Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Google Doodle Hari Ini

    Share

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Jan 27, 2014 7:01 pm

    Google Doodle Peringati Kelahiran Arsitek Paris


    Saat Anda mengakses www.google.com hari ini atau 27 Januari 2014, tampilan Google akan berubah menjadi sebuah gambar bangunan kastel. Pada gambar, terangkai huruf G-O-O-G-L-E.

    Bila Anda mengklik pada gambar kastel, maka halaman akan berubah ke pencarian dengan kata kunci Eugène Viollet-le-Duc. Siapakah tokoh ini? Wikipedia menerangkan bahwa Eugène merupakan arsitek dan teoris asal Prancis.

    Namanya bersinar karena penafsirannya mengenai 'restorasi' bangunan-bangunan Abad Pertengahan. Lahir di Paris, 27 Januari 1814, Eugène yang merancang bangunan Patung Liberty wafat pada 17 September 1879 (umur 65 tahun).

    Eugène Viollet-le-Duc memiliki gaya arsitektur yang bertentangan dengan arsitektur Beaux-Arts yang sedang tren pada saat itu. Ia wafat sebelum menyelesaikan proyek Patung Liberty, yang menjadi simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali ke negara asalnya.

    Viollet-le-Duc merampungkan pendidikannya di Italia pada 1835 dan langsung diberi tugas untuk merestorasi sejumlah biara dan kastel pada masa Kekaisaran Perancis Kedua, termasuk mahkota duri di Notre Dame de Paris. Di masa tuanya, Viollet-le-Duc menetap di Lausanne, Swiss. Di Lausanne, ia membangun sebuah villa serta\' meninggal dunia pada 1879.

    -okezone

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Sun May 04, 2014 11:09 am

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Audrey Hepburn ke-85


    Google hari ini, Minggu (4/5/2014), merayakan ulang tahun aktris legendaris Audrey Hepburn yang ke-85 dengan doodle berwarna pink.

    Bintang film Breakfast at Tiffany’s itu juga dikenal sebagai salah seorang ikon fashion, yang memperkenalkan wanita dengan beberapa busana klasik, seperti little black dress, cigarette pants, dan kitten heels.

    Audrey lahir di Brussels pada 4 Mei 1929. Ayahnya berasal dari Inggris, sedangkan ibunya adalah bangsawan Belanda. Audrey kemudian pindah ke London pada 1948 dan melanjutkan latihan menari balet di sana.

    Sepanjang karirnya, Audrey pernah memenangkan Oscar, Golden Globe, dan BAFTA berkat penampilannya di film Roman Holiday (1953). Selain film klasik Breakfast at Tiffany’s (1961), Audrey juga membintangi film Charade (1963), My Fair Lady (1964), dan Wait Until Dark (1967).

    Audrey meninggal di Swiss pada 1993 di usia 63, akibat penyakit kanker yang dideritanya.


    - Mirror - Wiki - kabar24

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Sun May 11, 2014 12:56 pm

    Mother’s Day, Google Doodle Hari ini


    Tanggal 11 Mei beberapa negara di dunia memperingati Hari Ibu Internasional. Momentum tersebut diperingati dengan sebutan "Mother’s Day". Momentum itu pun dimeriahkan juga oleh Google.

    Hal ini juga yang biasa dilakukan oleh Google untuk memperingati momentum atau peringatan hari-hari tertentu. Salah satunya adalah Hari Ibu Internasional. Tepat hari ini pada tanggal 11 Mei 2014, melalui program Google Doodle, perusahaan\'\'\'\'\' besutan Larry Page itu menampilkan sebuah gambar yang menggantikan logo Google di halaman utama mesin pencari terbesar di dunia itu.

    Gambar peringatan Hari Ibu Internasional pada hari ini berupa sosok ibu dengan mengenakan helm plus sayap dari kain sedang bersepeda bersama dengan dua orang anaknya. Gambar ini sangat mewakili momentum kasih sayang kepada sosok Ibu yang memang telah memiliki jasa yang sangat besar kepada sang anak.

    ~Nemukabar.com

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon May 12, 2014 6:21 am

    Google Rayakan Ultah Perempuan Peraih Nobel Kimia ke 104


    Gambar molekul pada tampilan Google Doodle hari ini, Senin, 12 Mei 2014, ternyata merujuk pada seorang ilmuwan perempuan peraih Nobel kimia bernama Dorothy Hodgkin yang dilahirkan 104 tahun yang lalu. Ia dianggap telah memberikan sumbangsih besar kepada dunia berkat hasil penelitian di bidang kristalografi.

    Dorothy Hodgkin terlahir dengan nama Dorothy Mary Crowfoot pada 12 Mei 1910 di Kairo, Mesir. Ia adalah putri dari pasangan arkeolog Inggris, John Winter Crowfoot dan Grace Mary Hood, yang saat itu tengah bekerja di Mesir.

    Dorothy tinggal di Mesir selama empat tahun, dan kemudian pindah ke Inggris. Ia melewati Perang Dunia I di Inggris, di bawah asuhan dari kerabatnya, sedangkan orangtuanya tetap tinggal di Mesir. Setelah perang, ibunya kembali ke Inggris untuk merawat anak-anaknya.

    Sedari kecil, Dorothy menunjukkan ketertarikan terhadap sains. Sang ibu pun sangat mendukung minat Dorothy sehingga mendorongnya untuk mendalami ilmu kimia di Sommerville College, Universitas Oxford.

    Setelah lulus, kecintaannya terhadap ilmu kimia terus membuncah, sehingga membuat Dorothy kembali melanjutkan mengambil PhD di Universitas Cambridge.

    Mengutip Wikipedia, Dorothy Hodgkin dikenal sebagai penemu struktur biomolekuler tiga dimensi. Pada tahun 1945, bersama Harry Carlisle, ia menerbitkan struktur pertama yang menyerupai steroid, yakni iodida kolesterol.

    Ditahun yang sama, Dorothy dan rekan-rekannya berhasil menguraikan struktur penisilin, mengungkapkan bahwa strukturnya mengandung cincin beta-lactam, bertentangan dengan teori ilmiah pada masa itu. Akan tetapi, penemuannya ini tidak dipublikasikan hingga tahun 1949. Pada 1954, ia dan rekan-rekannya mulai menerbitkan analisisnya terhadap vitamin B12.

    Insulin adalah salah satu proyek penelitian Dorothy yang paling luar biasa. Penelitian tersebut dimulai pada tahun 1934 setelah ia diberi sedikit sampel insulin kristalin oleh Robert Robinson. Pada tahun 1959, atau 35 tahun setelah penelitiannya dimulai, struktur insulin berhasil ia ungkapkan.

    Awalnya Dorothy menerbitkan karya-karyanya dengan nama Dorothy Crowfoot hingga tahun 1949; ia baru menggunakan nama pernikahannya dalam buku The Chemistry of Penicillin. Setelah itu, ia selalu menerbitkan karya-karyanya dengan nama Dorothy Crowfoot Hodgkin.

    Atas kerja kerasnya ini, dunia pun memberikan penghargaan Nobel Kimia kepada dirinya pada tahun 1964. Sejak saat itu, berbagai penghargaan terus diberikan kepada Dorothy, di antaranya Order of Merit, Copley Medal, dan hadiah\' Perdamaian Lenin.

