Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Pantangan Saat Hati Sedang Meradang

    Share

    julia

    138
    25.06.11

    Pantangan Saat Hati Sedang Meradang

    Post  julia on Fri Oct 05, 2012 8:32 am


    Saat mengalami radang, fungsi hati sebagai bagian dari sistem metabolisme akan sangat terganggu. Tidak sembarang makanan boleh dikonsumsi, ada sebagian yang bisa memperparah kerusakan akibat radang hati atau disebut juga hepatitis.

    Hepatitis sendiri merupakan kondisi peradangan hati yang membuat fungsi metabolisme terganggu. Penyebabnya bermacam-macam seperti gangguan sistem imun dan kebiasaan minum minuman beralkohol, atau bisa juga karena infeksi virus hepatitis A, B dan C.

    Apapun penyebabnya, radang hati akan membuat sistem metabolisme tubuh tidak berjalan sesempurna. Karena itu, ada beberapa jenis makanan yang harus dibatasi karena jadi lebih sulit untuk dimetabolisme di hati.

    Beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat mengalami radang hati seperti termuat dalam buku Natural Liver Therapy dan dikutip dari Christopherhobbs,com, adalah sebagai berikut.

    1. Alkohol
    Semua jenis alkohol harus dimetabolisme di hati agar bisa dikeluarkan dari tubuh. Konsumsi alkohol berarti memberikan beban ekstra pada hati dan akan memeperparah kerusakan.

    2. Makanan pedas
    Cabai, merica dan bahkan bawang merah tidak dianjurkan bagi pengidap hepatitis. Bawang putih masih boleh, tetapi harus dibatasi. Jahe justru baik, karena memiliki efek protektif pada hati.

    3. Obat pereda nyeri
    Obat-obatan pereda nyeri seperti aspirin dan terutama yang mengandung asetaminofen bersifat toksik pada hati sehingga harus dihidnari.

    4. Obat antiradang dan antibiotik
    Selain pereda nyeri, obat-obat anti radang dan antibiotik banyak yang bersifat toksik pada hati. Konsulasikan pada dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat-obat yang dijual bebas.

    5. Gorengan
    Pada dasarnya semua makanan yang berminyak sulit dimetabolisme di hati, sehingga harus dihindari untuk mencegah kerusakan lebih parah.

    6. Kopi dan teh hitam
    Beberapa jenis minuman seperti kopi dan teh hitam bisa meningkatkan metabolisme tubuh, merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan suhu tubuh.

    7. Gula rafinasi
    Makanan yang mengandung gula rafinasi atau gula yang sudah dimurnikan seperti cakes, kue-kue dan juga es krim bisa menekan sistem imun, memacu metabolisme dan meningkatkan suhu tubuh. Buah segar lebih dianjurkan kalau ingin yang manis-manis.




      Waktu sekarang Sun Dec 11, 2016 6:51 pm