Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Orang Dewasa Bisa Tidur Sepulas Bayi, Ini Rahasianya

    Share

    zuko

    152
    25.06.11

    Orang Dewasa Bisa Tidur Sepulas Bayi, Ini Rahasianya

    Post  zuko on Sun Oct 14, 2012 1:13 pm


    Gaya tidur bayi yang pulas dan sangat dalam kadang membuat orang dewasa iri, terlebih yang mengalami kesulitan tidur. Tapi sebenarnya orang dewasa pun bisa lho tidur sepulas bayi. Bagaimana caranya?

    Berdasarkan analisis Warwick Medical School, Inggris, yang dilakukan pada Juli 2012 terhadap 24.434 perempuan dan 19.501 laki-laki di delapan lokasi global seperti Ghana, Tanzania, Afrika Selatan, India, Bangladesh, Vietnam, Indonesia serta\' Kenya, menunjukkan bahwa epidemik kurang tidur mempengaruhi 150 juta orang di negara-negara berkembang.

    Pada tahun 2030, jumlah ini diproyeksikan akan meningkat menjadi 260 juta. Bila Anda tak ingin menjadi bagian dari orang-orang yang kurang tidur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti dilansir timesofindia:

    1. Jam 7-8 pagi berjemur sinar matahari

    Sinar matahari pagi dapat membantu Anda tidur lebih baik di malam hari, karena jam biologis tubuh terutama diatur oleh terbitnya matahari. Jam ini terletak di otak dan membuat waktu yang tepat seperti jam tangan.

    Setelah matahari terbenam, jam akan memperingatkan tubuh untuk mengambil stok cadangan energi. Ketika tubuh menyadari bahwa cadangan energi sudah berkurang, ia memulai modus tidur untuk mengisi energi kembali.

    Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang kurang mendapatkan cahaya matahari dalam waktu yang lama tidak dapat menilai tingkat energi, sehingga gagal untuk memicu respons tidur pada waktu yang tepat.

    2. Jam 8-9 pagi olahraga

    Berolahraga di pagi hari akan meningkatkan kadar hormon seperti testosteron dan menciptakan asam laktat sebagai produk sampingan. Hormon-hormon ini menjadikan tubuh dalam keadaan siaga dan juga meningkatkan metabolisme, yang membantu membakar kalori sepanjang hari.

    Tahap energik di siang hari menempatkan Anda ke dalam tidur di malam hari, membiarkan Anda menyelesaikan empat tahapan siklus tidur. Di sisi lain, berolahraga dalam waktu tiga jam sebelum tidur dapat merangsang otot-otot jantung dan otak dengan melepaskan hormon aktivitas, sehingga sulit bagi Anda untuk tertidur.

    Jadi bila Anda mengalami kesulitan tidur, sebaiknya hindari untuk berolahraga di malam hari

    3. Jam 9-10 pagi sarapan sehat

    Menurut Dr Sanjeev Mehta, spesialis tidur di Lilavati Hospital, tidur dan sarapan saling terkait. Jika Anda kesulitan tidur, Anda mungkin tidak mendapatkan makan yang tepat di pagi hari.

    Dan jika Anda tidak makan dengan benar pada awal hari, Anda tidak akan mendapatkan istirahat yang baik. Hal ini karena tidur adalah sebuah proses.

    Melewatkan sarapan membuat tubuh berasumsi bahwa tubuh kekurangan stok makanan, yang dapat mengganggu metabolisme, melarang otak untuk bersantai atau menempatkan tubuh untuk tidur di malam hari.

    4. Jam 10 hingga siang hari saat bekerja

    Manfaatkan tingkat energi untuk memprioritaskan tugas-tugas yang Anda harus selesaikan pada hari itu, entah pekerjaa, tugas kuliah dan lainnya. Menunda-nunda tugas dapat membuat pikiran\' Anda lebih tertekan dan menyulitkan untuk tidur.



      Waktu sekarang Sat Dec 10, 2016 12:22 am