    Segala aktivitasnya terhenti setelah ia terserang stroke pada tahun 1994. Tak sanggup bertahan, ia pun meninggal dunia pada 29 Juli 1994 dalam usia 84 tahun.

    Atas jasa-jasanya terhadap sains dan kemanusiaan, maka Google pun memberikan penghargaan dalam bentuk tampilan Google Doodle tepat di hari ulang tahunnya yang ke-104 yang jatuh pada hari ini.

    ~inilah.com

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Fri May 16, 2014 7:13 am

    Google Doodle rayakan ultah Maria Gaetana Agnesi ke-296


    Kelahiran ahli matematika Maria Gaetana Agnesi dirayakan oleh Google Doodle. Hari ini Jumat 16 Mei 2014, merupakan hari ulang tahun Maria Gaetana Agnesi ke-296. Maria Gaetana Agnesi lahir tanggal 16 May 1718 di Milan, Habsburg Empire, sekarang Italia.

    Maria terkenal sebagai anak ajaib sejak lahir. bagaimana tidak, dalam usia kanak-kanak Maria Gaetana Agnesi bisa berbicara bahasa Italia dan Perancis. Kemudian di usia 13 tahun menguasai bahasa Yunani, Ibrani, Spanyol, Jerman, Latin, dan disebut sebagai “Poliglot Berjalan”. Ketika dia berumur 9 tahun, dia menulis dan menyampaikan pidato selama satu jam dalam bahasa Latin dengan beberapa intelektual paling terkemuka pada hari itu. Subjeknya adalah hak perempuan untuk dididik. Mungkin inilah salah satu alasan sehingga Google ingin mengingatkan sejarah seorang perempuan ajaib di masa silam.


    Maria dikreditkan dengan menulis buku pertama membahas kedua diferensial dan kalkulus integral dan merupakan anggota\' kehormatan fakultas di University of Bologna. Dia mengabdikan empat dekade terakhir hidupnya untuk teologi belajar (terutama patristics) dan untuk melayani masyarakat miskin. Maria Teresa Agnesi Pinottini, clavicembalist dan komposer, adalah adiknya.

    Pada usia 20 tahun ia memulai sebuah karyanya yang terpenting, sebuah buku ajar kalkulus. Untuk masanya, kejelasannya sungguh-sungguh mengagumkan dan merupakan buku ajar kalkulus luas yang pertama sejak karya dini dari I’Hospital. Buku itu memberikan banyak kehormatan termasuk pengakuan dari Kaisar Maria Theresa dan Paus Benediktus XIV.

    Nama Agnesi menguasai suatu tempat dalam kepustakaan matematika melalui suatu sumbangan kecil Maria yakni pembahasannya tentang kurva yang dikenal sebagai versiera, yang berasal dari bahasa latin vertere yang artinya membalik. Kurva tersebut dikenal sebagai sihir dari Agnesi karena versiera dalam bahasa Italia berarti Iblis betina.

    Hasil yang paling berharga dari pekerjaan nya adalah Instituzioni analitiche ad uso della gioventù italiana, sebuah karya besar jasanya, yang diterbitkan di Milan pada tahun 1748 dan “dianggap sebagai pengantar terbaik yang masih ada untuk karya Euler.” Volume pertama memperlakukan analisis jumlah terbatas dan yang kedua dari analisis infinitesimals. Sebuah terjemahan bahasa Prancis dari volume kedua oleh PT d’Antelmy, dengan tambahan oleh Charles Bossut (1730-1814), diterbitkan di Paris pada 1775, dan terjemahan bahasa Inggris dari seluruh karya John Colson (1680-1760), yang Lucasian Profesor Matematika di Cambridge, “diperiksa” oleh John Hellins, diterbitkan pada tahun 1801 dengan mengorbankan Baron Maseres.

    Agnesi juga menulis sebuah komentar pada Traité analytique des bagian coniques du Marquis de l’Hôpital, yang meskipun sangat dipuji oleh mereka yang melihatnya dalam naskah, tidak pernah dipublikasikan. Pada peringatan seratus tahun meninggalnya, kota Milan menghormati Agnesi dengan memberi nama sebuah jalan atas namanya. Sebuah batu pertama di bagian muka gedung Luogo Pio bertuliskan prasasti yang isinya “terpelajar dalam matematika, keagungan Italia dan abadnya”.


    ~beritabulukumba

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon May 19, 2014 6:34 am


    Rayakan Ulang Tahun Rubik yang Ke-40
    Google Doodle Hadirkan Permainan Rubik Virtual



    Tidak perlu sebuah kubus Rubik di genggaman Anda, karena mainan plastik multi-warna yang menghibur sekaligus membikin frustasi banyak penggemarnya di seluruh dunia ini bisa Anda mainkan di depan komputer hanya dengan mengakses Google.

    Hari ini, Google memang merayakan hari ulang tahun Rubik yang ke-40 dengan memasang sebuah game interaktif di tampilan muka halaman pencarinya. Anda dapat mengutak-atik Rubik virtual ini dengan menggunakan mouse untuk memainkannya.

    Kubus Rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria bernama Erno Rubik.

    Pada dasarnya, Rubik terbuat dari plastik dan terdiri atas 26 bagian kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda.

    Ketika terselesaikan, setiap sisi dari kubus ini masing-masing akan memiliki satu warna yang sama.

    Sejak pertama kali muncul 40 tahun yang lalu, sekitar 350 ribu kubus Rubik telah terjual, yang membuatnya menjadi mainan paling populer di dunia.

    Sebelum mulai memainkan Rubik virtual dari Google, tak ada salahnya jika Anda terlebih dahulu menyimak video tutorialnya di bawah ini:


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Wed May 21, 2014 6:25 am

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Mary Anning ke 215


    Mary Anning (lahir 21 Mei 1799 – meninggal 9 Maret 1847 pada umur 47 tahun) adalah seorang paleontolog dan kolektor fosil berkebangsaan Inggris yang dikenal di seluruh dunia sebagai penemu sejumlah fosil laut Jurassic di perairan Lyme Regis, Dorset, tanah kelahiran sekaligus tempat tinggalnya. Penemuannya ini bersumbangsih terhadap perubahan fundamental yang terjadi dalam pemikiran ilmiah mengenai kehidupan prasejarah dan sejarah Bumi. Penemuannya termasuk kerangka ichthyosaurus pertama, yang ditemukannya bersama kakaknya, Joseph, saat masih berusia dua belas tahun; ia juga menemukan kerangka plesiosaurus pertama yang berlokasi di luar Jerman, serta\' sejumlah fosil ikan. Ia juga turut berperan penting dalam penemuan fosil koprolit dan belemnoidea, yang kemudian menjadi bukti kunci dalam menjelaskan kepunahan dinosaurus.

    Biografi

    Jenis kelamin dan kelas sosial Anning mencegahnya untuk berpartisipasi sepenuhnya dalam komunitas ilmiah Inggris pada abad ke-19, yang pada saat itu didominasi oleh para pria Anglikan terpandang. Ia mengalami kesulitan finansial sepanjang hidupnya. Keluarganya yang miskin dan dianggap sebagai pengingkar agama menjadi sasaran diskriminasi hukum. Ayahnya, seorang pembuat lemari, meninggal dunia ketika ia berusia sebelas tahun.

