Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Google Doodle Hari Ini

    Share

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Tue Apr 02, 2013 7:56 am

    2 April 2013 Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Maria Sybilla Merians ke 366


    Hari ini Google sedang merayakan hari ulang tahun yang ke-366 dari seorang pelukis yang juga ilmuwan pecinta serangga, Maria Sibylla Merian. Mungkin tidak banyak dari kita yang akrab dengan nama itu. Namun, bagi orang Jerman, perempuan ini adalah sosok yang cukup populer dan membanggakan.

    Maria Sibylla Merian dilahirkan di Frankfurt, Jerman, pada 2 April 1647. Ia dikenal sebagai seorang pelukis, pecinta serangga, ilmuwan biologi dan peneliti ilmiah yang mengabdikan hidupnya untuk mempelajari tentang tanaman dan seluk-beluk serangga.

    Maria semakin terkenal berkat karya lukisnya yang sangat indah dan teramat mirip dengan aslinya. Keahliannya dalam melukis ini justru sangat menunjang aktivitasnya di bidang penelitian ilmiah.

    Karena saat itu kamera foto belum ditemukan, maka banyak sekali peneliti yang mengabadikan hasil mengamatannya lewat media gambar, tentu saja mereka harus melukis sesuai aslinya, sehingga gambar hasil penelitian itu bersifat naturalis. Inilah yang menjadi nilai lebih Maria.

    Kecintaannya kepada tanaman dan serangga, membawa Maria mengembara ke hutan tropis di Suriname, sebuah negara kecil nan indah di kawasan Amerika Latin. Seraya melakukan penelitian tentang flora dan fauna, ia mengabadikan semua yang dilihatnya ke dalam buku sketsa.

    Sekembalinya ke Jerman, Maria menerbitkan hasil gambar penelitiannya ke dalam sebuah buku yang berjudul Metamorphosis Insectorum Surinamensiu. Buku tersebut ternyata diminati oleh kaum bangsawan dan orang-orang kaya di Jerman sehingga terjual ludes di pasaran.

    Oleh karena itulah Maria justru lebih dikenal sebagai seorang pelukis beraliran naturalis ketimbang sebagai ilmuwan yang sebenarnya menjadi profesi aslinya.

    Maria Sibylla Merian mengembuskan napas terakhirnya di Amsterdam pada 12 Januari 1717. Ia memberi banyak kontribusi bagi penelitian serangga dan tumbuh-tumbuhan, terutama yang ada di Amerika Latin. Konon, kumpulan bukunya pun dihargai hingga ratusan ribu dolar.



    • inilah
    • google




    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Apr 15, 2013 5:44 am

    15 April 2013 Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Leonhard Euler ke 306


    Leonhard Euler (lahir di Basel, Swiss, 15 April 1707 – meninggal di St. Petersburg, Rusia, 18 September 1783 pada umur 76 tahun) (dilafalkan "oiler") adalah matematikawan dan fisikawan Swiss. Ia dipandang (bersama Archimedes, Gauss, dan Newton) sebagai salah satu matematikawan terbesar sepanjang masa.

    Euler menyumbangkan berbagai penemuan penting di bidang-bidang yang beragam seperti kalkulus dan teori graf. Dia juga memperkenalkan terminologi dan notasi matematika modern, terutama untuk analisis matematika, seperti konsep fungsi matematika. Dia juga dikenal dengan karya-karyanya dalam bidang mekanika, dinamika fluida, optika dan astronomi.

    Dia merupakan salah satu matematikawan paling subur. Kumpulan karyanya memenuhi 60-80 volume kuarto. Pernyataan yang disebutkan berasal dari Pierre-Simon Laplace menyatakan pengaruh Euler dalam matematika: "Baca Euler, baca Euler, dialah tuan kita semua."

    Euler ditampilkan pada seri keenam uang kertas 10 franc dan pada banyak perangko Swiss, Jerman dan Rusia. Untuk menghormatinya, nama salah satu asteroid, 2002 Euler berasal dari namanya. Dia juga dikenang oleh Gereja Lutheran pada kalender para Santa Lutheran pada tanggal 24 Mei. Euler merupakan penganut taat agama Kristen, dan mempercayai bahwa Alkitab bersih dari kesalahan, dan berargumen sengit melawan para ateis ternama pada zamannya.

    Spoiler:

    • wikipedia - google




    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Apr 22, 2013 6:01 am

    Hari Ini Google Doodle Peringati Hari Bumi


    Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

    Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network)


    Spoiler:
    • google



    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Thu Apr 25, 2013 9:48 am

    Google Doodle Hari Ini Peringati Ulang Tahun Ella Fitzgerald ke 96


    Ella Fitzgerald adalah seorang penyanyi Jazz wanita dari Amerika Serikat. Selama hidupnya, dia telah memenangkan 13 Penghargaan Grammy (Grammy Awards) dan menjual 40 juta buah album musik. Ella Jane Fitzgerald dilahirkan pada 25 April 1917 di Newport News, Virginia. Dia banyak mempelajari musik dari radio dan musik gospel dari Gereja. Pada tanggal 21 November 1934, Ella berhasil memenangkan kontes bakat di Teater Apollo dengan mempertunjukkan kemampuannya dalam bernyanyi. Beberapa saat setelah itu, karirnya berlanjut dengan menjadi vokalis dari band Chick Webb. Pada tahun 1956-1965, dia menyanyikan dan merekam berbagai lagu karya musisi lain, seperti Cole Porter, Duke Ellington, The Gershwins, Johnny Mercer, Irving Berlin, hingga Rodgers dan Hart. Sejak saat itu, Ella mulai meraih popularitas dan sering diundang menjadi bintang tamu di acara-acara TV, seperti The Frank Sinatra Show, The Nat King Cole Show, The Frank Sinatra Show, dan lain-lain. Ella Fitzgerald meninggal pada 15 Juni 1996 di Beverly Hills, California


    Spoiler:

    • google - wikipedia



    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Wed May 01, 2013 8:39 am

    Hari Ini Google Doodle Rayakan Hari Buruh


    Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

    May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.

    Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi di tahun 1806 oleh pekerja Cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisirnya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja dari 19 sampai 20 jam seharinya. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.


    Spoiler:
    • wikipedia



    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Wed May 08, 2013 7:52 am

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Saul Bass ke 93


    Rabu, 8 Mei 2013, Google Doodle merayakan ulang tahun ke-93 seorang seniman besar asal AS bernama Saul Bass. Ia dikenal sebagai desainer grafis, produser film, dan perancang logo perusahaan\'\'.

    Di dunia perfilman, Bass sering berkolaborasi dengan sejumlah produser film ternama, seperti Alfred Hitchcock, Otto Preminger, dan Martin Scorsese. Karir Bass mulai menanjak saat film The Man With the Golden Arm besutan Otto Preminger dirilis di pasaran pada tahun 1955.

    Preminger ingin menonjolkan poster film tersebut buatan Bass yang tentu unik dari desain poster film saat itu. Poster film The Man with the Golden Arm ini kemudian menjadi sensasi.

    Selain mendesain poster-poster film mainstream Hollywood pada pertengahan abad 20-an, Bass juga berpartisipasi dalam pembuatan opening sequence film, yakni beberapa menit pertama dalam film yang menampilkan judul film serta\'\' nama pemain dan krunya.

    Contoh film-film lain yang melibatkan Bass adalah Around the World in 80 Days (1956) besutan Mike Todd serta\'\' Walk on the Wild Side (1961).

