Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Banyak Minum Air Putih Dorong Orang Pilih Makanan Sehat

    Share

    clara

    945
    23.01.09

    Banyak Minum Air Putih Dorong Orang Pilih Makanan Sehat

    Post  clara on Fri Jun 29, 2012 8:11 am


    Para dokter selalu menyarankan untuk banyak meminum air putih daripada meminum soda, jus kalengan atau minuman dalam kemasan lainnya. Selain memang terbukti menyehatkan, banyak minum air putih membuat orang cenderung memilih makanan yang sehat.

    Dalam dua penelitian terbaru, peneliti menemukan bahwa pilihan seseorang terhadap makanan dan minuman mempengaruhi pola makannya seumur hidup. Penelitian yang dipimpin oleh Bettina Cornwell, PhD, dari University of Oregon dan Dr Anna R. McAlister dari Michigan State University ini menyoroti bagaimana sebuah keputusan sederhana mengenai pilihan minuman bisa mempengaruhi kebiasaan makan yang buruk.

    Penelitian pertama melibatkan 60 orang dewasa yang berusia 19 - 23 tahun. Peneliti berfokus pada minuman dan pengambilan keputusan untuk memilih makanan. Hasilnya menyimpulkan bahwa keputusan untuk minum soda memicu seseorang untuk makan makanan asin dan berkalori tinggi. Soda dan kentang goreng berpasangan seperti halnya kacang polong dan wortel. Namun soda tidak cocok berpasangan dengan sayur.

    Penelitian kedua difokuskan pada 75 anak prasekolah berusia 3 - 5 tahun. Peneliti ingin melihat apakah pilihan minuman mempengaruhi kebiasaan makan. Rata-rata, anak-anak yang suka makan sayur lebih banyak minum air dibandingkan minum jus atau minuman manis. Peneliti lantas berpendapat, membiasakan diri minum air putih sejak dini dapat menjaga kondisi kesehatan anak seumur hidupnya.

    Soda dan jus banyak mengandung gula yang dapat menyebabkan diabetes dan obesitas. Kebiasaan mengkonsumsi minuman manis ditambah makanan asin selama masa kanak-kanak akan diperkuat ketika beranjak dewasa. Pada akhirnya, kebiasaan ini memicu pola hidup yang tidak sehat.

    "Sayuran sering dicitrakan sebagai makanan yang buruk. Dalam restoran cepat saji, menu sayuran ditawarkan sebagai menu yang mudah dan juga murah," kata Dr Cornwell seperti dilansir Medical Daily.

    Dr Cornwell dan Dr McAlister menggarisbawahi bahwa merk memiliki pengaruh besar yang ikut menentukan kecenderungan seseorang memilih makanan atau minuman. Anak-anak zaman sekarang lebih mudah mengingat merk soda dan nama restoran cepat saji tetapi sulit mengingat jenis-jenis sayuran.

    Kedua penelitian ini bertujuan mempromosikan minum air putih sebagai cara hidup yang sehat. Restoran cepat saji sebaiknya memberikan pilihan air putih kepada anak-anak. Minuman lain seperti jus atau soda bisa dijadikan sebagai menu alternatif yang dikenakan biaya tambahan.

    Dalam lingkungan keluarga, air minum sebaiknya dijadikan pilihan utama setiap kali menyediakan santapan makanan. Selain itu, sebaiknya kurangi atau minimalkan konsumsi soda atau jus untuk anak-anak.



      Waktu sekarang Mon Dec 05, 2016 5:23 am