Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Cara-cara yang Dipercaya Bisa Atasi Cegukan

    Share

    kuning

    557
    07.10.09

    Cara-cara yang Dipercaya Bisa Atasi Cegukan

    Post  kuning on Wed Sep 19, 2012 11:46 am



    Seseorang kadang bisa sampai stres jika cegukan yang dialaminya tak kunjung hilang atau berhenti. Untuk itu ada beberapa cara yang sampai saat ini dipercaya bisa menghentikan cegukan.

    Cegukan adalah suara yang muncul hasil dari kontraksi diafragma yang tidak disengaja dan membuat kejang pita suara. Kontraksi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti terlalu banyak makan, konsumsi minuman berkarbonasi, stres atau perubahan suhu yang mendadak.

    Jika mengalami cegukan, maka ada beberapa cara yang dipercaya oleh masyarakat untuk mengatasinya, seperti dikutip dari Huffingtonpost:

    1. Bernapas

    Beberapa orang menghentikan cegukan dengan cara mengatur pernapasan, ada yang menahan napas sesaat lalu mengambil napas dalam-dalam dan menahannya kembali. Hal ini kemungkinan karena bernapas mengganggu impuls saraf dari otak ke diafragma sehingga menghentikan cegukan.

    2. Minum air putih

    Sebagian besar orang menghentikan cegukan dengan minum air putih, meski caranya berbeda-beda karena ada yang minum melalui sedota, minum ssegelas air tanpa henti atau minum air sambil menutup hidung dan menengadah ke atas.

    Diperkirakan ketika seseorang menelan maka ada perubahan sementara dalam pernapasan yang mungkin menimpa kejang di diafragma, hal ini yang mengganggu sehingga menghentikan cegukan.

    3. Makan sesuatu

    Ada yang bilang cegukan hilang dengan makan satu sendok teh gula pasir, sesendok selai kacang, es krim atau menggigit sepotong lemon. Namun sebenarnya tidak ada kemungkinan spesifik dari cara ini, hanya saja cara ini mirip seperti minum yang mana makan berpotensi mempengaruhi napas sehingga mengganggu diafragma untuk menghentikan cegukan.

    4. Menjulurkan lidah ke luar

    Saat seseorang menjulurkan atau menarik lidah keluar maka hal ini menstimulasi bagian dari tenggorokan yang terhubung ke rongga hidung atau disebut dengan nasofaring dan membuka bagian antara pita suara sehingga memberikan bantuan.

    5. Dikagetkan

    Ketika seseorang tak sengaja dikagetkan ada kemungkinan mengubah siklus pernapasan, atau yang kedua bisa juga dengan dikagetkan mempengaruhi mental seseorang. Namun belum diketahui bagaimana hal ini dapat menghentikan cegukan.

    6. Menekan telapak tangan

    Ada yang mengatakan cegukan hilang dengan menekan keras telapak tangan, ini dipercaya karena bisa mengalihkan perhatian dari sistem saraf terhadap cegukan menjadi sensasi rasa nyeri ringan sebagai gantinya. Beberapa ada juga yang menampar atau mencubit diri sendiri.



      Waktu sekarang Sun Oct 02, 2016 1:58 am