    Lewat gaya-gaya poster yang unik, Bass sukses merevolusi dunia pembuatan poster film yang membedakannya dari desainer lain yang mengikuti stereotype pada abad 20. Karyanya tidak pernah mati hingga kini. Ia diyakini sebagai salah satu desainer terbesar dan paling berpengaruh di pertengahan abad 20.

    Selain mendesain poster dan opening sequence film, Bass juga terkenal sebagai perancang logo perusahaan\'\'. Beberapa logo yang ia desain di antaranya United Airlines, Minolta, Continental Airlines, Frontier Airlines, General Foods, Geffen Records dan AT&T.

    Bass menghembuskan nafas terakhir di Los Angeles, California, pada 25 April 1996, dalam usia 75 tahun.


    Spoiler:
    inilah - google



    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Tue Jun 25, 2013 8:43 pm

    Google Doodle Hari Ini Rayakan Kelahiran Antoni Gaudi Ini ke-161


    Mesin pencari Google hari ini, Selasa 25 Juni 2013, memperingati hari kelahiran arsitek bersejarah asal Spanyol, Antoni Gaudí.

    Antonio Gaudi dikenal sebagai sosok arsitek yang unik bagi sebagian sejarahwan arsitektur. Ia menghasilkan karya arsitektur dengan gaya dan memiliki daya tarik sendiri.

    Karya Antoni Gaudi ditandai dengan semangat hidupnya yang besar: arsitektur, alam & agama. Antoni Gaudi mempelajari setiap detail dari ciptaannya, dengan mengintegrasikan berbagai teknik seni yang dikuasai yaitu keramik, kaca berwarna, besi tempa & pertukangan.

    Sebut saja Sagrada Familia, adalah salah satu karya monumen yang paling banyak dikunjungi di Spanyol. Bangunan lainnya yang terkenal dirancangnya adalah Park Güell dan Casa Milà.

    Antoni Gaudi menjadi bagian dari pergerakan Modernista Catalan yang mencapai puncaknya pada akhir abad ke-19 dan awal abad 20.

    Tujuh dari karya-karyanya dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO antara tahun 1984 dan 2005.

    Gaudi meninggal pada tanggal 10 Juni 1926 pada usia 73 tahun. Sebelum meninggal Ia dirawat di rumah sakit setelah mengalami kecelakaan.


    Source:
    beritabulukumba

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Jul 15, 2013 7:20 pm

    Google Doodle Hari ini Merayakan Ulang Tahun Rembrandt van Rijn


    Beberapa waktu lamanya Google doodle tidak mengubah tampilannya. Sepertinya memang tidak ada momen yang penting untuk ditampilkan oleh mesin pencari terbesar di dunia itu. Namun hari ini ada yang berbeda, Google doodle membuat tampilan baru dengan lukisan seseorang yang berwarna coklat. Rupanya hari ini adalah ulang tahun Rembrant van Rijn ke 407.

    Ini bukan kali pertamanya Google membuat hal yang baru. Raksasa internet itu seperti biasanya memberikan penghargaan kepada orang-orang tertentu yang telah berjasa bagi dunia ini di hari lahir mereka. Selain hari lahir, terkadang Google juga membuat pengingatan para hari keberhasilan tokoh-tokoh itu.

    Siapakah Rembrandt van Rijn? Dan mengapa Google memberikan penghargaan padanya? Dia adalah seorang pelukis yang berkebangsaan Belanda. Lahir di Leiden Belanda pada 15 Juli 1606. Dia dikenal sebagai pelukis terbesar dalam sejarah seni rupa Eropa.

    Kehidupan masa kecilnya tidak seperti kaum borjouis yang ada seperti kala itu. Lahir dari keturunan seorang tukang giling, anak yang bernama lengkap Rembrandt van Rijn Harmenszoon ini tetap bersekolah karena perhatian yang besar orang tuanya. Bahkan pada usianya yang ke-14, Rembrandt van Rijn berhasil menjadi mahasiswa di Universitas Leiden.

    Namun, seperti kebanyakan seniman, dirinya tidak bertahan lama belajar di universitas. Jiwa seninya terutama dalam bidang melukis membuatnya memutuskan untuk keluar dari universitas. Dia kemudian belajar melukis kepada Jacob van Swanenburch, sang pelukis lokal di kotanya. Selanjutnya dia menimba ilmu ke Amsterdam di tempat Pieter Lastman yang menjadi spesialis pelukis dalam kesejarahan.

    Usai berguru pada Pieter, dia kembali ke tanah kelahirannya dan mulai menjadi pelukis. Bahkan dia mulain menerima murid yang akan belajar melukis padanya. Namun pada tahun 1631 dirinya memutuskan untuk pindah ke Amsterdam, kota tempat gurunya dahulu. Kemudian menikah dengan Saskia van Uylenburgh yang akhirnya menjadi jalan baginya mengenal seorang fotografer kaya Nicolaes Ruts.

    Berkat jasa Nicolaes lah, karya Rembrandt akhirnya terkenal ke seluruh penjuru Eropa. Karya-karya Rembrandt yang paling diminati adalah seputar agama dan mitologi. Selain Nicolaes, keberadaan keluarga Saskia yang merupakan putri Gubernur Leeuwarden, meskipun akhirnya dia menjadi yatim piatu sejak kecil turut memudahkan dirinya menjalin jaringan yang kuat di Amsterdam dalam menaikkan karyanya.

    Kisah perjalanan Rembrandt dan istrinya berlanjut ke semuah kota di Jodenbreestraat, sebuah perkampungan Yahudi yang kini menjadi kawasan Rembrandt House Museum. Meski kehidupan mereka bahagia, namun mereka baru merasakan menimang anak ketika keempatnya Titus yang lahir di 1641 hidup, karena ketiga kakaknya meninggal saat lahir. Tahun 1642 Saskia pun meninggal dunia karena TBC.

    Menjelang tahun 1650 Rembrandt kembali menikah dengan Hendrickje Stoffels, pelayan rumah tanggannya. Dari pernikahannya ini dia dikaruniai anak perempuan bernama Cornelia. Sebagai seorang seniman tentu saja salah satu kekurangannya adalah gaya hidup borosnya karena terlalu banyak mengoleksi karya seni. Akhirnya dia mengalami kebangkrutan pada tahun 1656. Sejak saat itu, Istri dan anak pertamanya mulai membuka toko barang seni untuk meneruskan hidup keluarga.

    Usaha yang dijalankan istri dan anak pertamanya ini membuat mereka harus berpisah jauh. Rembrandt hanya ditemani Cornelia. Kondisi di duga menjadi penyebab depresi baginya dan akhirnya pada tanggal 4 Oktober 1669 dirinya menghembuskan nafas terakhir di samping anak perempuannya. Tanpa sebuah penghormatan layaknya seniman kerajaan, pelukis yang akhirnya menjadi rujukan di Eropa itu dimakamkan seperti orang biasa di Westerkerk.

    iBerita

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Tue Jul 23, 2013 9:29 am

    Google Doodle Hari Ini Memperingati Hari Anak Nasional


    Sesuatu yang berubah pada logo Google pada hari ini, terlihat sepasang anak sedang bergandeng tangan, yang perempuan mengenakan seragam pramuka sementara anak laki-laki mengenakan seragam sekolah dasar. Gambar mereka didesain seolah-olah mengganti dua huruf ”o” pada logo Google Inc. Itulah yang disebut sebagai Google Doodle

    Seperti biasanya, untuk memperingati perayaan atau hari penting nasional maupun internasional termasuk pemperingati hari ulang tahun para tokoh penting dunia, Google menampilkan desain kreatif pada logo utamanya. Untuk kali ini Google ikut merayakan hari anak nasional (HKN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2013, hari ini.

