pementasan lainnya.

    Karena usahanya dalam mengembangkan serta\' membawa suasana baru dalam dunia musik, maka Google memberi penghargaan kepada Clara dengan memperingati hari ulangtahunnya dalam Google Doodle hari ini.

    Happy Birthday, Clara!

    Spoiler:
    • inilah




    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Thu Sep 27, 2012 12:33 am

    Doodle Rayakan Ultah Google ke-13



    Jika Anda membuka situs mesin pencari terbesar di dunia hari ini, Anda akan menemukan sebuah gambar yang menunjukkan sebuah pesta ulang tahun. Ya, Google memang sedang merayakan hari ulang tahunnya hari ini dengan membuat Doodle. Balon, kue ulang tahun, lilin, kado, adalah ciri khas ulang tahun di masa kanak-kanak, yang dimasukkan Google ke dalam Doodle-nya.

    Usia 13 tahun adalah masa peralihan dari kanak-kanak menuju masa remaja. Kali ini Google membuat Doodle yang menunjukkan bahwa keberadaan Google sedekat itu bagi penggunanya. Dari Doodle hari ini, tampak sebuah sudut dinding dari sebuah rumah yang hangat, rumah yang telah dihiasi segala pernak-pernik ulang tahun. Warna-warni balon dan bahkan tulisan Google sendiri, menunjukkan Google masih ingin menjadi anak-anak yang menghibur dalam sebuah rumah.

    Sebetulnya Google sendiri kadang tidak tepat merayakan ulang tahunnya. perusahaan\' mesin pencari ini pernah dua kali merayakan ulang tahunnya pada 27 September, tapi lebih sering merayakan pada 4 September. Hari ini, Google kembali membuat doodle pada 27 September.

    Kalau dilihat dari sejarahnya, Google Inc memang didirikan tanggal 4 September 1998, setelah pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin mendapatkan investor. Kedua pendiri Google ini awalnya tidak menggunakan nama Google untuk nama peusahaan mereka. Investorlah yang meminta mereka mengganti nama perusahaan\' menjadi Google Inc dengan mesin pencari bernama Google.

    Larry Page dan Sergey Brin bertemu di Stanford University dan membuat eksperimen pertama mereka yakni sebuah mesin pencari yang mereka namakan BackRub. Mereka pun sepakat mendirikan perusahaan\' dan meluncurkan BackRub pada Januari 1996. Mereka lalu mulai mengevaluasi nama yang lebih mudah diingat dan menggambarkan visi mesin pencari mereka.

    Kedua founder ini pun terinspirasi dari istilah matematika "googol". Satu googol merupakan bilangan besar 10 pangkat 100, yang berarti digit 1 diikuti oleh seratus nol (dalam desimal). Sebutan ini ditetapkan tahun 1920 oleh Milton Sirotta (1911-1981), keponakan dari ahli matematika Amerika, Edward Kasner. Kasner memopulerkan konsep ini dalam bukunya Mathematics and The Imagination (1940).

    Larry Page dan Sergey Brin kemudian menggunakan nama Googol untuk mencari investor, dengan visi bahwa mesin pencari mereka akan menjadi mesin pencari tanpa batas, sperti halnya filosofi Googol. Setelah mendapat investor, sesuai kesepakatan, mereka pun mengubah Googol menjadi Google dan terbentuklah Google Inc.


    Spoiler:
    • PC World/Mashable/Wikipedia/kompas.com



    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Sun Oct 07, 2012 11:26 am

    Google Doodle Rayakan Ultah Peraih Nobel Fisika


    Jika Anda membuka halaman Google hari ini, Anda akan langsung melihat tampilan Google Doodle yang menggambarkan struktur atom. Ternyata hari ini Google turut merayakan ulang tahun Niels Bohr ke-127. Siapakah Niels Bohr ini?

    Niels Bohr, yang bernama lengkap Niels Henrik David Bohr, adalah seorang ilmuwan fisika Denmark yang dilahirkan di Kopenhagen pada 7 Oktober 1885.

    Di usia 26 tahun, ia meraih gelar doktor fisika dari University of Copenhagen, Denmark . Tak lama sesudah itu dia pergi ke Cambridge, Inggris. Di situ Bohr belajar di bawah asuhan J.J. Thompson, ilmuwan kenamaan yang menemukan elektron.

    Hanya dalam beberapa bulan sesudah itu Bohr pindah lagi ke Manchester, belajar pada Ernest Rutherford yang beberapa tahun sebelumnya menemukan nucleus (bagian inti) atom.

