Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Makan Cokelat Jauhkan Pria dari Stroke

    Share

    lizarni

    44
    24.06.12

    Makan Cokelat Jauhkan Pria dari Stroke

    Post  lizarni on Tue Sep 04, 2012 8:41 am


    Cokelat sudah lama diketahui memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, diantaranya menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mencegah penuaan dini.

    Tak hanya berhenti sampai disitu, sebuah studi baru menemukan bahwa cemilan kesukaan anak-anak dan orang dewasa ini juga dapat menurunkan risiko penyakit stroke jika dikonsumsi dalam jumlah besar, terutama bagi pria.

    Untuk memperoleh kesimpulan itu, studi yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology ini mengamati pola makan lebih dari 37.000 pria Swedia berusia 39-75 tahun. Partisipan juga ditanyai tentang berbagai jenis makanan dan minuman yang dikonsumsinya, terutama cokelat lalu mengulas rekam medis mereka selama 10 tahun belakangan.

    Hasilnya, risiko stroke pria yang mengonsumsi cokelat terlihat lebih rendah, terutama yang makan cokelat dalam porsi besar. Dalam studi ini, partisipan yang makan porsi cokelat terbesar yaitu sepertiga cangkir tiap minggunya berisiko stroke 17 persen lebih rendah dibandingkan partisipan yang tidak mengonsumsi cokelat sama sekali.

    Peneliti pun membandingkan temuan mereka ini dengan hasil studi-studi sebelumnya yang lebih banyak mengemukakan kaitan antara konsumsi cokelat dengan risiko stroke pada wanita saja.

    "Sementara studi lain seringkali mengamati bagaimana cokelat dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular pada wanita, studi ini adalah yang pertama menemukan bahwa cokelat juga bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke pada pria," ungkap salah satu peneliti dari Karolinska Institute di Stockholm seperti dilansir dari abcnews.

    Istimewanya, studi ini juga menemukan bahwa efek cokelatnya tak hanya didapatkan pada cokelat hitam karena justru 90 persen cokelat yang dikonsumsi partisipan dalam studi ini adalah cokelat susu. Padahal studi-studi sebelumnya lebih sering menekankan bahwa pengurangan risiko stroke itu dikaitkan dengan konsumsi cokelat hitam.

    Meski begitu, sejauh ini para pakar sepakat bahwa manfaat luar biasa dari cokelat itu berasal dari kandungan flavanoidnya yang bersifat antioksidan, anti-pembekuan darah dan anti-peradangan. Padahal flavanoid sendiri paling banyak ditemukan pada cokelat hitam.

    Dr. Roger A. Brumback, seorang profesor di bidang patologi, psikiatri dan neurologi dari Creighton University Medical Center yang tak terlibat dalam studi ini pun mengomentari, "Tak semua orang tahu bahwa cokelat susu itu bisa menurunkan risiko stroke. Lagipula tak semua cokelat dibuat dengan kandungan yang sama."

    Menurutnya, kelebihan cokelat hitam bila dibandingkan cokelat susu adalah flavanoidnya tidak diencerkan dan tidak tercampur dengan susu. Komposisi kakao atau cokelatnya pun mencapai 35 persen, sedangkan pada cokelat susu, cokelatnya tak lebih dari 10 persen. Justru kalau pasien diminta untuk mengonsumsi lebih banyak cokelat susu maka sama saja dengan memberinya dosis gula yang lebih tinggi.



      Waktu sekarang Mon Dec 05, 2016 9:29 am