Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

IKLAN ANDA


    1 dari 6 Orang Langsung Pegang Ponsel Setelah Cebok

    Share
    avatar
    julia

    138
    25.06.11

    1 dari 6 Orang Langsung Pegang Ponsel Setelah Cebok

    Post  julia on Sat Oct 20, 2012 1:10 am


    Diperkirakan 1 dari 6 ponsel di Inggris tercemar Escherichia coli, bakteri yang banyak ditemukan pada kotoran manusia. Bisa disimpulkan, kebiasaan mencuci tangan pakai sabun setelah buang air besar belum diterapkan oleh semua orang.

    Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari London School of Hygiene & Tropical Medicine ini dirilis bertepatan dengan Hari Cuci Tangan Sedunia 15 Oktober silam. Penelitian dilakukan di 12 kota se-Inggris dan melibatkan 390 partisipan.

    Dari tiap partisipan, para ilmuwan mengambil sampel usapan pada ponsel dan telapak tangannya lalu memeriksanya dengan mikroskop di laboratorium. Para partisipan juga ditanyai beberapa hal terkait kebiasaan cuci tangan, termasuk setelah buang air besar.

    Menurut hasil pengamatan, 95 persen partisipan mengaku selalu cuci tangan pakai sabun seusai melakukan aktivitas apapun di toilet. Jika pengakuan ini benar, seharusnya sampel usapan yang diambil dari ponsel partisipan tidak akan terlalu banyak mengandung bakteri.

    Namun teranyata, hasil pemeriksaan di laboratorium menunjukkan 92 persen ponsel terkontaminasi oleh berbagai jenis bakteri. Bahkan 16 persen sampel dari ponsel dan tangan partisipan mengandung Escherichia coli, yakni bakteri yang ada di kotoran manusia.

    Secara alami, bakteri ini memang menghuni usus besar dan membantu proses pembusukan sisa-sisa makanan yang tidak dicerna. Namun jika tertelan lalu jumlahnya menjadi lebih banyak, maka bakteri ini bisa menyebabkan diare dan gangguan pencernaan lainnya.

    "Penelitian ini memberikan lebih banyak bukti, bahwa orang masih sering lupa mencuci tangan dengan bersih setelah buang air besar," tulis Dr Val Curtis, pakar kesehatan yang memimpin penelitian ini dalam sebuah rilis seperti dikutip dari Healthday.



      Waktu sekarang Wed Nov 22, 2017 6:10 pm