    Anning mulai dikenal oleh kalangan geolog Britania, Eropa, dan Amerika setelah menulis mengenai masalah anatomi dan pengumpulan fosil. Meskipun demikian, sebagai seorang wanita, ia tetap tidak memenuhi syarat untuk bergabung dengan Geological Society of London, dan masih belum mendapat pengakuan penuh atas karya-karya ilmiahnya. Dalam sebuah surat, ia menulis: "Dunia ini telah memperlakukan saya dengan sangat tidak baik, dan hal itu membuat saya mencurigai semua orang". Satu-satunya tulisan ilmiahnya yang diterbitkan semasa hidupnya muncul dalam Magazine of Natural History pada tahun 1839, yang ditujukannya kepada editor majalah tersebut untuk mempertanyakan penemuan fosilnya yang diklaim oleh orang lain.

    Mary Anning melakukan pencarian fosil di wilayah tebing Blue Lias, terutama saat musim dingin ketika terjadi tanah longsor yang memunculkan fosil baru dan harus cepat diambil sebelum menghilang ke dalam lautan. Pekerjaan ini cukup berbahaya, bahkan ia nyaris kehilangan nyawanya pada tahun 1833 dalam longsor yang menewaskan anjingnya, Tray. Penemuannya termasuk fosil ichthyosaurus pertama yang sukses diidentifikasi, fosil plesiosaurus pertama di luar Jerman, dan membuktikan bahwa korpolit, yang pada saat itu dikenal dengan batu bezoar, merupakan fosil kotoran hewan purba. Ia juga berhasil membuktikan bahwa belemnoidea memiliki kantung tinta seperti sefalopoda modern. Ketika geolog Henry De la Beche melukis Duria Antiquior, lukisan pertama yang menjelaskan mengenai kehidupan prasejarah berdasarkan rekonstruksi fosil, ia merujuk pada fosil yang ditemukan oleh Anning.

    Setelah kematiannya akibat kanker payudara pada tahun 1847, kisah hidupnya yang tidak biasa mulai menarik perhatian banyak orang. Charles Dickens menulis tentang dirinya pada tahun 1865, Dickens mengungkapkan bahwa "Si anak tukang kayu telah meraih nama atas perjuangannya, dan layak mendapatkannya."  Pada tahun 2010, 163 tahun setelah kematiannya, Royal Society memasukkan nama Anning dalam daftar\' sepuluh wanita Britania yang paling berpengaruh dalam sejarah sains.

    ~wikipedia

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Wed May 28, 2014 6:22 am

    Google Doodle Hari ini, Mengenang Rachel Louise Carson


    iBerita.com – Hari Google kembali membuat doodle untuk memperingati seseorang yang berjasa untuk dunia. Dialah Rachel Louise Carson, seorang pakar biologi laut dan konservasi. Carson adalah penulis buku Silent Spring, sebuah buku yang dirujuk oleh para ilmuwan dunia saat ini dalam memajukan gerakan penyelamatan lingkungan.

    Ini adalah hari peringatan ulang tahun ke-107 karya Carson. Dia adalah orang yang sepanjang hidupnya mendedikasikan diri untuk bergiat pada biologi laut dan ekologi. Dia juga telah menginisiasi gerakan kampanye menolak penggunaan DDT, insektisida yang biasa digunakan dalam pertanian di Amerika Serikat.

    Carson adalah orang yang menentang pengggunaan zat kimia yang merusak lingkungan. Dirinya menghabiskan waktunya untuk mempelajari pengaruh zat-zat kimia ke lingkungan. Dan pada tahun 1972 terjadilah gerakan penolakan atas penggunaan zat-zat itu, terutama untuk dunia pertanian karena dapat merusak lingkungan dan kesuburan tanah.


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Fri Jun 06, 2014 6:21 am

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Honinbo Shusaku ke 185


    Honinbo Shusaku (本因坊秀策 Hon′inbō Shūsaku, lahir dengan nama Kuwabara Torajirō (桑原虎次郎 Kuwabara Torajirō, lahir 6 Juni 1829 – meninggal 10 Agustus 1862 pada umur 33 tahun) adalah seorang pemain Igo profesional Jepang yang dianggap oleh banyak pihak sebagai pemain terhebat di zaman keemasan Igo pada pertengahan abad ke-19.

    Biografi

    Shusaku dijuluki "Tak Terkalahkan" setelah ia meraih skor sempurna atas 19 kemenangan beruntun dalam pertandingan istana tahunan. Beberapa pihak mengungkapkan bahwa ia tidak lebih hebat dari gurunya, Honinbō Shuwa, yang menurut kesepakatan tidak boleh ikut serta\' bermain dalam pertandingan istana. Untuk menghormati gurunya, Shusaku menolak untuk bertanding dengan gurunya, sehingga tidak ada alat ukur yang bisa digunakan untuk menentukan kehebatan keduanya. Shusaku misalnya, meskipun berhasil mengungguli Ōta Yūzo, tetapi masih mengakuinya sebagai lawan yang tangguh, sedangkan Shuwa mampu mengalahkan Yūzo dengan mudah.

    Hingga saat ini, hanya ada dua pemain yang dijuluki dengan "Santo Igo" (Kisei), dan Shusaku adalah salah satunya, sedangkan yang satunya lagi adalah Honinbō Dosaku (1645–1702). Julukan ini awalnya hanya diberikan kepada Honinbo Jowa, namun dicabut karena manuver politiknya. Bahkan hingga saat ini, Shusaku dianggap sebagai salah seorang pemain Igo terbaik yang pernah hidup.

    Dalam fiksi

    Dalam serial manga dan anime Hikaru no Go, Shusaku dikisahkan menjadi penyemangat bagi pemain Igo Fujiwara-no-Sai. Shusaku juga menjadi inspirasi Sai dalam memainkan pertandingan besar yang dikatakan berasal dari Shusaku.

    ~wikipedia

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Thu Jun 12, 2014 6:46 am

    Google Doodle Rayakan Piala Dunia 2014


    Piala Dunia FIFA 2014 adalah Piala Dunia FIFA ke-20, turnamen sepak bola internasional yang akan diadakan pada tahun 2014 di Brasil.

    Ini adalah kedua kalinya Brasil menyelenggarakan turnamen ini (setelah 1950), Brasil akan menjadi negara kelima yang pernah menyeleggarai Piala Dunia FIFA World Cup lebih dari satu kali, setelah Meksiko, Italia, Perancis dan Jerman. Turnamen ini juga merupakan Piala Dunia FIFA pertama yang diselenggarakan di Amerika Selatan sejak Argentina 1978. Sebelumnya tidak ada negara Amerika Selatan yang menyelenggarakan Piala Dunia FIFA lebih dari satu kali.


    Tim sepak bola nasional dari 31 negara telah lolos melalui persaingan kualifikasi yang dimulai pada bulan Juni 2011 untuk ikut berpartisipasi dengan negara tuan rumah Brasil di saat final turnamen. Sebanyak 64 pertandingan akan dimainkan di dua belas kota di Brazil baik stadion baru atau yang dibangun ulang, dengan turnamen yang dimulai dengan babak penyisihan grup. Untuk pertama kalinya di Final Piala Dunia, pertandingan akan menggunakan teknologi garis gawang.

    ~google, wikipedia

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Wed Jul 09, 2014 6:10 pm

    Google Doodle Sambut Pemilu Pilpres 2014


    Google turut menyemarakkan pemungutan suara Pemilu Pilres yang diselenggarakan hari ini.

