Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Apakah Bau Kaki Merupakan Salah Satu Gejala Diabetes?

    Share

    zuko

    152
    25.06.11

    Apakah Bau Kaki Merupakan Salah Satu Gejala Diabetes?

    Post  zuko on Fri Nov 09, 2012 9:08 am


    Aroma tak sedap dari kaki jelas dapat mengganggu penampilan dan membuat penderitanya merasa malu. Namun ternyata, bau kaki juga sering disebut-sebut sebagai salah satu gejala diabetes. Benarkah?

    Aroma kaki yang tidak sedap disebabkan oleh pertumbuhan bakteri dan jamur pada kaki yang lembab karena keringat. Tak hanya penderita diabetes saja, semua orang tentu bisa mengalami hal tersebut.

    Seperti yang dikutip dari lifescript, ada beberapa kasus bau kaki yang sering dihubung-hubungkan dengan penyakit diabetes kronis. Misalnya seperti infeksi kaki atau luka terbuka yang diakibatkan oleh kerusakan saraf. Infeksi tersebut biasanya juga disertai aroma kaki yang tak sedap.

    Penderita diabetes rentan mengembangkan masalah pada kaki karena kondisi yang disebut 'neuropati perifer'. Masalah serius dari kondisi ini dapat menyebabkan cedera kaki, yang juga dapat menyebabkan radang kulit atau infeksi.

    Selain itu, infeksi kaki pada penderita diabetes memerlukan waktu yang lama untuk sembuh karena dapat tumbuh jauh ke dalam jaringan. Dalam beberapa kasus parah, infeksi yang bertambah parah memerlukan amputasi.

    Seperti yang direkomendasikan oleh American Diabetes Association (ADA), ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat serta\' menghilangkan bau kaki bagi para penderita diabetes, antara lain:

    1. Jaga Kebersihan Kaki Anda
    Gunakan air hangat untuk mencuci kaki Anda. Pastikan untuk menjaga daerah antara jari kaki untuk tetap kering. Jika daerah ini lembab, akan semakin mudah terinfeksi.

    2. Gunakan Sabun Khusus
    Untuk hasil yang maksimal, ada baiknya jika Anda menggunakan sabun antibakteri dan sikat lembut untuk membersihkan kulit mati ketika mandi. Ingat, lakukan penggososkan secara perlahan.

    3. Potong Kuku Kaki Anda
    Potonglah kuku Anda benar, jangan sampai tumbuh ke dalam dan menusuk kulit jari kaki. Lebih baik memotong kuku dengan lurus dan tidak melengkung.

    4. Kenakan Kaus Kaki yang Tidak Berjahit
    Penderita diabetes harus menghindari mengenakan kaus kaki dengan jahitan di bagian pinggirnya. Jahitan tersebut dapat bergesekan dengan kulit dan menyebabkan lecet atau radang kulit lainnya.

    5. Ganti Kaus Kaki
    Jika pada siang hari Anda merasakan kaus kaki Anda lembab, segeralah untuk menggatinya dengan kaus kaki yang kering. Hal ini untuk menghindari terjadinya pertumbuhan bakteri dan aroma yang tak sedap.

    6. Olahraga dengan Berjalan Kaki
    Berjalan adalah salah satu latihan terbaik bagi penderita diabetes untuk kesehatan secara keseluruhan dan juga untuk kaki. Tetapi Anda perlu memastikan bahwa sepatu yang Anda kenakan sesuai.

    7. Pilih Sepatu yang Nyaman
    Pilihlah sepatu kanvas dengan sol bagian atas, memiliki ukuran panjang dan lebar yang tepat untuk kaki dan memiliki sedikit ruang untuk bergeser. Sepatu juga harus kokoh dan memiliki bantalan yang tepat.




      Waktu sekarang Thu Dec 08, 2016 1:02 pm