    Paling tidak, perubahan pada logo Google tersebut dapat dilihat oleh pengguna internet Indonesia pada hari ini, karena tidak semua Doodle dapat dinikmati di seluruh dunia. Google biasanya menentukan sendiri Doodle tertentu untuk konsumsi lokal maupuan secara global/internasional.

    Kali ini bersifat lokal, seperti yang pernah dilakukan Google untuk Hari Anak Nasional pada tahun 2013 untuk negara Panama “Children’s Day” pada tanggal 21 Juli 2013 kemarin, Rusia dan Polandia yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2013, Korea pada tanggal 5 Mei 2013, Mexico pada tanggal 30 April 2013), dan Thailand pada tanggal 12 Januari 2013.

    Bagi negara lain mungkin tidak melihat perubahan logo Google, namun untuk negara-negara lokal yang dipilih oleh Google pasti melihat perubahan tersebut.

    Selain disajikan khusus untuk beberapa negara dalam peringatan Hari Anak Nasional, Google Doodle biasanya juga dibuat untuk memperingati Hari Anak Nasional untuk sejumlah negara sekaligus, yang dapat dilihat secara lokal oleh masing-masing negara terkait . Seperti National Sovereignty and Children’s Day 2013 untuk negara Turki dan Cyprus pada tanggal 23 April 2013.

    Bahkan pada tanggal 14 Januari 2012, Google Doodle pernah memperingati Hari Anak Nasional untuk banyak negara sekaligus yaitu Brazil, Canada, Qatar, Italy, Kuwait, Panama, Lithuania, Costa Rica, France, Andorra, Ethiopia, Gibraltar, Ireland, Palestine, Nigeria, Norway, Ghana, Saudi Arabia, Algeria, Malaysia, Senegal, Slovenia, Jordan, Bosnia and Herzegovina, Oman, Thailand, Haiti, Iraq, Spain, Bahrain, Libya, San Marino, Poland, Israel, Moldova, Morocco, Sweden, Latvia, Croatia, Kenya, Switzerland, Russia, Chad, Mexico, Egypt, United Arab Emirates, Lebanon, Azerbaijan, Tunisia, Djibouti, Uganda, Greece, Japan, South Korea,dan Somalia.

    Hari anak memang diakui dan dirayakan pada berbagai hari dan tanggal yang berbeda di banyak tempat di seluruh dunia sebagai tanda untuk menghormati hak anak-anak secara global. Perayaan ini pertama kali dicanangkan oleh Konferensi Dunia untuk Kesejahteraan Anak (the World Conference for the Well-being of Children) pada tahun 1925 dan kemudian oleh PBB direkomendasikan sebagai “Universal Children’s Day” yang jatuh setiap tanggal 20 November.

    Selain itu, Hari Anak Nasional juga dirayakan sebagai International Day for Protection of Children yang jatuh pada tanggal 1 Juni terhitung sejak tahun 1950 dan diadopsi oleh banyak negara di dunia. Perayaan ini diprakarsai oleh kongres Women’s International Democratic Federation yang diadakan di Moskow pada tanggal 22 November 1949.

    Untuk Indonesia, perayaan hari anak nasional (HKN) yang dirayakan setiap tahun bermula dari sebuah gagasan untuk mewujudkan kesejahteraan anak. HAN diperingati setiap tanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984.

    Perayaan Hari Anak Nasional tahun tahun 2013 yang jatuh pada hari ini mengambil tema ‘Indonesia Yang Ramah dan Peduli Anak Dimulai Dari Pengasuhan Dalam Keluarga’.

    Selamat merayakan Hari Anak Nasional, semoga setiap warga negara Indonesia benar-benar memahami dan memperhatikan pentingnya perlindungan terhadap anak Indonesia pada khususnya.

    Source: Kompas


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Thu Jul 25, 2013 10:15 am

    Google Doodle Hari ini memperingati hari lahirnya Rosalind Elsie Franklin ke 93


    Rosalind Franklin (lahir 25 Juli 1920 – meninggal 16 April 1958 pada umur 37 tahun) ialah seorang ilmuwati yang mengadakan penelitian tentang struktur DNA bersama Francis Crick, James Watson, dan Maurice Wilkins dengan difraksi sinar X.

    Rosalind Franklin selalu menyukai fakta. Ia berpikir logis dan tepat, dan tak sabar dengan hal-hal yang sebaliknya. Ia memutuskan menjadi ilmuwan saat berusia 15. Ia lulus ujian masuk Universitas Cambridge pada tahun 1938, dan mencetuskan krisis keluarga. Walau keluarganya berada dan memiliki tradisi jabatan pemerintahan dan kedermawanan, ayahnya tak menyetujui pendidikan perguruan tinggi buat wanita. Ia menolak membayar. Seorang bibi turun tangan dan berkata Franklin harus mendapat pendidikan, dan ia akan menanggung biayanya. Ibu Franklin juga berpihak padanya sampai akhirnya ayahnya mengalah.

    Perang Dunia II pecah di Eropa pada tahun 1939 dan Franklin tinggal di Cambridge. Ia lulus pada tahun 1941 dan mulai bekerja berbekal gelar doktornya. Karyanya berfokus pada masalah perang: sifat batu bara dan arang kayu serta\' bagaimana menggunakannya secara efisien. Ia menerbitkan 5 karya pada mata kuliah itu sebelum ia berusia 26 tahun. Karyanya tetap dikutip kini, dan membantu mengajukan bidang serat karbon yang kuat. Pada usia 26, Franklin menerima gelar Ph.D. dan perang barusan selesai. Ia mulai bekerja dalam difraksi sinar-X -- menggunakan sinar X untuk membuat gambar zat padat yang dikristalkan. Ia memelopori penggunaan metode ini dalam menganalisis bahan yang rumit dan tak teratur seperti molekul biologis yang besar, dan tak hanya kristal tunggal.

    Ia menghabiskan 3 tahun di Perancis, menikmati suasana kerja, kebebasan masa damai, masakan dan budaya Perancis. Namun pada tahun 1950, ia sadar bahwa jika ia ingin membuat karier ilmiah di Inggris, ia harus kembali. Ia diundang ke King's College di London untuk bergabung dengan kelompok ilmuwan yang sedang mempelajari sel hidup. Pemimpin tim menugasinya berkarya pada ADN dengan mahasiswa pascasarjana. Asumsi Franklin ialah bahwa ini merupakan proyeknya sendiri. Salah satu laboran, Maurice Wilkins, sedang berlibur saat itu, dan saat ia kembali, hubungan mereka berantakan. Maurice berasumsi Franklin akan membantu kerjanya; Franklin berpendapat ia akan menjadi satu-satunya orang yang berkarya pada asam deoksiribonukleat. Mereka memiliki perbedaan kepribadian yang kuat juga: Franklin lugas, cepat, menentukan, dan Wilkins pemalu, spekulatif, dan pasif. Hal ini akan memainkan peran pada tahun-tahun mendatang perlombaan terbuka untuk menemukan struktur DNA.

    Franklin membuat kelanjutan dalam teknik difraksi sinar-X dengan DNA. Ia mengurus alat-alatnya untuk menciptakan sorotan sinar-X yang amat tajam. Ia mengekstraksikan serat DNA yang baik daripada yang pernah sesungguhnya dan menyusunnya dalam buntelan paralel. Dan ia mempelajari reaksi serat pada keadaan lembap. Seluruhnya memungkinkannya menemukan kunci penting atas struktur DNA. Wilkins menerima datanya, tanpa pengetahuannya, dengan James Watson dan Francis Crick, di Cambridge University, dan mereka saling mendahului dalam perlombaan itu, kemudian menerbitkan struktur DNA yang diajukan pada Maret 1953.