    Melalui gambar tematik atau Doodle, Google pada hari ini menampilkan Doodle bernuansa pemilu.

    Pada Doodle pilpres ini, menampilkan tulisan Google dengan nuansa merah putih. Pada bagian huruf G yang kedua pada tulisan 'Google', diganti dengan gambar kotak suara bernuansa merah putih.

    Saat pengguna pertama kali mengakses ke www.google.co.id, maka pada kotak suara akan muncul kertas suara dengan ajakan untuk mencoblos. Lalu surat suara itu masuk di dalam kotak suara pemilu.

    Doodle menampilkan keterangan hari Pemilu Pilpres 2014 Indonesia.
    Jika Doodle itu diklik, pengguna akan dihubungkan dengan berbagai artikel terkait Pemilu Pilpres 2014.

    Pemilu Pilpres kali ini diikuti dua pasangan capres dan cawapres yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa untuk pasangan nomor urut 1 dan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada pasangan nomor urut dua.

    Munculnya Google Doodle Pemilu Pilpres itu menyela rangkaian tampilan Doodle dengan topik Piala Dunia. Sebagaiman diketahui sejak pembukaan Piala Dunia 2014  pada pertengahan Juni lalu, tampilan Google Doodle selalu terkait dengan pertandinngan Piala Dunia tiap harinya.

    Namun untuk kali ini, saat rakyat Indonesia tengah memilih capres dan cawapres, Google memberikan tampilan Doodle yang berbeda.

    Sebelumnya Google beberapa kali pernah merayakan hari nasional Indonesia melalui Doodle-nya. Misalnya, saat perayaan Hari Kemerdekaan RI, Google menampilkan Doodle edisi hari kemerdekaan.

    ~vivanews


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Wed Jul 23, 2014 2:40 pm

    Google Doodle Hari ini: Congklak Sebagai Simbol Peringatan Hari Anak Nasional


    Jika hari ini Anda sebagai pengguna Indonesia membuka halaman utama Google, maka pasti Anda menjumpai hal yang tidak biasa. Ada tampilan khusus yang dibuat oleh Google. Google Doodle hari ini menampilkan sebuah permainan khas anak-anak dan ketika disorot menggunakan kursor tetikus terlihat tulisan Hari Anak Nasional.

    Hari ini adalah tanggal 23 Juli 2014, hari di mana seluruh anak Indonesia merayakan Hari Anak Nasional. Perayaan ini diperingati setiap tanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984. Google pun turut memeriahkan dengan menampilkan Google Doodle berdesain unik pada halaman depan mesin pencarinya.

    Sebagai simbolnya, Google memilih permainan congklak. Permainan itu dipilih oleh Google untuk mewakili nuansa keceriaan anak-anak Indonesia. Bisa juga hal itu juga dilakukan Google untuk mengingatkan anak-anak dan orang tua agar kembali melihat permainan mereka yang luar biasa itu namun di hari ini sudah semakin terlupakan dan jarang dimainkan lagi oleh anak-anak.

    Nama congklak sendiri sebenarnya memiliki ragam berdasarkan daerahnya masing-masing di Indonesia. Di Jawa, permainan ini lebih dikenal dengan nama congklak, dakon, dhakon, atau dhakonan. Di beberapa daerah di Sumatera yang berkebudayaan Melayu, permainan ini dikenal dengan nama congkak. Di Sulawesi permainan ini lebih dikenal dengan beberapa nama: mokaotan, maggaleceng, aggalacang dan nogarata. Di Malaysia, permainan ini juga dikenal dengan nama congkak, sedangkan dalam bahasa Inggris permainan ini disebut mancala.

    Congklak adalah permainan yang melibatkan dua pemain menggunakan papan congklak dan 98 buah biji congklak. Papan congklak bisa dari kayu atau plastic, sedangkan bijinya dpat menggunakan kerang, batu, kelereng, atau biji-bijian kering. Untuk Hari Anak Nasional tahun 2014 yang jatuh pada hari ini, tema yang diusung adalah ‘Indonesia Satu Aksi, Stop Kekerasan terhadap Anak’.

    ~iBerita.com

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Aug 04, 2014 12:42 pm

    John Venn Ulang Tahun ke-180 Jadi Google Doodle Hari Ini


    John Venn Ulang Tahun ke-180 & Diagram Venn Jadi Google Doodle Hari Ini. 180 tahun lalu, tepatnya pada 4 Agustus 1834, seorang jenius ahli matematika John Venn terlahir ke dunia di Yorkshire, Inggris. Google merayakan hari kelahirannya dengan tampilan Google Doodle unik yang mengajak pengguna internet untuk berinteraksi memainkan Diagram Venn ciptaan John Venn tersebut.

    John Venn terkenal karena jasanya memperkenalkan Diagram Venn. Dalam diagram tersebut, lingkaran digunakan untuk menggambarkan hubungan antara sebuah kelompok dengan kelompok lain, keterkaitan apa saja yang mereka miliki, dan bagian apa saja  dari kedua kelompok tersebut yang saling bersinggungan; atau  sama-sama dimiliki keduanya.

    Diagram Venn biasanya digunakan untuk menjelaskan berbagai hubungan persoalan dari yang mudah hingga yang rumit berkaitan dengan topik-topik di bidang logika, probabilitas, statistik, linguistik dan ilmu komputer. Kali ini Google mempersilakan penggunanya untuk menggunakan Diagram Venn sebagai hiburan yang bisa menambah pengetahuan kita tentang konsep himpunan.

    Cara memainkan Google Doodle hari ijni adalah dengan mengklik tombol play dalam logo Google yang ada. Nanti, kita akan memasuki animasi baru yang terdiri dari dua lingkaran besar. Pada sisi kiri lingkaran besar sebelah kiri, terdapat lima ikon unik. Masing-masing menampilkan topik yang berbeda. Misalnya, gambar mobil untuk transportasi. Gambar ikan untuk kehidupan laut. Gambar gitar untuk alat-alat musik, dan seterusnya.

    Kita perlu memilih salah satu gambar ikon tersebut. Jika diklik, maka, lingkaran bedsar di sedbelah kiri akan menjelaskan apa yang digambarkan dari ikon tadi. Misalnya, untuk gitar, berarti kita akan mendapatkan suguhan gambar alat-alat musik yang menjadi topik umum dari ikon gitar tadi.

    Selanjutnya, kita memilih lagi untuk lingkaran di sebelah kanan. Di sini juga ada lima ikon yang unik. Misalnya, gambar UFO yang menunjukkan hal-hal yang berbau luar angkasa. Jika kita klik bagian ini nanti akan muncul gambar di lingkaran besar yang berkaitan dengan luar angkasa. Lalu, kita bisa melihat hubungan apa yang dimiliki antara alat musik dan hal-hal berbau luar angkasa tersebut, yaitu astronot yang menggunakan gitar untuk bernyanyi. Inilah penjelasan singkat dari Diagram Venn cetusan John Venn dalam google hari ini.

    ~iBerita.com

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Aug 11, 2014 8:12 am

    Google Doodle Hari ini Ingatkan Akan Munculnya Hujan Meteor Perseid


    Google Doodle hari ini menampilkan video tentang fenomena astronomi di langit, yaitu hujan Meteor Perseid di tahun 2014. Kunjungilah mesin pencari Google untuk dapat menyaksikan bagaimana Google menjelaskan fenomena unik Meteor Perseid tersebut.

