Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Susah Fokus dan Konsentrasi?

    Share

    kuning

    557
    07.10.09

    Susah Fokus dan Konsentrasi?

    Post  kuning on Wed Sep 12, 2012 8:55 am


    Saat tiba-tiba seseorang lupa akan sesuatu atau merasa kurang fokus dalam melakukan pekerjaan, pasti hal ini cukup mengganggu. Jika memang sering sulit konsentrasi, bisa jadi salah satu hal ini adalah penyebabnya.

    Penyebab paling umum dari gangguan konsentrasi dan sering lupa adalah stres atau kecemasan. Kondisi ini biasanya diatasi dengan menggunakan metode relaksasi dan gaya hidup sehat.

    Meski begitu ada hal-hal lain yang diketahui bisa menjadi penyebab seseorang sulit konsentrasi dan mudah lupa, seperti dikutip dari Health24, yaitu:

    1. Depresi
    Kurang fokus dan konsentrasi adalah salah satu gejala yang lebih umum dari depresi, sedangkan jika kadar depresi tergolong berat kadang bisa membuat orang tidak bisa bekerja atau belajar secara efektif dan memerlukan perawatan medis.

    2. Kurang tidur
    Pola tidur yang terganggu bisa membuat seseorang tidak fokus beraktivitas di hari berikutnya. Gangguan tidur berkepanjangan perlu bantuan dokter agar bisa mengetahui dan mengobati penyebab yang mendasarinya.

    3. Penyalahgunaan alkohol atau narkoba
    Ketergantungan alkohol dan narkoba bisa menyebabkan otak berfungsi kurang optimal, sehingga membuat seseorang sulit untuk fokus atau konsentrasi bekerja dan belajar.

    4. Perubahan hormon
    Perubahan hormon yang biasa terjadi pada perempuan ketika tengah hamil atau menjelang menstruasi bisa membuat ia sulit untuk fokus atau sering lupa.

    5. Menopause
    Berdasarkan sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh University of Rochester Medical Centre di Amerika Serikat menemukan menopause bisa menyebabkan gangguan sementara pada ketajaman mental yang mempengaruhi kemampuan konsentrasi seseorang.

    6. Gangguan tiroid
    Jika hormon tiroid tidak aktif berproduksi maka bisa mengakibatkan perubahan dalam aktivitas sel otak yang mempengaruhi kemampuan otak untuk berpikir dan konsentrasi.

    7. Anemia
    Gejala umum dari anemia atau kekurangan sel darah merah adalah lemah dan kelelahan, ini akibat oksigen tidak diangkut dengan benar dalam tubuh. Konsenkuensi lain dari kurangnya oksigen ini mengganggu kemampuan seseorang untuk berpikir dan berkonsentrasi. Kondisi ini bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup dan konsumsi suplemen gizi.

    8. Cedera kepala
    Cedera ringan di kepala bisa menyebabkan kebingungan sementara, namun jika cederanya serius seperti kecelakaan bisa menyebabkan kerusakan permanen yang membuat seseorang sulit konsentrasi. Pada orang yang sudah tua, terjatuh dan mengalami cedera adalah penyebab umum yang bisa membuat seseorang mengalami kebingungan.

    9. Demensia
    Penyakit seperti Alzheimer menyebabkan kerusakan di otak dan tanda-tanda pertamanya adalah kehilangan memori atau sering lupa. Jika seseorang sampai harus kehilangan ingatan atau memori maka ini bisa mengganggu kehidupan sosial, pekerjaan dan kualitas hidupnya.

    10. Stroke
    Stroke mengakibatkan masalah pada aliran darah yang menyebabkan perubahan pada organ seperti kehilangan memori atau gagal untuk konsentrasi. Umumnya terapi okupasi bisa membantu membangun kembali beberapa keterampilan mental.



      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 10:50 am