    Rutherford inilah yang menegaskan (berbeda dengan sejumlah pendapat sebelumnya) bahwa atom umumnya kosong, dengan bagian pokok yang berat pada tengahnya dan elektron di bagian luarnya.

    Pada 1913, Bohr mengemukakan teorinya tentang konsep mekanika kuantum untuk model atom yang telah dikembangkan oleh Rutherford. Konsep ini menggambarkan bahwa atom tersusun dari inti atom (nukleus) yang dikelilingi oleh orbit elektron.

    Teori Bohr memperkenalkan atom sebagai sejenis miniatur planet mengitari matahari, dengan sejumlah elektron mengelilingi orbitnya sekitar bagian pokok, tetapi dengan perbedaan sangat penting.

    Apabila hukum-hukum fisika klasik mengatakan tentang perputaran orbit dalam segala ukuran, Bohr membuktikan bahwa sejumlah elektron dalam sebuah atom hanya dapat berputar dalam orbitnya dalam ukuran spesifik tertentu.

    Dalam teorinya itu Bohr memperkenalkan perbedaan radikal dengan gagasan teori klasik fisika. Beberapa ilmuwan seperti Albert Einstein pun segera bergegas memuji kertas kerja Bohr sebagai ‘masterpiece’. Dan atas prestasinya ini, Bohr berhasil meraih penghargaan Nobel Fisika pada 1922.

    Bohr meninggal dunia di kampung halamannya, Kopenhagen, Denmark, pada 18 November 1962 di usia 77 tahun. Ia meninggalkan lima anak, salah satunya adalah Aage N. Bohr yang juga pernah menerima penghargaan Nobel Fisika pada 1975.

    Spoiler:
    • inilah



    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Oct 15, 2012 3:22 pm

    Bermain Nemo ala Google Doodle


    Mendengar Nemo, asosiasinya langsung mengarah pada ikan badut berwarna oranye yang tersesat di lautan lepas dalam animasi besutan Pixar. Tapi Nemo yang muncul di Google Doodle hari ini adalah Nemo karya Winsor Zenic McCay. Pengunjung diajak untuk menelusuri kisah Little Nemo dari kartunis Amerika ini dengan permainan efek domino.

    Awalnya, seorang bocah lelaki terjatuh dalam lubang dekat ranjang kayu. Ia memasuki dunia penuh bintang dan diselamatkan oleh seorang gadis pirang, Putri Camille. Bersama gadis bergaun merah jambu, Nemo sang bocah pun berkelana menaiki balon. Balon itu berlompatan pada huruf-huruf yang membentuk satu kata: G-O-O-G-L-E.

    Petualangan terus bergulir, mulai dari negeri di atas awan, kerajaan di tengah lautan, dan berakhir di kasur yang empuk. Rupanya Nemo mengalami mimpi. Perjalanannya ke sejumlah tempat diberi judul oleh Google dengan Little Nemo in Google I-Land.

    Kenapa Google merayakan Little Nemo hari ini? Padahal Winsor lahir pada 26 September 1869 dan meninggal 26 Juli 1934. Rupanya, komik berjudul asli Little Nemo in Sumberland ini pertama kali muncul di New York Herald pada 15 Oktober 1905. Nemo menjadi karya masterpiece Winsor. Pengalaman bocah berambut hitam ini dinilai lebih ajaib ketimbang Oz (1899) karya L. Frank Bam dan lebih menakjubkan dari tulisan Lewis Caroll dalam Wonderland (1865).

    Dari komik, Little Nemo kemudian muncul di panggung Broadway (1908). Winsor memang bukan sembarang kartunis. Setelah dari Broadway, Little Nemo pun mulai dibuatkan film. Dan Winsor menggambar sendiri 4.000 animasi untuk film pertamanya itu.


    Spoiler:
    • tempo.co




    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Thu Oct 18, 2012 6:54 am

    Google Doodle Rayakan 161 Tahun Novel Moby-Dick


    Hari ini Google turut memperingati kehadiran sebuah karya seni legendaris. Karya seni yang dimaksud adalah sebuah novel berjudul Moby-Dick karangan sastrawan AS, Herman Melville. Seperti apa?

    Jika Anda mengakses mesin pencari Google hari ini (18/10), pada tampilan Google Doodle akan terlihat sebuah gambar perahu yang ditumpangi oleh beberapa laki-laki dengan latar belakang seekor ikan paus besar. Maksud gambar Google Doodle tersebut adalah sebagai peringatan 161 tahun hadirnya novel berjudul Moby-Dick karya Herman Melville.

