Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Santai Terus Tapi Cepat Lapar Berarti Kurang Olahraga

    Share

    julia

    138
    25.06.11

    Santai Terus Tapi Cepat Lapar Berarti Kurang Olahraga

    Post  julia on Sun Nov 11, 2012 1:38 pm


    Banyak waktu santai di hari libur berarti kebutuhan energi lebih sedikit dan porsi makan tidak perlu sebanyak hari biasa. Kalau porsi makannya tetap banyak dan cepat lapar padahal sedang santai, justru itu berarti kurang olahraga.

    Logika awam mengatakan banyak olahraga tentu akan menghabiskan banyak energi pula sehingga porsi makan meningkat dan cepat lapar. Karenanya banyak yang berharap dengan santai-santai maka energi ditak cepat habis dan kebutuhan untuk makan pun akan berkurang.

    Namun kenyataannya, olahraga ada bermacam-macam jenisnya dan pengaruhnya pada sistem metabolisme juga bervariasi. Sebagian memang bikin cepat lapar, tetapi ada juga yang justru menekan nafsu makan sehingga cocok bagi yang ingin membakar banyak kalori tetapi sekaligus ingin mengontrol pola makan.

    Penelitian terbaru yang dilakukan Barry Braun dari University of Massachusetts menunjukkan jenis olahraga aerobik sangat cocok bagi yang ingin cepat langsing. Olahraga ini efektif membakar kalori, tetapi terbukti bisa mengurangi nafsu makan sehingga tidak cepat lapar.

    "Tidak perlu diragukan lagi, olahraga bisa menekan rasa lapar," kata Braun yang merupakan direktur laboratorium metabolisme energi di kampusnya, seperti dikutip dari Daily Mail.

    Dalam penelitiannya, Braun meminta sejumlah relawan untuk jalan santai di atas treadmill selama 45 menit setiap hari. Dalam 12 pekan, pola makan para relawan diamati lalu dibandingkan dengan sejumlah relawan lain yang tidak melakukan rutinitas serupa.

    Hasil pengamatan menunjukkan relawan yang rutin melakukan olahraga ringan seperti jalan santai maupun aerobik cenderung memiliki nafsu makan lebih rendah. Diyakini, olahraga tersebut mempengaruhi pelepasan beberapa hormon pengendali rasa lapar seperti ghrelin, PYY dan GLP-1.

    Temuan ini membantah kekhawatiran bahwa olahraga bakal memicu rasa lapar dan perilaku makan berlebihan karena kebutuhan energinya lebih banyak. Yang benar adalah metabolisme energi jadi lebih efisien sehingga sinyal rasa lapar akan lebih sesuai dengan kebutuhan energi yang sesungguhnya.



      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 10:54 am