Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Tambang Garam Bawah Tanah “Wieliczka”, Krakow di Polandia.

    Share

    y3hoo

    486
    16.01.09

    Tambang Garam Bawah Tanah “Wieliczka”, Krakow di Polandia.

    Post  y3hoo on Mon Nov 26, 2012 8:57 pm


    Kota Kraków , dalam bahasa Jerman Krakau, dan orang Inggris menyebutnya dengan Cracow adalah merupakan kota yang terletak 10 Km di sebelah selatan Polandia. Kota ini sebagai ibu kota Provinsi Malokiepols dan merupakan salah satu kota tertua dan terbesar di Polandia. Dengan luas sebesar 326,8 km² kota ini berpenduduk lebih kurang 900.500 jiwa . Konon Kraków pernah menjadi ibu kota Polandia, walaupun nama kota Krakow sendiri tidak atau kurang populer atau dikenal banyak orang di Indonesia. Paling tidak, saya sendiri baru tahu ada kota yang bernama Krakow di Polandia, dan ternyata lebih luas dan ramai dibanding Warsawa, ibukota Polandia sekarang, yang justru sangat dikenal orang.

    Dikota Krakow inilah terdapat Wieliczka sebuah kawasan dengan penduduk sekitar 20.000 orang dan didirikan pada tahun 1290 oleh Adipati Przemys? II dari Polandia.

    Yang istimewa dari Wieliczka ini adalah, disitu terdapat Tambang Garam Wieliczka – salah satu pertambangan garam tertua di dunia

    Pada Perang Dunia II, tambang garam ini digunakan oleh para pasukan pendudukan Jerman sebagai pabrik yang memproduksi alat-alat perang.

    Tambang garam berlabirin kuno ini yang sangat memukau, menjadi inspirasi bagi adegan-adegan labirin dalam novel sejarah Boles?aw Prus tahun 1895, Pharaoh.

    Pada 1978 tambang garam Wieliczka dimasukkan ke dalam daftar\'\' Situs Warisan Dunia yang asli dari UNESCO.

    Tambang garam ini merupakan sebuah “kota bawah tanah” dengan gereja-gereja, danau, dan jalan-jalan kecil didalamnya. Kompleks tambang garam ini, demikian luas, sehingga memerlukan waktu minimum 3 jam untuk dapat melihat-lihat seluruh kompleks. Memasuki kompleks, di awali dengan cara menuruni tangga spiral yang berjumlah 380 anak tangga untuk sampai dilantai pertama bawah tanah sedalam 64 meter dibawah permukaan tanah.

    Yang sangat mengagumkan adalah, jauh dibawah tanah itu terdapat sebuah gereja yang cukup besar untuk digunakan oleh para pekerja tambang dijaman dahulu. Bila para turis ingin mengunjungi tambang garam ini sampai jauh kebawah, pintu masuknya terbagi dua. Satu pintu masuk bagi wisatawan yang datang berkelompok atau grup, dan pintu masuk lainnya dikhususkan bagi mereka yang datang secara perorangan. Bagi kelompok maupun perorangan disediakan pemandu khusus untuk menjelaskan keberadaan tambang garam ini dalam berbagai bahasa. Kunjungan diatur sangat tertib dan setiap kelompok grup mauoun kelompok perorangan harus memiliki jarak yang cukup, agar pada waktu selesai peninjauan dapat kembali dengan tertib pula dengan menggunakan Lift.

    Begitu menariknya melihat tambang garam ini dengan diiringi penjelasan yang detil dari satu lokasi ke lokasi lainnya, tidak menyebabkan rasa pegal telah menempuh jarak yang cukup panjang, 3 jam berjalan kaki. Itu tidak atau belum menjelajahi seluruh kompleks tambang. Secara keseluruhan kompleks tambang garam ini terdiri dari 3000 ruangan dengan jarak tempuh berliku-liku hampir sejauh 300 Km. Setiap tahunnya lebih dari 1 juta orang yang datang mengunjunginya. Tidak heran karena tambang ini tercatat sebagai “The First UNESCO World Natural and Cultural Heritage” pada daftar\'\' tahun 1978.

    Kota Krakow memang merupakan kota tujuan wisata di Polandia yang sangat populer. Populer, karena tidak hanya ada tambang garam yang sangat “sophisticated” dan menarik untuk dikunjungi, akan tetapi juga di Krakow terdapat konsentrasi kamp nya NAZI yang sangat terkenal dimuka bumi ini yaitu “kamp neraka Auschwitz.” Hampir setiap hari kamp ini ramai dikunjungi orang.

    Uniknya adalah walaupun tempatnya berdekatan, tidak semua orang yang datang untuk mengunjungi kamp NAZI, kemudian juga datang berkunjung ke Tambang Garam Wieliczka. Demikian pula mereka yang datang untuk berkunjung ke Tambang Garam , tidak serta\'\' merta mengunjungi pula kamp NAZI Auschwitz. Walupun Auschwitz jauh lebih terkenal dari pada kota Krakow sendiri.

    Namun demikian paling tidak, dengan melihat tambang garam ini, maka kita kemudian mengenal kota Krakow di Polandia yang ternyata lebih besar dan ramai dibanding dengan kota Warsawa yang merupakan ibukota Polandia.

    Jadi jangan lupa bila anda kebetulan berkunjung ke Polandia, harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke Krakow ! Terutama kunjungi juga tambang garam Wieliczka. Konon garam yang dihasilkan tambang ini rasanya “asin”.


    Spoiler:
    • kompas



      Waktu sekarang Sat Dec 10, 2016 4:16 am