Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Obat Diabetes Bisa Dipakai untuk Melawan Kanker Ovarium

    Share

    y3hoo

    486
    16.01.09

    Obat Diabetes Bisa Dipakai untuk Melawan Kanker Ovarium

    Post  y3hoo on Sat Dec 15, 2012 6:10 am


    Pengobatan kanker membutuhkan waktu lama dan memiliki efek samping yang menyakitkan. Saat ini, berbagai penelitian tengah dilakukan untuk menyempurnakan pengobatan kanker. Ada obat yang umum digunakan namun tak disadari memiliki khasiat anti kanker, yaitu obat diabetes.

    Tidak semua kanker bisa diobati dengan obat ini, melainkan hanya kanker ovarium saja. Hasil penelitian Mayo Clinic yang dimuat jurnal Cancer menemukan bahwa pasien kanker ovarium yang juga menderita diabetes ternyata hidup lebih lama dibandingkan pasien kanker ovarium lainnya karena meminum metformin.

    "Kami punya ide yang cukup baik bahwa metformin memiliki aktivitas anti-kanker karena banyak orang di seluruh dunia telah melaporkan hubungan antara asupan metformin dan efek perlindungan terhadap kanker selama beberapa tahun," kata Dr Sanjeev Kumar dari Mayo Clinic seperti dilansir Fox News.

    Kumar meneliti 239 orang pasien kanker ovarium, 61 di antaranya menggunakan metformin. Dibandingkan dengan 178 pasien lain, pasien yang meminum metformin memiliki tingkat kelangsungan hidup lebih tinggi. Sebanyak 67 persen peminum metformin dapat bertahan hidup lebih dari 5 tahun, sedangkan yang tidak minum metformin hanya 47 persen.

    Ketika mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti indeks massa tubuh atau tingkat keparahan kanker, peminum metformin 4 kali lebih mungkin bertahan hidup daripada yang tidak minum obat. Sayangnya, para peneliti tidak bisa mengatakan dengan pasti mengapa obat diabetes ini sangat protektif terhadap kanker.

    "Beberapa ahli menduga mungkin ada beberapa bagian obat yang aktif. Obat ini telah ditunjukkan dapat menghambat perluasan wilayah sel kanker dan tampaknya menghambat pasokan energinya," kata Kumar.

    Walau demikian, Kumar menegaskan bahwa metformin tidak akan menjadi obat untuk kanker ovarium. Namun obat ini berpotensi untuk kombinasi dengan perawatan kanker ovarium yang sudah ada agar pasien mendapat terapi yang baik secara menyeluruh.

    Metformin sendiri sudah dianggap sangat aman dan sudah digunakan untuk waktu yang lama. Obat ini merupakan obat diabetes yang paling sering diresepkan dan sudah banyak diteliti serta\' disetujui FDA, lembaga pengawas makanan dan obat-obatan di AS.




      Waktu sekarang Sat Dec 10, 2016 9:37 pm