    Sebagai informasi, Google Doodle merupakan strategi mesin pencari Google dengan tujuan memperingati hari bersejarah atau event tertentu yang sedang berlangsung pada hari tersebut melalui logo, animasi atau video yang ditampilkan di seluruh negara-negara yang mengakses Google. Tak heran, bisa terjadi perbedaan google doodle antarnegara satu dengan yang lain.

    Hari ini, Senin 11 Agustus 2014, Meteor Perseid digunakan Google Doodle sebagai temanya. Perseid sendiri merupakan sebuah fenomena astronomi yang terjadi setiap tahunnya. Peristiwa langka ini terjadi secara periodik antara bulan Juli hingga Agustus, dan biasanya mencapai puncaknya pada bulan Agustus.

    Wikipedia menulis, meteor perseid berasal dari serpihan debu ekor komet yang bernama Swift-Tuttle dan memiliki nama resmi 109P/Swift-Tuttle. Komet tersebut masuk ke atmosfer bumi sehingga menghasilkan serpihan debu tersebut. Komet Swif-Tuttle ditemukan tahun 1862, dan dicatat akan mengelilingi Matahari dalam periode 130 tahun sekali, dan terjadi pada bulan Juli-Agustus.

    Dalam laman ensiklopedia bebas tersebut juga diterangkan bahwa puncak terjadinya hujan meteor perseid biasanya terjadi antara tanggal 9-14 Agustus. Adapun untuk tahun 2014, hujan meteor perseid diprediksi mencapai puncak pada tanggal 12-13 Agustus 2014, di mana tanggal 12 merupakan tanggal terbanyak yang dicatat dalam sejarah terjadinya puncak hujan meteor perseid tersebut.

    Sayangnya, di Indonesia tidak bisa menyaksikan hujan meteor yang fenomenal tersebut tersebut karena puncak hujan meteor perseid itu terjadi siang hari. Namun demikian, para penggemar dunia astronomi atau masyarakat yang ingin menikkmati keindahan bulan purnama, langit malam ini diprediksi akan menampilkan fenomena Supermoon masih bisa dilihat dengan cukup jelas dengan mata telanjang.

    Para astronom mengatakan bahwa Supermoon kali ini merupakan yang paling terang dan besar di rentang waktu 20 tahun terakhir. Sebab, posisi bulan sdedang berada paling dekat dengan bumi.

    Nah, selamat menyaksikan.

    ~Pewartaekbis


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Sat Aug 16, 2014 1:07 pm

    Google Doodle Hari Ini Peringati Ultah ke-80 Diana Wynne Jones


    Jika dunia sastra pernah mengenal novel-novel apik seperti Wilkins’ Tooth (1973), The Ogre Downstairs (1974), Eight Days of Luke (1975), dan Power of Three (1976), pastilah para penikmat sastra akan mengenang sosok pengarangnya. Dialah Diana Wynne Jones. Google Doodle menghormati hari ulang tahun ke-80 penulis kelahiran Inggris ini, dengan memajang sebuah animasi menarik tentang seorang nenek dan cucunya yang bercengkrama di dekat tungku perapian.

    Saat Anda mengakses laman awal pencarian Google, akan muncul animasi menarik tentang seorang anak laki-laki yang sedang melakukan ekperimen kimia dengan menuangkan cairan berwarna kuning ke dalam gelas rekasi. Sementara itu, seorang nenek membiarkan anak laki-laki itu asyik dengan aktivitasnya, sembari merajut kain.

    Ornamen di sekitarnya lebih unik lagi, terlihat api unggun ayang memiliki wajah sedang menari-nari. Ada pula rak buku berisi kumpulan buku tebal dan tengkorakmanusia. Sementara itu, pintu ruangan membuka danmenutup dengan sendirinya akibat rotasi benda semacam gerendel otomatis di tepi pintu.

    Menariknya,setiap kali pintu itu terbuka, setiap kali itu pula pemandangan berganti bagaikan menggambarkan empat musim yang berlalu dengan menyenangkan dalam fantasi Diana Wynne Jones.

    Diana Wynne Jones mengawali karir kepenulisannya sebagai pengarang novel fantasi, baik untuk anak-anak maupun pembaca dewasa. Wanita hebat ini dilahirkan pada 16 Agustus 1934 di London, Inggris.

    Namun, Perang Dunia II membuat masa kecil Diana kurang menyenangkan. Ia terpaksa harus meninggalkan kota kelahirannya menuju Wales, Cumbria, dan Yorkshire. Hingga sampai usia sembilan tahun, akhirnya Jones dan keluarganya menetap di Thaxted, Essex. Ia tinggal bersama kedua orang tua dan dua adiknya, Isobel dan Ursula.

    Suatu noda kelam dalam hidup pernah dialaminya, Jones yang saat itu sudah menginjak usia remaja, pernah mengalami pelecehan bersama dua adiknya.

    Namun, kelak penderitaan yang dialaminya akan menjadi inspirasi tiada henti bagi semua karya-karya sastranya. Diana yang sudah menjadi seorang ateis sejak kecil, memiliki mental baja akibat tempaan hidup di masa kecil hingga remaja.

    Di usia 36 tahun, Diana, yang sempat belajar di St Anne’s College, Oxford, merilis buku pertama yang berjudul Changeover. Karya itu berisi tentang lelucon satire politik dalam bentuk karya sastra. Karya pertamanya ini berbeda dengan karya-karyanya setelah itu.

    Karir kepenulisannya semakin terasah dan melahirkan karya-karya monumental justru dipicu oleh anaknya yang menginginkan novel fantasi yang lebih lucu dan segar. Dari sinilah lahir novel sejenis Wilkins’ Tooth (1973), The Ogre Downstairs (1974), Eight Days of Luke (1975), dan beberapa karya lainnya.

    Karya-karya Diana Wynne Jones terus memberikan hiburan bagi dunia sastra, hingga akhirnya takdir berkata lain. Pada 26 Maret 2011, setelah berjuang melawan kanker paru-paru, Diana Jones wafat pada usia 77 tahun. Masih banyak karya-karya yang belum sempat dirilis oleh sang penulis kenamaan ini.

    Salah satu yang kemudian dirampungkan oleh sang adik, Ursula Jones, adalah The Islands of Chaldea (penerbit Harpercollins, tahun 2014). Kini pada tanggal 16 Agustus, Google Doodle ingin mengingatkan dunia tentang seorang penulis wanita genial yang karya-karyanya menginspirasi kita. Selamat ultah Diana Jones.

    ~pewartaekbis.com


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Tue Sep 09, 2014 6:17 am

    [quote="online"]
    Ulang Tahun ke-186 Leo Tolstoy di Peringati Google Doodle Hari Ini


    Leo Tolstoy adalah salah seorang Ilmuan pintar yang berasal dari Rusia, Pria yang akrab di sapa Tolstoy ini lahir pada tanggal 9 september 1828 dan tepat pada hari ini adalah ulang tahun ilmuan yang berasal dari Rusia itu. Tolstoy meninggal pada usia 82 tahun 1910 karena fonomena yang terjadi di Stasiun kereta api Astapovo.