    Moby-Dick bercerita tentang petualangan sang tokoh bernama Ismael yang mengikuti pelayaran kapal pemburu paus yang dipimpin oleh seorang kapten obsesif bernama Kapten Ahab.

    Sang kapten hanya memiliki satu kaki akibat kecelakaan saat memburu seekor paus yang dijulukinya Moby-Dick. Kapten Ahab sangat bernafsu melampiaskan dendamnya kepada Moby-Dick.

    Dalam ajang balas dendamnya itu, sang kapten tidak peduli akan keselamatan diri maupun anak buahnya. Suatu saat, Kapten Ahab pun bertemu dengan Moby-Dick. Ia berhasil menaiki punggung Moby-Dick dan menancapkan tombaknya di perut Moby-Dick dengan penuh emosi disertai oleh sumpah serapah.

    Namun usaha Kapten Ahab dan anak buahnya untuk membunuh Moby-Dick sia-sia belaka. Dengan tubuhnya yang besar, Moby-Dick menghancurkan kapal dan membuat seluruh awak kapal jatuh ke laut dan tenggelam.

    Akhirnya seluruh awak kapal tewas kecuali Ismael yang selamat berkat peti mati yang telah dibuat sebelumnya.

    Moby-Dick adalah sebuah novel fiksi yang ditulis oleh Herman Melville pada tahun 1851, yaitu sekitar pertengahan abad ke-19 yang juga dikenal dengan sebutan era ‘American Renaissance’.

    Herman Melville (lahir di New York, 1 Agustus 1819 - meninggal di New York, 28 September 1891) merupakan salah satu pengarang aliran romantis yang menghasilkan novel-novel yang laris.

    Moby-Dick adalah salah satu karya terbaik yang pernah ditulis oleh Melville yang juga ditampilkan dalam bentuk drama bahkan telah dibuat film layar lebarnya. [inilah]

    Spoiler:
    sumber: inilah



    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Thu Nov 08, 2012 1:33 am

    Google Doodle Rayakan Ultah Bram Stoker ke-165


    Abraham "Bram" Stoker (lahir di Clontarf, Dublin, Irlandia, 8 November 1847 – meninggal di London, Inggris, 20 April 1912 pada umur 64 tahun) adalah seorang penulis Irlandia, dikenal dengan novel horornya Dracula.

    Novel

    • The Primrose Path (1875)
    • The Snake's Pass (1890)
    • The Watter's Mou' (1895)
    • The Shoulder of Shasta (1895)
    • Dracula (1897)
    • Miss Betty (1898)
    • The Mystery of the Sea (1902)
    • The Jewel of Seven Stars (1903)
    • The Man (AKA: The Gates of Life) (1905)
    • Lady Athlyne (1908)
    • Snowbound: The Record of a Theatrical Touring Party (1908)
    • The Lady of the Shroud (1909)
    • Lair of the White Worm (1911)


    Kumpulan cerita pendek

    • Under the Sunset (1881)
    • Dracula's Guest (1914) diterbitkan oleh Florence Stoker


    Cerita lain

    • Bridal of Dead (alternatif akhir dari The Jewel of Seven Stars)
    • Buried Treasures
    • The Chain of Destiny
    • The Crystal Cup (1872) - diterbitkan oleh The London Society
    • The Dualitists; or, The Death Doom of the Double Born
    • The Fate of Fenella (1892), Bab 10, hanya Lord Castleton Explains
    • The Gombeen Man
    • In the Valley of the Shadow
    • The Man from Shorrox'
    • Midnight Tales
    • The Red Stockade
    • The Seer


    Non-fiksi

    • The Duties of Clerks of Petty Sessions in Ireland (1879)
    • A Glimpse of America (1886)
    • Personal Reminiscences of Henry Irving (1906)
    • Famous Impostors (1910)




    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Dec 10, 2012 5:44 am

    10 Desember Google Doodle Rayakan Kelahiran Ada Lovelace ke-197


    Augusta Ada King, Countess of Lovelace (lahir di London, Inggris, 10 Desember 1815 – meninggal di Marylebone, London, 27 November 1852 pada umur 36 tahun), ia lahir dengan nama Augusta Ada Byron, dan adalah anak tunggal dari penyair Lord Byron. Ia biasanya dipanggil dengan nama Ada Lovelace.


    Ada Lovelace ahli dibidang Matematika dan Komputasi.