    Hubungan yang tegang dengan Wilkins dan aspek lainnya pada King's College (ilmuwati tak diizinkan makan siang di ruangan umum di mana ilmuwan makan, sebagai contoh) membuat Franklin mencari kedudukan lain. Ia mengepalai kelompok risetnya sendiri di Birkbeck College London. Namun kepala King's membiarkannya berbicara terus pada keadaan di mana ia takkan bisa bekerja pada DNA. Franklin kembali pada studinya tentang batu bara dan juga menyelesaikan kerja DNA-nya. Ia mengalihkan perhatiannya ke virus, menerbitkan 17 kertas kerja dalam 5 tahun. Penemuan kelompoknya meletakkan dasar penemuan virologi struktural.

    Selama dalam kunjungan profesional ke Amerika Serikat, Franklin merasa sakit yang segera diketahuinya kanker rahim. Ia terus berkarya sampai 2 tahun berikutnya, melalui 3 operasi dan kemoterapi eksperimental dan remisi 10 bulan. Ia berkarya sampai beberapa minggu sebelum kematiannya pada tahun 1958 pada usia 37.

    source: google - wikipedia


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Aug 12, 2013 5:58 pm

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Erwin Schrödinger KE 126


    Erwin Rudolf Josef Alexander Schrödinger (lahir di Wina, Austria-Hongaria, 12 Agustus 1887 – meninggal di Wina, Austria, 4 Januari 1961 pada umur 73 tahun) ialah fisikawan Austria.

    Ibunya berasal dari Inggris dan ayahnya berasal dari Austria. Ia memperoleh gelar doktor di kota itu di bawah bimbingan mantan murid Ludwig Boltzmann.

    Selama Perang Dunia I, ia menjadi perwira artileri. Setelah perang ia mengajar di Zürich, Swiss. Di sana, ia menangkap pengertian Louis-Victor Pierre Raymond de Broglie yang menyatakan bahwa partikel yang bergerak memiliki sifat gelombang dan mengembangkan pengertian itu menjadi suatu teori yang terperinci dengan baik. Setelah ia menemukan persamaannya yang terkenal, ia dan ilmuwan lainnya memecahkan persamaan itu untuk berbagai masalah; di sini kuantisasi muncul secara alamiah, misalnya dalam masalah tali yang bergetar. Setahun sebelumnya Werner Karl Heisenberg telah mengemukakan formulasi mekanika kuantum, namun perumusannya agak sulit dipahami ilmuwan masa itu. Schrödinger memperlihatkan bahwa kedua formulasi itu setara secara matematis.


    Schrödinger menggantikan Max Planck di Berlin pada 1927, namun pada 1933, ketika Nazi berkuasa, ia meninggalkan Jerman. Dalam tahun itu ia menerima hadiah\' Nobel Fisika bersama dengan Dirac. Pada 1939 sampai 1956 ia bekerja di Institute for Advanced Study di Dublin, lalu kembali ke Austria.


    sumber: The Guardian - wikipedia - google




    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Thu Aug 22, 2013 4:07 pm

    Peringati Ulang Tahun Claude Debussy
    Google Doodle Hadirkan Nuansa Romantis Hari Ini



    Suasana romantis menghiasi Google Doodle hari ini. Tepat pada 22 Agustus 2013, Google turut merayakan hari kelahiran komponis ternama Prancis, Claude Debussy.

    Google kembali menghadirkan tampilan interaktif pada logo halaman muka mesin pencarinya yang biasa disebut Google Doodle.

    Jika Anda mengklik tanda 'play' pada balon merah, maka nuansa romantis yang iringi musik mengalun pelan dan syahdu akan langsung hadir di hadapan Anda.

    Tampilan Google Doodle itu juga dihiasi latar belakang berupa animasi lampu-lampu perkotaan khas Eropa, lengkap dengan kincir angin, mobil kuno dan gondola yang berjalan perlahan mengikuti kerlap kerlip lampu kota.

    Hari ini, Google memang merayakan hari kelahiran Claude Debussy. Ia seorang komponis berkebangsaan Prancis yang merupakan figur utama dalam bidang musik impressionis. Musiknya itu dianggap sebagai peralihan dari zaman musik romantik ke musik modern di awal abad ke-20.

    Memiliki nama lengkap Achille-Claude Debussy, komponis ternama ini dilahirkan pada 22 Agustus 1862 di Saint-Germain-en-Laye, Prancis. Ia mulai belajar bermain piano di usia tujuh tahun. Tepat di usia 10 tahun, ia memasuki Conservatoire di Paris, dan menghabiskan 11 tahun belajar di sana.

    Selama di sana, ia belajar komposisi dengan Ernest Guiraud, belajar teori dan sejarah musik dengan Louis-Albert Bourgault-Ducoudray, belajar harmoni dengan Emile Durand, belajar piano dengan Francois Antoine Marmontel, belajar organ dengan Cesar Franck, dan berdiskusi dengan banyak tokoh penting lainnya.

    Karya Debussy bisa dibilang kontroversial. Dalam menciptakan komposisi musik, Debussy sering keluar dari nada suara. Karyanya ini dianggap merupakan cerminan dari naik turunnya kehidupan yang ia jalani, karena selama bertahun-tahun ia menderita penyakit kanker.

    Sejumlah komposisi pentingnya antara lain adalah Deux Arabesques (1888), Petite Suite (1889), Reverie (1890), Nocturne (1892), Pour le Piano (1899), L'Isle Joyeuse (1904), Children's Corner Suite (1909), dan En Blanc et Noir (1915).

    Akibat kanker yang dideritanya, Debussy menghembuskan nafas terakhir pada 25 Maret 1918 dalam usia 55.

    Karya-karya romantisnya masih terus dikenang sampai saat ini sehingga Google pun mengapresiasikan ke dalam tampilan Google Doodle di ulang tahun ke-151, tepat di hari ini.

    sumber: inilah


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Wed Sep 18, 2013 4:35 pm

    Google Doodle Tampilkan Pendulum Foucault


    Raksasa mesin pencari Google kembali memberi penghargaan kepada seorang ilmuwan dengan memperingati hari ulang tahun ke-194 fisikawan Prancis, Leon Foucault, pada tampilan Google Doodle hari ini.

    Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya siapakah Leon Foucault ini?

    Leon Foucault yang memiliki nama lengkap Jean Bernard Leon Foucault lahir di Paris, Perancis, pada 18 September 1819. Meskipun berpendidikan di bidang kedokteran, ia meletakkan kepentingan dalam ilmu fisika.

    Penemuannya yang terkenal adalah Pendulum Foucault yang animasinya ditampilkan pada Google Doodle hari ini. Penemuan ini digunakannya untuk memberikan bukti eksperimental bahwa Bumi memang berputar pada porosnya.

    Selain itu, ia juga membuat tipe awal alat pengukur kecepatan cahaya, penemu arus eddy, dan berjasa dalam penamaan giroskop.

    Namanya diabadikan sebagai nama Asteroid 5668 Foucault. Selain itu, namanya juga terpampang sebagai satu dari 72 nama ilmuwan ternama Prancis yang tertulis di Menara Eiffel.

    Leon Foucault meninggal akibat penyakit sklerosis multiple atau peradangan pada otak pada 11 Februari 1868 dan dikebumikan di pemakaman Cimetire de Montmartre di Paris, Prancis.