    Dalam memperingatai ulang tahun Loe Tolstoy yang ke- 186 ini, Google Doodle menampilkan sebuah slide show yang berisi sejarah perjalanan hidup Leo Tolstoy. Berawal dengan gambar berjanggut Tolstoy yang sedang sibuk menulis di mejanya dengan cahaya lilin yang bercerita tentang sebelum penyajian adegan dari karya-karyanya yang paling terkenal, termasuk perang dan damai, Anna Karenina dan kematian dari Ivan Ilyich.

    Kayra Tolstoy yang bertajub “War and Peace” secara luas dianggap sebagai salah satu karya paling penting sastra seluruh Dunia.

    ~iBerita.com

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Oct 06, 2014 7:43 am

    Ulang Tahun ke-100 Thor Heyerdah di Peringati Google Doodle Hari Ini


    Thor Heyerdahl

    Thor Heyerdahl (Lahir: Larvik, Norwegia, 6 Oktober 1914. Meninggal: Colla Micheri, Italia April 18, 2002) adalah seorang petualang dan etnolog berkebangsaan Norwegia. Ia melakukan pelayaran untuk ekspedisi ilmiah melintasi samudera menggunakan rakit yang dikenal dengan nama Kon-Tiki pada tahun 1947. Thor Heyerdahl kemudian menuliskan kisah perjalanannya dalam sebuah buku dan buku tersebut berhasil menjadi buku dengan penjualan terbaik skala internasional.


    Sejarah singkat
    Heyerdahl lahir pada tahun 1914 dan dibesarkan di Norwegia. Heyerdahl mengenyam pendidikan di Oslo University, di mana ia mempelajari tentang zoologi. Pada tahun 1936, Heyerdahl pergi berlayar dan tinggal di kepulauan Pasifik Fatu Hiva. Namanya terkenal di dunia karena perjalanannya menggunakan rakit Kon-Tiki dari Peru ke Pollinesia, Perancis pada tahun 1947. Pada tahun 1953, Heyerdahl memimpin ekspedisi arkeologi ke Kepulauan Galapagos. Dua tahun kemudian, ia melakukan perjalanan ke Pulau Paskah. Dalam tahun-tahun berikutnya, Heyerdahl meneliti tentang piramida di Peru dan Kepulauan Canary. Heyerdahl meninggal pada tahun 2002.

    ~wikipedia


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Tue Oct 14, 2014 6:19 am

    Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun Hannah Arendt Ke-108



    Hari ini Google merayakan hari ulang tahun Hannah Arendt Ke-108 yang diungkapkan dalam doodlenya hari ini 14/10/14. Hannah Arendt adalah seorang teoretikus politik Jerman. Ia seringkali digambarkan seagai seorang filsuf, meskipun ia selalu menolak label itu dengan alasan bahwa filsafat berurusan dengan "manusia dalam pengertian singular." Ia menggambarkan dirinya sebagai seorang teoretikus politik karena karyanya berpusat pada kenyataan bahwa "manusia pada umumnya, bukan Manusia saja, hidup di muka bumi dan menghuni dunia ini."

    Hannah Arendt lahir pada 14 Oktober 1906 Linden, Hanover, German dalam keluarga Yahudi sekular di kota Linden yang waktu itu merupakan kota independen (kini bagian dari Hanover) dan dibesarkan di Königsberg (kota tempat tinggal pendahulunya yang dikaguminya, Immanuel Kant) dan Berlin.

    Ia belajar filsafat di bawah Martin Heidegger di Universitas Marburg, dan lama menjalin hubungan romantik yang sporadis dengannya. Hal ini telah banyak dikritik karena simpati Heidegger terhadap Nazi. Suatu kali ketika hubungan mereka terputus, Arendt pindah ke Heidelberg untuk menulis disertasi tentang konsep cinta-kasih dalam pemikiran Santo Augustinus, di bawah bimbingan filsuf-psikolog eksistensialis Karl Jaspers.

    Karya-karya Arendt membahas hakikat kuasa, dan topik-topik politik, wewenang, dan totalitarianisme. Banyak dari tulisannya terpusat pada pengukuhan konsepsi tentang kebebasan yang sinonim dengan aksi politik kolektif.

    Ia juga menulis The Origins of Totalitarianism, yang menelusuri akar-akar komunisme dan nazisme dan kaitan mereka dengan anti-semitisme. Buku ini kontroversial karena membandingkan dua pokok yang sebagian orang percaya tidak dapat dipertemukan.

    Hannah Arendt meninggal dunia pada 4 Desember 1975 (umur 69) di New York, Amerika Serikat. Hannah Arendt dikebumikan di Bard College di Annandale-on-Hudson, New York.

    ~ketik-kata

    .

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Tue Oct 28, 2014 6:11 am

    Google Doodle merayakan Ulang tahun Jonas Salk ke 100


    Jonas Salk (lahir di New York City, 28 Oktober 1914 – meninggal di La Jolla, 23 Juni 1995 pada umur 80 tahun) adalah seorang peneliti medis dan virolog Amerika Serikat. Jonas Salk paling dikenal melalui penemuan dan pengembangan vaksin polio pertama yang aman dan efektif. Dia lahir di New York City, di mana orang tuanya adalah imigran Yahudi-Rusia. Meskipun mereka tidak begitu terdidik secara formal, mereka ingin melihat putera-puteri mereka berjaya. Ketika menempuh sekolah medis di Universitas New York, dia keluar dari perkumpulan kawan sebayanya tidak hanya karena keunggulan akademisnya, tetapi lebih kepada keinginannya untuk melakukan penelitian medis, bukan untuk menjadi seorang dokter praktik.

    Hingga 1955, ketika vaksin Salk diperkenalkan, polio dipandang sebagai masalah kesehatan masyarakat yang paling menakutkan di Amerika Serikat pascaperang. Wabah tahunan selalu saja memburuk dan korbannya adalah anak-anak. Pada 1952, dilaporkan bahwa polio menjadi penyakit yang cukup membunuh dibandingkan dengan penyakit menular lainnya, dengan lebih dari 300.000 kasus dan 58.000 kematian, sebagian besar anak-anak. "Reaksi masyarakat kepada bencana ini," ujar sejarawan William O'Neill. "Penduduk perkotaan merasa ketakutan setiap musim panas tiba ketika tamu yang mengerikan ini kembali lagi." Hasilnya, para ilmuwan berpacu semangat untuk menemukan media penyembuhannya. Presiden Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt ialah yang paling diakui di dunia sebagai korban penyakit ini dan mendirikan lembaga untuk mendanai dan menciptakan vaksin.

    Pada 1947, Salk menerima perjanjian dengan Sekolah Medis Universitas Pittsburgh. Sembari bekerja di sana, dengan National Foundation for Infantile Paralysis yang kini menjadi March of Dimes, Salk melihat peluang untuk mengembangkan vaksin yang mampu melawan polio, dan memastikan dirinya untuk melakukan pekerjaan ini delapan tahun kemudian. Pengujian-pengujian lapangan yang dilakukan Salk menurut O'Neill adalah, "program yang paling saksama dikerjakan sepanjang sejarah di bidang ini, melibatkan 20.000 dokter praktis dan petugas kesehatan masyarakat, 64.000 pegawai sekolah, dan 220.000 sukarelawan." Ketika berita penemuan dirilis pada 12 April 1955, Salk menyambutnya sebagai "pekerja ajaib", dan hari itu hampir menjadi "hari libur nasional". Dia kemudian menunjukkan rasa cinta kasihnya kepada masyarakat dengan menolak untuk mematenkan vaksin semata-mata demi keuntungan pribadinya, sebab dia berharap untuk melihat vaksin ini dapat diperbanyak secepat, seluas, dan sebanyak mungkin dan proses pematenan hanyalah akan menunda percepatan ini. Ketika ditanyakan tentang siapa yang memiliki paten ini, Salk menjawab: "Tidak ada paten. Dapatkah kalian mematenkan matahari?"

