Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Rasakan Sensasi bajigur topping Durian bakar

    Share

    kellyn

    123
    25.01.09

    Rasakan Sensasi bajigur topping Durian bakar

    Post  kellyn on Wed Sep 19, 2012 7:22 pm

    Bandung dikenal sebagai gudangnya jajanan kreatif. Ikon ini bisa dibuktikan dengan olahan tradisional berupa bajigur yang dikombinasikan dengan durian. Anda pasti akan dibuat ketagihan.

    Selama ini, orang mengenal bajigur hanya berisi racikan gula merah dan perasan santan. Namun, ketika Anda melintasi jalan terusan Kopo, tepatnya Jalan Raya Katapang KM 11, ada kedai sederhana namanya Bajigur Durian Asoy. Tempat ini menyediakan aneka ragam minuman khas Sunda yang dikolaborasikan dengan durian.

    Soal rasa, Tutang Kusniadi, sang pemilik kedai, menjamin kelezatannya. Minuman yang paling diminati adalah bajigur dengan topping buah durian dan kelapa muda. Campuran bajigur, durian, dan kelapa muda ini memberikan cita rasa yang unik.

    Pengembangan bajigur durian ala Tutang kian digandrungi dengan hadirnya varian minuman dan kudapan lain yang berbasis durian. Semisal bajigur durian yang menjadi menu baru dengan genre dingin. Mendengarnya saja bisa membuat air liur menetes,apalagi kalau sudah dicicipi, Anda akan benar-benar dibuat ketagihan.

    Minuman ini sebenarnya sudah ada sejak 2009, tapi baru beberapa waktu belakangan booming. ”Waktu itu, modal saya Rp200.000. Awalnya, saya mengenalkan bajigur dengan tambahan durian di dalamnya. Karena selama ini orang bosan dengan bajigur yang dibuat dari santan kelapa dan gula aren saja, saya pun mewujudkan gagasan itu dengan tambahan durian,” kata Tutang.

    Sensasi bajigur durian semakin terasa ketika durian atau kelapa yang ditambahkan itu dibakar. Minuman lain yang juga patut dicoba adalah kala bendu atau kalapa beleum nggango kadu (kelapa bakar pakai durian) yang disajikan di dalam mangkuk beralas daun pisang. Sajian ini mirip penutup makan. Isinya terdiri atas dua daging durian bakar berukuran besar atau empat buah berukuran kecil, ditambah irisan daging kelapa bakar berwarna kecokelatan, dan ketan hitam. Setelah itu ditaburi kinca atau cairan gula merah.

    ”Untuk pemanisnya, saya menggunakan bahan gula aren setengah jadi yang diambil langsung dari air nila. Sentuhan tradisional ini tetap saya pertahankan, meski ketersediaan bahan bakunya sangat terbatas,” ujar dia.

    Untuk menikmati sensasi rasa durian bakar ini, Anda harus sabar menunggu. Sebab, proses pembuatannya memakan waktu antara 4-5 jam. Namun, jika stok yang tersedia masih ada, Anda tak perlu khawatir. Minuman ini sangat cocok dipadukan dengan kopi hitam pekat.

    ”Untuk menu yang memakai durian atau kelapa bakar, sebelum dimasukkan ke oven, durian terlebih dulu dilapisi aluminium foil sampai wanginya semerbak. Sensasi inilah yang biasanya membuat orang tergoda untuk datang ke sini,” kata dia.

    Kelezatan durian juga bisa dirasakan lewat sumur durjana atau kependekan dari susu, madu, durian, dan jahe nikmat. Nah, minuman ini dipercaya mampu memberi kesehatan bagi tubuh. Paling tidak, tubuh Anda terasa lebih fresh saat menikmatinya.

    Setiap minggu tempat ini dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah. Tak heran jika Tutang harus menyediakan sekitar 500 durian yang didatangkan dari Sumatera dan Jawa untuk memenuhi permintaan pelanggan. Apalagi, harga yang dibanderol tidak menguras kocek Anda. Untuk menikmati sensasi minuman bajigur durian bakar ini, Anda hanya butuh mengeluarkan uang sebesar Rp7.500-Rp15.000 per gelas.

      Waktu sekarang Sat Dec 03, 2016 9:22 am