    - inilah

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Fri Sep 27, 2013 7:18 am

    Google Doodle Rayakan Ultah Google Ke-15


    Jika Anda mengakses situs Google pada hari ini, Jumat, 27 September 2013, maka Anda akan langsung menemukan tampilan Google Doodle interaktif berupa permainan Pinata. Ini adalah permainan populer di Meksiko yang kerap dipakai untuk memeriahkan pesta ulang tahun.

    Seperti permainan Pinata sungguhan, para pengguna Google pun diajak untuk ikut memukul wadah berbentuk bintang warna-warni yang berisikan permen. Dengan menggunakan tombol spasi pada keyboard, para pemainnya diberi kesempatan memukul sebanyak 10 kali dengan tongkat untuk mengumpulkan nilai sebanyak-banyaknya.

    Google didirikan di Menlo Park, California, AS, pada 4 September 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin saat keduanya masih menjadi mahasiswa program Ph.D di Universitas Stanford.

    Namun sesuai dengan perjalanan waktu, Google kemudian memilih tanggal 27 September sebagai hari ulang tahun yang dirayakan setiap tahunnya.

    Google terus semakin berkembang. Tak hanya sebagai mesin pencari, layanan Google pun kini meliputi email (Gmail), instant messaging (Gtalk), video-sharing (Youtube), jejaring sosial (Google+), hingga sistem operasi untuk smartphone dan tablet (Android).

    Google juga bekerja sama dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus dan membeli Motorola sebagai pengembangan bisnisnya serta\' mengembangkan kacamata canggih bernama Google Glass

    Entah apa yang dipikirkan Page dan Brin saat mendirikan Google 15 tahun lalu. Namun, Google kini telah tumbuh menjadi raksasa teknologi di usia remajanya.

    Selamat ulang tahun, Google!


    Spoiler:
    sumber: inilah, google



    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Tue Oct 22, 2013 6:02 am

    Google Rayakan Peringatan Terjun Payung Pertama


    Hari ini, Selasa, 22 Oktober 2013, halaman muka mesin pencari Google menghadirkan tampilan Google Doodle yang diarahkan ke penemu parasut, Andre-Jacques Garnerin.

    Pria berkebangsaan Prancis ini melakukan penerjunan pertama dengan parasut berbahan sutra dari sebuah balon udara di Parc Monceau, Paris, pada 22 Oktober 1797.

    Sebelum melakukan penerjunan pertamanya itu, Garnerin mengaitkan parasut ke keranjang balon udara. Setelah balon mengudara setinggi 3.000 kaki atau sekitar 914 meter, ia memutuskan tali yang menempel ke keranjangnya yang secara otomatis membuka parasut.

    Penerjunan yang dilakukan Garnerin ini kemudian tercatat sebagai terjun payung pertama di dunia.

    Kini, terjun payung kebanyakan dilakukan dengan melompat dari pesawat terbang. Seiring perkembangannya, aksi terjun payung ini telah menjadi aktivitas rekreasional dan ajang olahraga kompetitif pada tahun 1951.


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Thu Oct 31, 2013 7:31 am

    Google Rayakan Peringatan Hallowen


    Halloween atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Tradisi ini berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara. Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata "Trick or treat!" Ucapan tersebut adalah semacam "ancaman" yang berarti "Beri kami (permen) atau kami jahili." Di zaman sekarang, anak-anak biasanya tidak lagi menjahili rumah orang yang tidak memberi apa-apa. Sebagian anak-anak masih menjahili rumah orang yang pelit dengan cara menghiasi pohon di depan rumah mereka dengan tisu toilet atau menulisi jendela dengan sabun.

    Halloween identik dengan setan, penyihir, hantu goblin dan makhluk-makhluk menyeramkan dari kebudayaan Barat. Halloween disambut dengan menghias rumah dan pusat perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween.

    -wikipedia



    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Wed Nov 20, 2013 6:29 am

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Selma Ottilia Lovisa Lagerlöf ke 155



    Selma Ottilia Lovisa Lagerlöf (lahir 20 November 1858, meninggal 16 Maret 1940) adalah penulis Swedia, terkenal atas buku kanak-kanaknya Nils Holgerssons underbara resa genom Sverige. Ia meraih Penghargaan Nobel dalam Sastra pada 1909. Sebagian besar ceritanya berlatar di Värmland, meskipun sebuah perjalanan melalui benua Eropa mengilhami karya seperti Antikrists mirakler. Pada 1996 Jerusalem diadaptasi ke gambar bergerak yang diakui secara internasional. Sejak 1991 ia telah digambarkan di keping 20 krona .


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Fri Nov 22, 2013 9:22 am

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Doctor Who ke 50


    Doctor Who adalah sebuah program televisi fiksi ilmiah Inggris yang diproduksi oleh BBC. Program ini menceritakan petualangan seorang Time Lord—sesosok alien humanoid penjelajah waktu yang dikenal sebagai Doctor. Ia mengeksplorasi alam semesta dengan 'TARDIS', sebuah pesawat luar angkasa penjelajah waktu yang berkesadaran. Bagian luarnya tampak sebagai sebuah police box berwarna biru, pemandangan yang lazim di Inggris pada tahun 1963, saat serial ini ditayangkan pertama kali. Bersama dengan pendamping yang silih berganti, Doctor menghadapi berbagai macam musuh sambil bekerja untuk melindungi peradaban, membantu masyarakat biasa, dan membasmi kejahatan.

    Sebelas aktor telah membintangi serial ini sebagai Doctor. Transisi dari satu aktor ke aktor yang lain dituliskan dalam plot acara ini sebagai regenerasi, salah satu proses kehidupan para Time Lord di mana karakter Doctor menempati sebuah tubuh baru dan, sampai taraf tertentu, kepribadian baru. Meskipun tiap aktor memiliki pembawaan yang berbeda-beda, dan bahkan ada kesempatan di mana inkarnasi-inkarnasi berbeda bertemu satu sama lain, mereka semua dimaksudkan sebagai aspek-aspek dari karakter yang sama.

    Saat ini Doctor diperankan oleh Matt Smith, yang mengambil peran ini setelah penampilan terakhir David Tennant dalam sebuah episode yang ditayangkan 1 Januari 2010.

    sumber: wikipedia


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Dec 02, 2013 7:49 am

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Maria Callas ke 90


    Maria Callas, Commendatore OMRI (bahasa Yunani: Μαρία Κάλλας; lahir di New York City, Amerika Serikat, 2 Desember 1923 – meninggal di Paris, Perancis, 16 Oktober 1977 pada umur 53 tahun) adalah penyanyi sopran Yunani kelahiran Amerika Serikat yang dianggap sebagai salah satu penyanyi opera yang paling terkenal dan berpengaruh pada abad ke-20. Kritikus memuji teknik bel canto-nya, jangkauan suaranya yang tinggi, dan bakat dramanya. Repertoarnya berkisar dari opera seria klasik hingga opera bel canto karya Donizetti, Bellini, dan Rossini. Atas bakat musik dan drama yang dimilikinya, Maria Callas dijuluki dengan La Divina.