    Pada 1963, dia mendirikan Institut Salk untuk Pengkajian Biologi di La Jolla, yang kini menjadi pusat penelitian medis dan sains. Dia senantiasa melakukan penelitian dan menerbitkan buku, termasuk di antaranya Man Unfolding (1972), The Survival of the Wisest (1973), World Population and Human Values: A New Reality (1981), dan Anatomy of Reality (1983). Tahun-tahun terakhir Dr. Salk dihabiskan untuk upaya pencarian vaksin yang mampu menangkal HIV.


    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Wed Oct 29, 2014 6:58 am

    Google Doodle Hari ini: Ulang Tahun ke-84 Niki de Saint Phalle


    iBerita.com – Google Doodle Hari ini: Ulang Tahun ke-84 Niki de Saint Phalle. Bagi masyarakat Amerika Serikat, nama Niki de Saint Phalle sudah tidak begitu asing lagi. Dia adalah sosok perempuan legendaris asal Prancis yang dikenal sebagai seniman fenonemal pada masanya.

    Hari ini Google membuat sebuah tampilan Doodle yang berbeda dari biasanya. Hal itu dilakukan untuk memperingati 84 tahun kelahiran seniman berbakat ini. Niki de Saint Phalle adalah seorang pematung, pelukis, sekaligus pembuat film yang telah menghasilkan banyak karya seni berkelas dunia.

    Wanita hebat ini dilahirkan di Neuilly-sur-Seine, Hauts-de-Seine, tidak jauh dari Paris, pada tanggal 29 Oktober 1930. Meskipun lahir di Prancis, namun Niki de Saint Phalle tumbuh serta\' dibesarkan di New York, Amerika Serikat, dan dikenal luas di negeri adidaya tersebut berkat karya-karyanya yang memukau.

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Sun Nov 09, 2014 12:24 am

    Google Doodle Hari ini: 25 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin


    Tembok Berlin (bahasa Jerman: Berliner Mauer) adalah sebuah tembok pembatas terbuat dari beton yang dibangun oleh Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur serta\' daerah Jerman Timur lainnya sehingga membuat Berlin Barat sebuah enklave. Tembok ini mulai dibangun pada tanggal 13 Agustus 1961. Tembok pembatas ini juga dibarengi dengan pendirian menara penjaga yang dibangun sepanjang tembok ini, juga pendirian sebuah daerah terlarang, yang diisi dengan ranjau anti kendaraan. Blok Timur menyatakan bahwa tembok ini dibangun untuk melindungi para warganya dari elemen-elemen fasis yang dapat memicu gerakan-gerakan besar, sehingga mereka dapat membentuk pemerintahan komunis di Jerman Timur. Meski begitu, dalam prakteknya, ternyata tembok ini digunakan untuk mencegah semakin besar larinya penduduk Berlin Timur ke wilayah Berlin Barat, yang berada dalam wilayah Jerman Barat.

    Oleh otoritas Jerman Timur, Tembok Berlin dikatakan sebagai "Benteng Proteksi Anti-Fasis" (bahasa Jerman: Antifaschistischer Schutzwall), yang menyatakan bahwa negara Jerman Barat belum sepenuhnya dide-nazifikasi. Pemerintah Kota Jerman Barat kadang-kadang mengatakan Tembok Berlin sebagai "Tembok Memalukan"—sebutan yang dicetuskan oleh Walikota Willy Brandt—untuk mengutuk tembok ini karena membatasi kebebasan bergerak. Bersamaan dengan Tembok Pembatas Antar Jerman yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur, kedua tembok pembatas ini menjadi simbol "Tirai Besi" yang memisahkan Eropa Barat dengan Blok Timur selama Perang Dingin.

    Sebelum pembangunan tembok ini, ada sekitar 3,5 juta warga Jerman Timur yang bermigrasi dan membelot ke barat, salah satunya dengan melewati perbatasan Jerman Timur dan Jerman Barat, lalu kemudian mereka pun bisa pergi ke negara Eropa Barat lainnya. Antara tahun 1961 dan 1989, tembok ini pun mencegah hal itu. Di rentang waktu kira-kira 30 tahun ini, ada sekitar 5.000 orang yang mencoba kabur, dengan estimasi ada 100 sampai 200 orang yang meninggal karena ditembak.

    Pada tahun 1989, ada perubahan politik radikal di kawasan Blok Timur, yang berhubungan dengan liberalisasi sistem otoritas di Blok Timur dan juga mulai berkurangnya pengaruh Uni Soviet di negara-negara seperti Polandia dan Hungaria. Setelah kerusuhan sipil selama beberapa minggu, pemerintah Jerman Timur mengumumkan tanggal 9 November 1989 bahwa rakyat Jerman Timur boleh pergi ke Jerman Barat dan Berlin Barat. Maka, kerumunan orang Jerman Timur pun menyeberangi dan memanjat tembok itu, diikuti pula dengan warga Jerman Barat di sisi lain untuk merayakan atmosfer kebebasan. Beberapa minggu setelahnya, euforia publik dan pemburu souvenir akhirnya meretakkan bagian-bagian tembok itu. Nantinya, sebagian besar tembok ini dihancurkan oleh pemerintah menggunakan alat berat. Kejatuhan dari Tembok Berlin membuka jalan terbentuknya Reunifikasi Jerman, 3 Oktober 1990.



    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Mon Nov 24, 2014 6:16 am

    Henri de Toulouse-Lautrec Ulang Tahun ke-150 Jadi Google Doodle Hari Ini


    Henri de Toulouse-Lautrec (lahir di Albi 24 November 1864; meninggal di Chateau de Malrome 9 September 1901) adalah seorang pelukis, ahli grafis, dan pelukis poster Perancis di akhir abad 19.

    Riwayat Hidup Ringkas

    Henri de Toulouse-Lautrec adalah anak dari keluarga yang makmur sehingga tidak ada hambatan berarti dalam belajar. Hal ini juga yang membuat ia tidak memiliki kesulitan untuk menikmati hidup dan mengamati kehidupan orang-orang yang dilukisnya, yaitu di klub, di cafe, dan di panggung tari. Ketika de Toulouse-Lautrec menginjak usia 14 tahun, ia mengalami patah pada kedua kaki.