    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Tue Dec 25, 2012 7:57 pm

    25 Desember Google Doodle hari ini mengucapkan Happy Holidays!





    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Dec 31, 2012 2:31 pm

    Google Doodle hari ini mengucapkan Selamat Tahun Baru 2013





    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Wed Feb 06, 2013 5:31 am

    6 Pebruari Google Doodle Rayakan Kelahiran Mary Leakey ke-100


    Mary Leakey

    Seorang ahli paleoantropologi Inggris digambarkan sebagai "pemburu fosil nyata" dan "ilmuwan nyata dalam keluarga". Penemuan nya, beberapa bekerja sama dengan suaminya Louis Leakey, termasuk 1. 75-juta-tahun tengkorak yang pertama menunjukkan hominid kuno di Afrika, rahang dan gigi dari spesies Homo awal, dan jejak kaki fosil hominid bipedal.




    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Sat Feb 09, 2013 11:20 am

    9 Pebruari 2013 Google Doodle Rayakan Tahun Baru Imlek


    Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama (bahasa Tionghoa: 正月; pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五冥 元宵节 di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī yang berarti "malam pergantian tahun".

    Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Imlek sangat beragam. Namun, kesemuanya banyak berbagi tema umum seperti perjamuan makan malam pada malam Tahun Baru, serta\' penyulutan kembang api. Meskipun penanggalan Imlek secara tradisional tidak menggunakan nomor tahun malar, penanggalan Tionghoa di luar Tiongkok seringkali dinomori dari pemerintahan Huangdi.

    Dirayakan di daerah dengan populasi suku Tionghoa, Tahun Baru Imlek dianggap sebagai hari libur besar untuk orang Tionghoa dan memiliki pengaruh pada perayaan tahun baru di tetangga geografis Tiongkok, serta\' budaya yang dengannya orang Tionghoa berinteraksi meluas. Ini termasuk Korea, Mongolia, Nepal, Bhutan, Vietnam, dan Jepang (sebelum 1873). Di Daratan Tiongkok, Hong Kong, Makau, Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan negara-negara lain atau daerah dengan populasi suku Han yang signifikan, Tahun Baru Imlek juga dirayakan, dan pada berbagai derajat, telah menjadi bagian dari budaya tradisional dari negara-negara tersebut.



    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Thu Feb 14, 2013 7:37 am

    14 Pebruari 2013 Google Doodle Rayakan Hari Falentine sekaligus menyambut Kelahiran George Ferris


    Google Doodle memperingati dua even penting pada 14 Februari 2013 ini. Tidak hanya Hari Valentine (hari kasih sayang), Google Doodle juga menyambut hari kelahiran George Ferris, kreator dan desainer dari bianglala modern atau yang lebih dikenal sebagai Ferris Wheel.

    Bianglala (Ferris Wheel) pertama kali dibuat pria bernama lengkap George Washington Gale Ferris Jr itu untuk even Chicago Fair pada 1893. Nah untuk mengenang George Ferris sekaligus memperingati hari valentine, yang sering disebut hari kasih sayang, Google Doodle punya cara unik.

    Di Google Doodle hari ini, bisa ditemui dua buah bianglala (bentuk O dari Google) berdampingan dengan sebuah tombol berbentuk hati ditengahnya. Saat tombol hati itu diklik, bianglala dan kereta api di sekitarnya akan berputar, saat berhenti kedua bianglala itu akan menampilkan karakter binatang berbeda. Setelah itu akan muncul cerita animasi atau karikatur romantis dengan tokoh utama kedua hewan tersebut.


    loveindonesia


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Tue Feb 19, 2013 6:48 am

    19 Pebruari 2013 Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Nicolaus Copernicus ke 540


    Niklas Koppernigk (latin: Nicolaus Copernicus; bahasa Polandia Mikołaj Kopernik; lahir di Toruń, 19 Februari 1473 – meninggal di Frombork, 24 Mei 1543 pada umur 70 tahun) adalah seorang astronom, matematikawan, dan ekonom berkebangsaan Polandia, yang mengembangkan teori heliosentrisme (berpusat di matahari) Tata Surya dalam bentuk yang terperinci, sehingga teori tersebut bermanfaat bagi sains. Ia juga seorang kanon gereja, gubernur dan administrator, hakim, astrolog, dan tabib. Teorinya tentang Matahari sebagai pusat Tata Surya, yang menjungkirbalikkan teori geosentris tradisional (yang menempatkan Bumi di pusat alam semesta) dianggap sebagai salah satu penemuan yang terpenting sepanjang masa, dan merupakan titik mula fundamental bagi astronomi modern dan sains modern (teori ini menimbulkan revolusi ilmiah). Teorinya memengaruhi banyak aspek kehidupan manusia lainnya. Universitas Nicolaus Copernicus di Torun, didirikan tahun 1945, dinamai untuk menghormatinya.