    Lahir di New York City dan dibesarkan oleh seorang ibu yang keras, Callas memperoleh pendidikan musik di Yunani dan membangun kariernya di Italia. Dihadapkan dengan kemiskinan dan penyakit miopi yang membuatnya hampir buta, ia berjuang dan terlibat dalam berbagai skandal selama kariernya. Ia bertransformasi dari yang awalnya seorang wanita gemuk menjadi seorang wanita yang langsing dan glamor setelah berhasil menurunkan berat badan di pertengahan kariernya, yang berkontribusi terhadap penurunan kualitas vokal sekaligus mengakhiri kariernya. Media sangat tertarik dalam memublikasikan perilaku temperamental Callas, termasuk persaingannya dengan Renata Tebaldi dan hubungan asmaranya dengan Aristotle Onassis. Hidupnya yang penuh drama dan tragedi sering membayangi karier Callas di media populer. Namun, berbagai prestasi yang telah diraihnya membuat Leonard Bernstein menjulukinya sebagai "Alkitab opera"; menyebut bahwa pengaruh Callas begitu abadi. Pada tahun 2006, Opera News menulis mengenai Callas: "Hampir tiga puluh tahun setelah kematiannya, dia masih mengartikan diva sebagai seniman, dan tetap menjadi salah satu vokalis dengan penjualan musik klasik terbaik.

    Maria Callas terlahir dengan nama Maria Anna Sophie Cecilia Kalogeropoulos dari orang tua imigran Yunani. Ia pernah belajar di National Conservatoire, Athena, dan melakukan debut pertamanya di usia 15 tahun. Debut pertamanya itu membuat ia dipinang oleh La Scala, Milan, Italia pada tahun 1951. Tahun 1950-an merupakan tahun-tahun keemasan Callas, di mana ia mendapatkan perhatian dunia atas penampilan-penampilan legendarisnya di Milan, New York, Chicago, London dan Paris. Pada tahun 1964, Sir David Webster, direktur Royal Opera House di London, menggambarkannya sebagai "seniman teater musik terhebat pada masa kita". Maria Callas adalah "La Divina", penyanyi sopran opera paling terkenal.

    Namun di antara para penyanyi sopran, ia punya saingan berat, si suara murni, kelahiran Pesaro, Renata Tebaldi (1922 - 2004), yang dengan penuh kasih disebut orang-orang Italia sebagai "la nostra Renata". Tidak seperti Callas, Tebaldi berspesialisasi hampir secara ekslusif pada lagu-lagu Italia, sehingga Jewel Song dari Faust jarang masuk daftar\' lagu yang dinyanyikannya.

    Dalam wawancara dengan majalah Time, ada omongan Callas yang terkenal, bahwa membandingkan dirinya dengan Tebaldi bagai membandingkan "Sampanye dan Coca-Cola". Mendengar penghinaan yang disengaja ini, Tebaldi membalas dengan berkata, "Sampanye gampang menjadi masam". Yang sebetulnya bisa dijawab dengan telak oleh Callas dengan "Coca-Cola gampang kehilangan sodanya!"

    Pada tahun 1957, fotografer fashion Inggris, Cecil Beaton, memotret Callas yang mengenakan atasan wol berleher tinggi, bertopang dagu; foto sederhana namun kuat, karena satu-satunya penekanan pada kemewahan adalah cincin di jari sang diva. Dalam kisah Permata Castafiore, cincin sang diva juga selalu tampil.

    Beaton menganggap Callas "supernova yang meledak dengan kecermelangan tanpa tandingan". Dia kaget melihat penampilan fisik wanita itu:"Miss Callas tampil lebih seperti wanita cerdas yang main bridge dengan taruhan tinggi daripada penyanyi. Saat bicara bahasa Italia, dia seniman; tapi mitos itu runtuh begitu gaya bicara Brooklynnya muncul. Lalu dia menjadi wanita manja, galak dan menyebalkan." Beaton mengamati di Paris Opera, kalau Callas menyanyikan nada yang salah, semua akan menghujatnya. Tapi kalau dia duduk di antara penonton, seisi gedung mengelu-elukannya.

    Penyanyi sopran dan ratu masyarakat kelas atas tahun 1950-an ini mengumpulkan lebih banyak perhiasan indah selama sembilan tahun hubungan gelapnya dengan raja kapal Yunani, Aristotle Onassis, yang menjadi inspirasi bagi Marquis di Gorgonzola alias Rastapopoulos dalam kisah komik terkenal karangan Hergé, Petualangan Tintin, yang khususnya tampak dalam kisah Laut Merah.

    Callas menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya dengan menyendiri di Paris dan wafat pada tanggal 16 September 1977 akibat serangan jantung.


    -wikipedia


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Tue Dec 03, 2013 5:59 am

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Carlos Juan Finlay ke 180


    Carlos Juan Finlay (lahir 3 Desember 1833 – meninggal 20 Agustus 1915 pada umur 81 tahun) adalah seorang dokter dan ilmuwan Kuba yang diakui sebagai pelopor dalam penelitian demam kuning.

    Finlay lahir dengan nama Juan Carlos Finlay y Barres di Puerto Príncipe (kini Camagüey), Kuba. Ia berdarah Perancis dan Skotlandia. Pada tahun 1853, Finlay berkuliah di Jefferson Medical College di Philadelphia, Pennsylvania, dan lulus pada tahun 1855. Ia lalu melanjutkan pendidikannya di Havana dan Paris, setelah itu ia menetap di Havana dan membuka praktek medis.

    Riset Finlay dimulai selama tahun 1870-an, dan mulai diakui pada tahun 1900. Ia adalah orang pertama yang menyatakan bahwa nyamuk adalah pembawa organisme vektor yang menyebabkan demam kuning; menurutnya, nyamuk yang menggigit korban terinfeksi bisa menginfeksi orang yang sehat melalui gigitan.

    Setahun kemudian, Finlay menemukan bahwa nyamuk dari genus Aedes adalah organisme yang menularkan demam kuning. Teorinya ini diikuti oleh rekomendasi untuk mengontrol populasi nyamuk sebagai cara untuk mengendalikan penyebaran penyakit ini. Hipotesisnya ini kemudian dibuktikan hampir dua puluh tahun kemudian oleh Walter Reed pada tahun 1900. Finlay kemudian menjadi kepala petugas kesehatan di Kuba pada tahun 1902-1909.

    Finlay adalah anggota\' Havana's Royal Academy of Medical, Physical and Natural Sciences. Ia fasih berbahasa Perancis, Jerman, Spanyol, dan Inggris, dan bisa membaca aksara Latin. Ia juga menulis berbagai artikel mengenai kusta, kolera, gravitasi, dan penyakit tanaman, namun ketertarikan utamanya adalah mengenai demam kuning. Atas teorinya mengenai demam kuning ini, Finlay telah dinominasikan sebanyak tujuh kali sebagai penerima hadiah\' Nobel Fisiologi atau Kedokteran, namun tidak pernah mendapatkannya. Ia menerima penghargaan Legion of Honour dari Perancis pada tahun 1908.

    Finlay wafat di rumahnya pada tanggal 3 Desember 1915 akibat serangan stroke yang disebabkan oleh kejang otak parah, ia dikebumikan di Havana, Kuba.


    - wikipedia


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Dec 09, 2013 8:06 am

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Grace Hopper ke 107


    Grace Murray Hopper (lahir 9 Desember 1906 – meninggal 1 Januari 1992 pada umur 85 tahun) adalah seorang ilmuwan komputer dan Laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat. Menjadi pelopor di bidangnya, ia adalah salah satu pemrogram komputer Harvard Mark I, dan mengembangkan kompilator pertama untuk bahasa pemrograman komputer. Ia menyusun konsep bahasa pemrograman independen dari mesin yang berujung pada pengembangan COBOL, salah satu bahasa pemrograman modern pertama. Hopper juga dianggap sebagai tokoh yang memopulerkan istilah "debugging" untuk memperbaiki gangguan pada komputer (terinspirasi dari ngengat yang ditemuinya pada komputernya). Karena banyaknya prestasi dan pangkatnya di angkatan laut, ia dijuluki dengan "Amazing Grace". Kapal penghancur Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Hopper (DDG-70), dinamai berdasarkan namanya, begitu juga dengan superkomputer "Hopper" Cray XE6 di NERSC dan ruang belajar Universitas Teknologi Chalmers.