    Hal tersebut membuat ia memilih bidang yang tanpa harus menggunakan kakinya terlalu banyak, yaitu melukis. Ia menjadi tokoh yang penuh pengabdian terhadap pekerjaannya. Gaya lukisannya beraliran impresionisme. Ia sering membuat lukisan dengan papan kayu bergaya Jepang. Hal ini menjadikannya pelukis yang khas dan original. Ia melakukan akrivitas melukisnya di daerah yang banyak dikunjungi orang, di tengah keramaian, misalnya di daerah Montmartre, seperti di Moulin Rouge. Objek lukisannya banyak bicara tentang dunia perempuan, misalnya ia melukis biduan-biduan, pelacur, penari, artis sirkus, dan perempuan yang biasanya hadir di acara olah raga [pacuan kuda]. Ia menggambarkan watak dan karakter objek yang ia lukis secara mendalam baik dengan melukis secara proporsional sesuai asli maupun dalam lukisan karikatur. Ia menciptakan kurang lebih 1000 lukisan dan 5000 gambar serta\'\' 350 poster selama hidupnya.

    Beberapa subjek yang ia lukis, biduan-biduan di kota Paris, Yvette Guilbert, Jane Avril, dan la Goulue. Toulouse-Lautrec juga mengerjakan lukisan yang diperuntukkan sebagai iklan atau reklame. Lukisannya sangat berpengaruh dalam dunia komersial.


    Kesehatan

    Lautrec lahir dari pasangan yang terhubung dengan ikatan keluarga yang dekat, sehingga ia mewarisi kelainan genetik yang menghambat perkembangan tubuhnya. Sementara bagian tubuh ke atas berkembang seperti orang dewasa, kedua kakinya tidak tumbuh sehingga seperti kaki anak kecil. Di umur 13, ia mematahkan kaki kanan, sementara di umur 14, ia mematahkan kaki sebelah kiri. Hal ini membawa kecurigaan adanya kelainan genetis yang dialami Lautrec, kemungkinan pycnodysostosis, yang dikenal juga dengan nama Sindrom Toulouse-Lautrec. Ia juga dilaporkan terkena masalah pembesaran (hipertrofi) alat kelamin.

    Kondisi fisiknya yang tak proporsional membuatnya larut dalam kecanduan alkohol. Awalnya hanya bir dan anggur, namun lama kelamaan, ia mulai meminum alkohol yang lebih keras. Kesehatannya terus memburuk sehingga terjangkit sipilis sehingga perlu dirawat di sanatorium menjelang akhir hidupnya.

    ~wikipedia

    online

    452
    27.08.09

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  online on Tue Dec 16, 2014 6:09 am

    Wassily Wassilyewich Kandinsky Tahun ke-148 Jadi Google Doodle Hari Ini


    Wassily Wassilyewich Kandinsky atau Vasily Vasilyevich Kandinsky adalah seorang seniman kelahiran Moskow, Rusia pada tanggal 16 Desember 1866 dan meninggal di Neuilly-sur-Seine, Perancis pada tanggal 13 Desember 1944. Kandinsky adalah salah satu seni pure abstraction (abstraksi murni) dalam seni lukis moderen. Setelah sukses mengadakan berbagai eksebisi avant-garde, dia membentuk sebuah kelompak berpengaruh di kota Munich yang bernama Der Blaue Reiter (The Blue Rider; 1911–14) dan memulai secara total membuat lukisan aliran seni abstrak. Gaya pelukisannya berubah dari fluida dan organik menjadi geometris hingga akhirmnya menjadi berunsur [[piktogram]. Kandinsky mulai pendidikan resminya dalam dunia seni ketika ia berada di kota Munich. Di sana, ia bergabung dalam sebuah sekolah seni lukis swasta prestisius dan kemudian bergabung dalam Munich Academy of Arts.

    Namun, lebih banyak pengetahuannya ia dapatkan melalui belajar mandiri. Dia mulai melukis dengan tema konvensional tapi sembari demikian ia membentuk teori-teori yang berasal dari pelajaran spiritual dan hubungan yang intim antara musik dan warna. Teori-teori tersebut berkembang sepanjang abad ke 20 dan menjadikannya Bapak Seni Abstrak.

    ~wikipedia


    jakarta

    514
    23.04.10

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  jakarta on Wed Feb 18, 2015 9:31 am

    Alessandro Volta Penemu Baterai Ultah ke-270 di Google Doodle Hari Ini


    Alessandro Volta penemu baterai pertama dirayakan ultahnya yang ke-270 di Google doodle hari ini. Ketika Anda membuka halaman utama Google, terdapat gambar animasi unik yang tidak hanya menampilkan bentuk baterai volta, tetapi juga rumus elektroda yang menyusunnya.

    Google hari ini memperingati ulang tahun Alessandro Volta yang jatuh pada 18 Februari 1745. Ketika Anda masuk ke halaman utama pencariannya, terlihat ada elektrisitas yang mengalir dalam baterai volta temuan sang ilmuwan, yang kemudian membuat logo Google menyala. Di samping itu pada kedua sisi terdapat rumus seng (Zn —-> Zn2+ + 2e−) dan asam sulfat (2H+ + 2e−–> H2).

    Sepanjang hidupnya hingga meninggal pada 5 Maret 1827, Volta yang seorang fisikawan terkenal asal Italia memberikan sumbangsih besar terhadap kehidupan manusia. Pada 1777, Volta mempelajari kapasitansi listrik dan mengembangkan makna tentang potensial listrik (V) dan muatan (Q). Atas jasanya, hingga kini nama Volta diabadikan sebaagi satuan beda potensial listrik, volt.

    Penemuannya terhadap baterai dimulai pada tahun 1791 ketika Volta meneliti ulang penemuan Luigi Galvani tentang listrik hewan, fenomena yang timbul ketika dua logam berbeda dihubungkan secara resi pada kaki katak. Dari percobaan ini, Volta mengungkap hika kaki katak bisa menjadi konduktor dan detektor listrik secara bersamaan.

    Volta kemudian melakukan penelitian lanjutan hingga akhirnya menggagas tumpukan volta, baterai listrik pertama. Baterai tersebut terdiri dari dua elektroda yang terbuat dari seng dan tembaga. Penemuan besar Volta tersebut terus menjadi inspirasi hingga penemuan-penemuan berikutnya di era yang lebih modern.

    ~sidomi.com

    jakarta

    514
    23.04.10

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  jakarta on Sun Mar 08, 2015 7:12 pm

    Google Ikut Merayakan Hari Perempuan Internasional


    Google selalu mengapresiasi perayaan hari-hari besar. Misalnya hari ini, Ahad, 8 Maret 2015 yang merupakan Hari Perempuan Internasional.

    Dilansir NDTV, Minggu, 8 Maret 2015, Google mengganti tampilan gambar Google Doodle menjadi berbagai macam animasi kegiatan perempuan, seperti perempuan pelukis, ilmuan, koki, pengajar, pemusik, bahkan olahragawan.

    Gambar tersebut sama dengan tema Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Hari Perempuan Internasional tahun ini, yaitu pemberdayaan perempuan.

    Gambar tersebut seperti menyiratkan pesan bahwa perempuan bisa melakukan banyak hal. Tahun lalu Google merayakan Hari Perempuan Internasional dengan menampilkan lebih dari 100 tokoh perempuan terkenal, termasuk peraih Nobel, Malala Yousafzai, dan legenda Bollywood, Asha Bhonsle.

    Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan di Chicago, Amerika Serikat, tepatnya pada 3 Mei 1908. Kemudian pada 1914, secara meluas Hari Perempuan Internasional mulai dirayakan pada 8 Maret.

    ~tempo.co


    Sponsored content

    Re: Google Doodle Hari Ini

    Post  Sponsored content Today at 6:51 am


      Waktu sekarang Fri Sep 30, 2016 6:51 am