Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    5 Nutrisi Penting bagi Wanita Agar Tetap Sehat di Usia Tua

    Share

    bibang

    108
    20.08.11

    5 Nutrisi Penting bagi Wanita Agar Tetap Sehat di Usia Tua

    Post  bibang on Sun Sep 09, 2012 10:44 am


    Seiring pertambahan usia, risiko berbagai penyakit pada wanita juga makin meningkat. Beberapa penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, stroke dan kanker banyak menyerang setelah memasuki menopause. Tapi tenang, ada beberapa cara untuk menangkalnya.

    Penyakit jantung, baik serangan jantung ataupun gagal jantung adalah penyebab utama kematian di kalangan wanita. Sedangkan stroke adalah penyebab utama kematian ketiga.

    "Wanita memiliki jumlah estrogen yang terbatas setelah menopause. Begitu wanita kekurangan estrogen, risikonya terserang penyakit jantung meningkat," kata Dr Nereida Correa, ginekolog di Einstein College of Medicine seperti dilansir MyHealthNewsDaily.com.

    Ada 5 nutrisi yang dapat membantu melindungi wanita dari penyakit akibat penuaan, yaitu:

    1. Vitamin D
    Wanita yang kekurangan asupan vitamin D lebih rapuh tulangnya atau bisa terkena osteoporosis. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine menemukan bahwa meminum suplemen vitamin D dosis tinggi tiap hari bisa mengurangi risiko patah tulang pada wanita tua sebanyak 30 persen.

    Ada 3 cara alami untuk mendapat asupan vitamin D, yaitu dari kulit, dari makanan dan dari suplemen vitamin. Namun seiring penuaan, kemampuan kulit untuk memproduksi vitamin D berkurang. Asupan vitamin D dapat diganti dengan mengkonsumsi susu rendah lemak setiap hari.

    2. Kalsium
    Kalsium membantu tubuh membuat sel-sel tulang yang baru. Ketika mendekati menopause, kemampuan membuat sel-sel tulang yang baru menurun. Maka kalsium diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang. Kalsium dapat diperoleh dari susu dan suplemen.

    Kalsium juga dapat ditemukan pada tahu, sereal, kedelai dan sayuran seperti kangkung dan brokoli. Ikan dengan tulang lunak seperti sarden dan salmon juga ditemukan mengandung banyak kalsium.

    3. Asam lemak omega-3
    Sebuah penelitian tahun 2002 yang diterbitkan Journal of American Medical Association menegaskan bahwa asupan asam lemak omega-3 berkaitan dengan rendahnya risiko penyakit jantung pada wanita.

    Asam lemak omega-3 juga dapat membantu memperlambat penumpukan plak di pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa suplemen minyak ikan akan menurunkan lemak jahat sebanyak 20 sampai 50 persen. Makanan yang mengandung omega-3 adalah ikan salmon, nila atau codfish, serta\' minyak zaitun.

    4. Vitamin B12
    Wanita menopause umumnya kekurangan nutrisi tertentu dalam makanannya, termasuk vitamin B12. Akibatnya, risiko anemia akan meningkat. Penelitian menemukan bahwa wanita penderita anemia cenderung kurang mengkonsumsi protein, folat, zat besi, vitamin C dan vitamin B12.

    Wanita tua kebanyakan tidak memiliki cukup asam klorida di dalam perutnya untuk menyerap vitamin. Kurangnya asupan B12 ini berbuntut pada kelelahan, penurunan berat badan, penurunan daya ingat, demensia dan depresi.

    5. Asam folat
    Asam folat disebut juga Vitamin B9 dan dikenal sebagai nutrisi penting bagi wanita hamil. Namun vitamin ini juga diperlukan untuk wanita tua. Asam folat adalah pelindung jantung yang membantu membangun jaringan jantung yang baru. Selain itu, asam folat adalah vitamin B-kompleks yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah merah.

    Tanda-tanda kekurangan asam folat adalah anemia, penurunan berat badan, lemas, sakit kepala dan meningkatnya kadar homosistein dalam darah. Hal ini merupakan faktor risiko penyakit jantung. Asam folat dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau, jeruk, labu, buah, kacang-kacangan dan minyak zaitun.




      Waktu sekarang Tue Dec 06, 2016 7:08 pm