Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Khasiat Sereh Wangi
Today at 5:37 pm by flade

» Pria Ini Menghasilkan 38 Juta Per Hari Sambil Jalan-jalan Keliling Dunia!
Fri Jan 20, 2017 11:19 am by jakarta

» 'Game Mode' di Windows 10 Bisa Bikin PC Ngebut
Mon Jan 16, 2017 1:24 pm by via

» 10 Rumus Kehidupan Ini Akan Buatmu Lebih Bijaksana dan Bahagia
Mon Jan 16, 2017 1:18 pm by via

» Korowai Tribe
Tue Jan 10, 2017 1:25 pm by via

» Cinta "Terlarang" Bung Karno dan Penari Istana
Tue Jan 10, 2017 1:02 pm by via

» 7 Rahasia Wanita yang Tidak Akan Diceritakan ke Pasangannya
Tue Jan 10, 2017 12:44 pm by via

» Ini Shampo Untuk Mengatasi Kulit Kepala Gatal
Tue Jan 10, 2017 12:30 pm by lanang

» Sejarah Koteka
Tue Jan 10, 2017 12:23 pm by lanang

IKLAN ANDA


    Ini yang Bikin Orang Nggak Bisa Tidur

    Share

    ibrahim_yusuf

    3
    16.07.12

    Ini yang Bikin Orang Nggak Bisa Tidur

    Post  ibrahim_yusuf on Sat Jul 21, 2012 3:09 pm


    Orang seringkali mengira dirinya terkena insomnia jika tak bisa tidur di malam hari, padahal banyak hal yang bisa jadi pemicu. Ketahui apa saja penyebab orang sulit tidur.

    Mendapatkan waktu tidur yang cukup tidak hanya membuat orang segar dan semangat di pagi hari, tapi juga membantu tubuh meregenerasi sel-sel serta\' meningkatkan sistem imun.

    Meski begitu tak jarang beberapa kadang harus berjuang keras agar bisa tidur nyenyak di malam hari. Berikut ini beberapa kondisi yang bisa membuat orang sulit tidur, seperti dikutip dari psychologytoday, yaitu:

    1. Mendengar suara jam berdetak
    Suara detak jam yang berbunyi kadang bisa membuat sulit tidur karena berisik atau mengganggu, terlebih ketika seseorang terbangun dan mengetahui waktu yang tersisa untuk tidur tidak terlalu banyak maka ia akan semakin sulit untuk tidur sehingga hanya mendapat waktu tidur sedikit.

    2. Efek kafein jangka panjang
    Efek kafein yang dikonsumsi setiap orang berbeda, ada yang hanya jangka pendek tapi ada pula yang bisa bertahan lama. Rata-rata efek dari kafein ini sekitar 5 jam, namun kadang ada yang bisa sampai 7-10 jam. Kondisi ini membuat kafein tetap berada di dalam darah meski minuman tersebut dikonsumsi saat siang atau sore hari, sehingga membuatnya sulit tidur.

    3. Merokok
    Memiliki kebiasaan merokok bisa membuat seseorang suit tidur ketika malam hari. Nikotin dalam rokok memiliki efek merangsang sistem saraf. Ironisnya, karena nikotin dalam aliran darah berkurang sepanjang malam maka terjadi gejala penarikan (withdrawal) yang membuat otak terbangun 15-20 kali lebih sering.

    4. pikiran\'
    Apa yang seseorang pikirkan bisa membuatnya stres, depresi atau kecemasan yang membuat ia tidak bisa tidur dengan baik dan nyenyak. Hal-hal yang bermain di dalam pikirannya ini akan mengambil waktu istirahat. Jika mengalami banyak pikiran\', cobalah melakukan yoga, relaksasi atau aktivitas yang bisa menenangkan indera.

    5. Kondisi lingkungan
    Penyebab orang tidak bisa tidur tak hanya datang dari dirinya sendiri tapi juga bisa dari lingkungan seperti udara terlalu dingin atau panas, cahaya terlalu terang atau suara dari luar yang berisik.

    6. Sakit
    Beberapa penyakit fisik seperti artritis, sakit punggung, sakit kepala atau sakit gigi bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan menjadi alasan mengapa ia tidak bisa tidur. Jika sudah sangat mengganggu sebaiknya konsultasikan ke dokter agar diberikan resep untuk mengurangi rasa sakit.




      Waktu sekarang Tue Jan 24, 2017 10:08 pm