    [QUOTES]“Ada beberapa 'pembual' yang berupaya mengkritik karya saya, padahal mereka sama sekali tidak tahu matematika, dan dengan tanpa malu menyimpangkan makna beberapa ayat dari Tulisan-Tulisan Kudus agar cocok dengan tujuan mereka, mereka berani mengecam dan menyerang karya saya; saya tidak khawatir sedikit pun terhadap mereka, bahkan saya akan mencemooh kecaman mereka sebagai tindakan yang gegabah”.[/QUOTES]

    Nikolaus Kopernikus menulis kata-kata yang dikutip di atas kepada Paus Paulus III. Kopernikus mencantumkan kata-kata itu dalam karya terobosannya yang berjudul On the Revolutions of the Heavenly Spheres (mengenai perputaran bola-bola langit), yang diterbitkan pada tahun 1543. Mengenai pandangan yang dinyatakan dalam karyanya ini, Christoph Clavius, seorang imam Yesuit pada abad ke-16, mengatakan, "Teori Kopernikus memuat banyak pernyataan yang tidak masuk akal atau salah". Teolog Jerman, Martin Luther, menyayangkan, "Si dungu itu akan mengacaukan seluruh ilmu astronomi".


    sumber: wikipedia


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Mar 04, 2013 5:39 am

    4 Maret 2013 Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Miriam Makeba ke 81


    Miriam Makeba (lahir di Kota Prospek, Johannesburg, Afrika Selatan, 4 Maret 1932 – meninggal di Castel Volturno, Italia, 10 November 2008 pada umur 76 tahun) adalah penyanyi wanita dan aktivis hak-hak sipil berkebangsaan Afrika Selatan. Artis pemenang Grammy Award sering disebut sebagai Mama Afrika. Berkarier di dunia musik sejak tahun 1954 dan sampai kematiannya pada tahun 2008 akibat serangan jantung yang dideritanya.





    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Fri Mar 08, 2013 5:46 am

    Hari Ini Google Doodle Peringati Hari Wanita Sedunia


    8 Maret menjadi salah satu hari istimewa bagi kaum wanita di seluruh dunia. Peringatan Hari Wanita Sedunia sendiri, dalam sejarah diperingati pertama kali oleh kaum wanita AS pada tahun 1909. Sementara di Rusia, peringatan pertama digelar pada 1913. Dalam rangka peringatan ini, Google ikut memperingati dengan menampilkan beraneka wajah wanita, dari seluruh dunia, di layanan Google Doodle.

    Sebelumnya pada tahun 2012 lalu, Google Doodle turut memperingati Hari Wanita Sedunia. Tahun 2013 ini PBB menghadirkan tema " Janji adalah janji: Saatnya bergerak untuk mengakhiri kekerasan kepada wanita." sementara organisas International Women's Day 2013 mengusung tema " Gender Agenda: Saat Meraih Momentum"



    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Mar 11, 2013 3:38 pm

    11 Maret 2013 Google Doodle
    Rayakan Ulang Tahun Douglas Adams ke 61



    Douglas Noël Adams (11 Maret 1952 – 11 Mei 2001) adalah seorang penulis dan musikus Inggris. Ia dikenal sebagai penulis seri Hitchhiker's Guide to the Galaxy. Hitchhiker's dimulai di radio, dan berkembang menjadi lima buku yang terjual 15 juta kopi dalam masa hidupnya. Selain itu seri ini juga diangkat ke layar TV, film, permainan komputer, dan komik.

    Selain The Hitchhiker's Guide to the Galaxy, Douglas Adams menulis tiga cerita untuk film seri televisi Doctor Who, dan bekerja sebagai penyunting naskah dalam tahun ke-17. Ia juga menulis novel-novel Dirk Gently, Liff, dan Last Chance to See. Adams juga menciptakan dan mengarahkan permainan komputer Starship Titanic , dikembangkan oleh perusahaan\'\'\' The Digital Village. Adams adalah aktivis lingkungan hidup, seorang ateis, dan pecinta mobil, kamera, dan komputer Macintosh.





    Sponsored content

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  Sponsored content Today at 6:59 pm


      Waktu sekarang Wed Sep 28, 2016 6:59 pm