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Tue Dec 31, 2013 12:43 pm

    Google Doodle Ucapkan Happy New Year


    Tahun Baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Budaya yang mempunyai kalender tahunan semuanya mempunyai perayaan tahun baru . Hari tahun baru di Indonesia jatuh pada tanggal 1 Januari karena Indonesia mengadopsi kalender Gregorian , sama seperti mayoritas negara-negara di dunia.

    Tahun Baru pertama kali dirayakan pada tanggal 1 Januari 45 SM. Tidak lama setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai kaisar Roma, ia memutuskan untuk mengganti penanggalan tradisional Romawi yang telah diciptakan sejak abad ketujuh SM. Dalam mendesain kalender baru ini, Julius Caesar dibantu oleh Sosigenes, seorang ahli astronomi dari Iskandariyah, yang menyarankan agar penanggalan baru itu dibuat dengan mengikuti revolusi matahari, sebagaimana yang dilakukan orang-orang Mesir. Satu tahun dalam penanggalan baru itu dihitung sebanyak 365 seperempat hari dan Caesar menambahkan 67 hari pada tahun 45 SM sehingga tahun 46 SM dimulai pada 1 Januari. Caesar juga memerintahkan agar setiap empat tahun, satu hari ditambahkan kepada bulan Februari, yang secara teoritis bisa menghindari penyimpangan dalam kalender baru ini. Tidak lama sebelum Caesar terbunuh pada tahun 44 SM, dia mengubah nama bulan Quintilis dengan namanya, yaitu Julius atau Juli. Kemudian, nama bulan Sextilis diganti dengan nama pengganti Julius Caesar, Kaisar Augustus, menjadi bulan Agustus.


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Wed Jan 01, 2014 12:19 am

    Google Doodle Ucapkan Happy New Year



    TAHUN BARU DI DUNIA


    • Dalam kalender Baha'i, tahun baru jatuh pada tanggal 21 Maret yang disebut Naw Ruz.
    • Rosh hasanah adalah perayaan tahun baru bagi umat Yahudi. Hari tersebut jatuh sebelum tanggal 5 September pada kalender Gregorian.
    • Tahun baru Hijriyah dalam kalender Hijriyah dirayakan setiap tanggal 1 Muharam.
    • Tahun baru Tiongkok atau Imlek jatuh pada malam bulan baru pada musim dingin (antara akhir Januari hingga awal Februari).
    • Tahun baru Thailand dirayakan mulai tanggal 13 April hingga 15 April dengan upacara penyiraman air.
    • Tahun baru Vietnam disebut T?t Nguyên Ðán, dirayakan pada hari yang sama dengan Imlek.



    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Thu Jan 09, 2014 6:12 am

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Simone de Beauvoir ke 106


    Simone de Beauvoir (diucapkan [simɔn də boˈvwaʀ] dalam bahasa Perancis; lahir di Paris, 9 Januari 1908 – meninggal di Paris, 14 April 1986 pada umur 78 tahun) adalah tokoh feminisme modern dan ahli filsafat Perancis yang terkenal pada awal abad ke-20 dan juga merupakan pengarang novel, esai, dan drama dalam bidang politik dan ilmu sosial. Ia dikenal karena karyanya dalam politik, filsafat, eksistensialisme, dan feminisme, terutama karya Le Deuxième Sexe yang diterbitkan pada tahun 1949.

    Pendidikan

    Beauvoir memperoleh gelar dalam bidang filsafat dari universitas Sorbonne di Perancis, di mana ia lulus tahun 1929. Kemudian ia mengajar di sekolah menengah di Marseille dan Rouen mulai 1931 hingga 1937, dan di Paris tahun 1938-1943. Setelah Perang Dunia, ia muncul sebagai pejuang pergerakan eksistensialisme, bersama Jean-Paul Sartre dengan karya Les Temp Modernes.

    Kematian

    Simone de Beauvoir meninggal pada tahun 1986 setelah menderita pneumonia. Ia dimakamkan di Sartre di Cimitiere du Montparnasse di Paris. Setelah kematiannya, karyanya meninggalkan pengaruh kuat khususnya dalam pergerakan feminisme.

    Bibliografi


    • She Came to Stay, (1943)
    • Pyrrhus et Cinéas, (1944)
    • The Blood of Others, (1945)
    • Who Shall Die?, (1945)
    • All Men are Mortal, (1946)
    • The Ethics of Ambiguity, (1947)
    • The Second Sex, (1949)
    • America Day by Day, (1954)
    • The Mandarins, (1954)
    • Must We Burn Sade?, (1955)
    • The Long March, (1957)
    • Memoirs of a Dutiful Daughter, (1958)
    • The Prime of Life, (1960)
    • Force of Circumstance, (1963)
    • A Very Easy Death, (1964)
    • Les Belles Images, (1966)
    • The Woman Destroyed, (1967)
    • The Coming of Age, (1970)
    • All Said and Done, (1972)
    • When Things of the Spirit Come First, (1979)
    • Adieux: A Farewell to Sartre, (1981)
    • Letters to Sartre, (1990)
    • A Transatlantic Love Affair: Letters to Nelson Algren, (1998)



    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Thu Jan 16, 2014 6:01 am

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Dian Fossey ke 82


    Dian Fossey (lahir 16 Januari 1932 – meninggal 26 Desember 1985 pada umur 53 tahun) adalah seorang ahli zoologi dan etologi yang mempelajari keluarga gorila selama bertahun-tahun di Rwanda. Fossey seringkali disamakam dengan Jane Goodall yang terkenal karena penyelidikan tentang simpanse. Di kalangan awam, Dian Fossey dikenal dari film Gorillas in the Mist yang dibintangi oleh Sigourney Weaver.

    Dianggap sebagai salah satu ahli primata terkemuka di dunia pada masa hidupnya, Fossey, bersama dengan Jane Goodall dan Birutė Galdikas, dijuluki dengan Trimates, tiga ahli primata yang paling berpengaruh dalam primatologi, yang masing-masingnya meneliti tiga spesies primata berbeda (Fossey meneliti gorila; Goodall meneliti simpanse; dan Galdikas meneliti orangutan).

    Masa awal

    Dian lahir di San Francisco, Amerika Serikat. Masa kecil Dian tidak bahagia. Ayahnya, George Fossey, bekerja di perusahaan\' asuransi. Ayahnya menjadi pemabuk diakibatkan antara lain kegagalannya mencari uang untuk mecukupi kehidupan keluarganya. Karena masalah ini, orang tua Dian bercerai pada tahun 1938. Ibunya mendapat uang tunjangan untuk membesarkan Dian dan tak lama kemudian menikah dengan seorang kontraktor. Walaupun Dian tidak sering bertemu dengan ayah kandungnya, ia sangat memuja ayahnya. Ayah kandungnya bunuh diri saat Dian berusia 36 tahun.

    Ayah tirinya tidak memperlakukan Dian dengan baik. Ia mengajarkan disiplin keras. Sampai Dian berusia 10 tahun, Dian hanya boleh makan dengan pembantu rumah tangga di dapur. Sejak kecil, Dian sudah menyukai binatang. Namun ia hanya boleh memelihara ikan emas. Ketika ikan ini mati, Dian tidak boleh mengambil binatang peliharaan lagi. Ketika Dian belajar di perguruan tinggi, ayah tirinya tidak banyak menyumbang pembiayaan sekolah Dian.

    Karier

    Tamat SMA, Fossey belajar dasar kedokteran hewan di Universitas California, menentang keinginan ayah tirinya untuk belajar bisnis. Fossey menghidupi dirinya sendiri dengan melakukan berbagai pekerjaan sambilan. Karena menemui kesulitan dengan ilmu kimia dan ilmu fisika, Fossey mengambil jurusan ergoterapi di Universitas Negeri San Jose. Secara sambilan, Fossey juga berhasil mendapat keahlian menunggang kuda. Tamat kuliah, Fossey bekerja sebagai terapis anak-anak di kota Louisville, Kentucky. Fossey mempunyai keahlian untuk berkomunikasi dengan anak-anak yang cacat, suatu yang jarang ditemui.

    Walaupun Fossey mencintai pekerjaannya, ia ingin melihat dunia lain. Fossey menjadi tertarik dengan gorila sehabis membaca buku George Schaller tentang gorila gunung. Pada tahun 1963, Fossey meminjam uang sebanyak US$8000 ke bank untuk pergi ke Afrika mengunjungi gorila. Di Tanzania, Fossey bertemu Dr. Louis Leakey dan istrinya Mary Leakey yang mempelajari evolusi manusia dari fosil-fosil. Kemudian, Fossey pergi ke Zaire dan bertemu gorila gunung. Fossey sangat terpesona dengan pertemuan ini dan kembali ke Amerika Serikat dan melanjutkan pekerjaannya sebagai terapis.

    Tiga tahun kemudian Louis Leakey berkunjung ke Louisville dalam suatu tur untuk menerangkan hasil penyelidikannya. Louis bertemu Fossey dan mengajaknya untuk hidup di Afrika untuk mempelajari gorila. Louis membutuhkan pekerja untuk mempelajari gorila. Ia yakin bahwa mempelajari gorila dalam jangka waktu yang panjang akan membantu pemikiran tentang evolusi manusia. Louis percaya bahwa Fossey cocok untuk pekerjaan ini. Sebagai perempuan lajang dan tidak punya training dalam ilmu pengetahuan, Louis berpendapat bahwa Fossey akan mempunyai pandangan netral terhadap gorila, akan lebih diterima di kalangan penduduk lokal di Afrika, dan tidak punya komitment rumah tangga. Louis juga berpendapat bahwa perempuan dalam hal ini lebih teliti dan tangguh daripada laki-laki. Setelah bercakap-cakap dengan Fossey, Louis menawarkan pekerjaan untuk mempelajari gorila kepada Fossey.

    Walaupun orang tuanya tidak setuju, akhir tahun 1966, Fossey akhirnya pergi ke Kongo untuk mempelajari gorila. Tak lama kemudian, Fossey terpaksa pindah ke Rwanda, karena ada pemberontakan di Kongo. Di Rwanda, Fossey mendirikan pusat penyelidikan Karisoke. Fossey hidup di Rwanda mempelajari gorila selama 18 tahun. Fossey menjadi orang pertama yang mempunyai hubungan suka rela dengan gorila. Fossey berhasil memperoleh kepercayaan keluarga gorila dan sering duduk bermain dengan mereka. Keluarga gorila bahkan membiarkan Fossey bermain dengan bayi gorila.

    Sementara itu, pada tahun 1974, Fossey kembali ke Amerika Serikat untuk mengambil gelar doktor. Fossey tidak betah dan ingin cepat kembali ke Afrika. Namun, Fossey bertahan karena gelar ini penting untuk mendapatkan sumbangan untuk penyelidikan gorila. Setelah mendapat gelar, Fossey kembali ke Rwanda lagi.

    Fossey mempunyai hubungan yang spesial dengan seekor gorila yang dinamai Digit. Fossey mengenalnya dari kecil dan kesukaan mereka datang dari kedua belah pihak. Suatu ketika pada tahun 1976, Fossey pergi ke dalam hutan untuk mempelajari gorila setelah lama tidak berada di lapangan. Fossey harus melakukan administrasi dan mengawasi murid-muridnya. Juga, kesehatannya menjadi kurang baik. Tak heran kalau Fossey bersemangat untuk kembali studi lapangan lagi. Fossey menemukan gorila berpelukan bersama karena hujan besar. Fossey tak mau terlalu dekat-dekat karena ia tidak ingin gorila menjadi terbiasa dengan manusia. Tiba-tiba Digit datang dan membelai kepala Fossey. Mereka berpelukan bersama untuk melindungi diri dari hujan. Sayangnya, dua tahun kemudian Digit ditemukan dibunuh oleh pemburu.

    Fossey menjadi terkenal ketika fotonya bersama gorila muncul di majalah National Geographic pada tahun 1970. Fossey memanfaatkan hal ini untuk mengumpulkan dana untuk menyelamatkan gorila dari kepunahan. Fossey ingin menunjukkan bahwa gorila adalah makhluk yang lemah lembut, lain dari yang dilukiskan di buku-buku atau film sebagai King Kong, binatang yang sadis dan agresif. Fossey juga menentang pertunjukan gorila di kebun binatang. Menurutnya, penangkapan gorila seringkali melibatkan banyak kematian di dalam keluarga gorila. Fossey berpendapat bahwa menunjukkan gorila di kebun binatang adalah tidak etis. Contohnya, penangkapan dua gorila pada tahun 1978 yang ditujukan untuk ekspor ke kebun binatang, mengakibatkan kematian 20 gorila.

    Kematian

    Fossey ditemukan terbunuh secara sadis di rumahnya pada tanggal 26 Desember 1985. Walaupun salah satu dari muridnya ditangkap sebagai tersangka empat tahun kemudian, kematian Fossey tetap menjadi misteri. Saudara ipar dari bekas presiden Rwanda, Protais Zigiranyirazo, juga disebut-sebut terlibat dalam pembunuhan Fossey. Protais Zigiranyirazo yang menjadi gubernur di provinsi tempat Fossey bekerja, mempunyai kepentingan untuk mengekspoilitasi gorila, yang sangat ditentang Fossey. Protais Zigiranyirazo juga dianggap bertanggung jawab atas kematian 800.000 warga Rwanda (Genosida Rwanda) pada tahun 1994.

    Beberapa bulan sebelum kematiannya, Fossey menandatangani perjanjian dengan Warner Bros yang ingin membuat film dari bukunya yang terkenal, Gorillas in the Mist. Perjanjian ini menghasilkan uang satu juta dollar untuk Fossey. Kekhawatiran musuhnya akan pembiayaan aktivitas Fossey untuk melindingi gorila dari uang ini bisa juga menjadi salah satu alasan pembunuhannya. Beberapa organisasi yang dulunya menentang Fossey masih tetap menggunakan nama Dian Fossey untuk tujuan komersial sampai saat ini. Di saat genosida Rwanda pada tahun 1994, taman nasional di mana Fossey bekerja untuk menyelamatkan gorila, dihancurkan.
    Fossey dimakamkan disamping gorila kesayangannya, Digit, di Karisoke, Rwanda.


    Dian Fossey

    Peninggalan

    Hasil penyelidikan Dian Fossey telah membuka mata akan hubungan gorila dengan manusia. Manusia jadi lebih tahu cara hidup gorila dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Berkat hasil jerih payah Fossey, manusia jadi lebih tahu bahwa kehidupan gorila sangat terancam dan butuh campur tangan manusia.


    Source: ^ Salak, Kira. "PLACES OF DARKNESS: AFRICA'S MOUNTAIN GORILLAS". National Geographic Adventure.


    Sponsored content

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  Sponsored content Today at 7:11 pm


      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 7:11 pm