Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» 'Game Mode' di Windows 10 Bisa Bikin PC Ngebut
Mon Jan 16, 2017 1:24 pm by via

» 10 Rumus Kehidupan Ini Akan Buatmu Lebih Bijaksana dan Bahagia
Mon Jan 16, 2017 1:18 pm by via

» Korowai Tribe
Tue Jan 10, 2017 1:25 pm by via

» Cinta "Terlarang" Bung Karno dan Penari Istana
Tue Jan 10, 2017 1:02 pm by via

» 7 Rahasia Wanita yang Tidak Akan Diceritakan ke Pasangannya
Tue Jan 10, 2017 12:44 pm by via

» Ini Shampo Untuk Mengatasi Kulit Kepala Gatal
Tue Jan 10, 2017 12:30 pm by lanang

» Sejarah Koteka
Tue Jan 10, 2017 12:23 pm by lanang

» Saat Fantastic Beasts Bertemu Harry Potter di Dunia Anime
Tue Jan 10, 2017 12:15 pm by lanang

» Modifikasi Knalpot Motor Untuk Performa Terbaik
Tue Jan 10, 2017 12:01 pm by flade

IKLAN ANDA


    Berlebihan Minum Kopi Bisa Merusak Mata

    Share

    kuning

    557
    07.10.09

    Berlebihan Minum Kopi Bisa Merusak Mata

    Post  kuning on Fri Dec 28, 2012 10:15 am


    Dalam kondisi mengantuk, kopi sangat berguna untuk menjaga agar mata tetap terbuka. Namun jangan terlalu banyak, sebab kandungan kafein di dalam kopi bisa memicu kerusakan mata yang kalau dibiarkan bisa menyebabkan kebutaan permanen.

    Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science menunjukkan adanya hubungan antara kelebihan kafein dengan kerusakan mata. Penelitian ini diklaim sebagai yang pertama kali dilakukan untuk mengamati hal itu.

    Kerusakan yang terjadi akibat terlalu banyak minum kopi berkafein tersebut adalah exfoliation glaucoma, yakni salah satu gangguan yang tercatat sebagai penyebab terbanyak dari kasus glaukoma sekunder di seluruh dunia yang ditandai dengan peningkatan tekanan bola mata.

    Adanya peningkatan tekanan bola mata bisa menyebabkan kebutaan kalau dibiarkan terus menerus tanpa mendapatkan penanganan. Tekanan tersebut bisa meningkat cukup tinggi, hingga cukup untuk merusak saraf optik yang ada di mata dan sekitarnya.

    Penelitian yang melibatkan 12 ribu partisipan ini dilakukan pada populasi Skandinavia. Diyakini, populasi ini mewakili populasi dengan konsumsi kopi berkafein paling besar di dunia dan sekaligus punya jumlah kasus exfoliation glaucoma yang paling besar.

    Hasil pengamatan menunjukkan, makin banyak mengonsumsi kopi berkafein maka peningkatan risiko exfoliation glaucoma juga meningkat. Namun efek serupa tidak teramati pada jenis minum lain yang juga mengandung kafein, seperti soda dan teh sehingga diyakini sebagai akibat dari kebanyakan minum kopi.

    "Konfimasi dari hasil penelitian ini pada populasi yang lain dibutuhkan untuk memastikan bahwa kopi berkafein bisa menjadi faktor risiko glaucoma yang masih bisa dihindari," kata Jae Hee Kang, ScD dari Brigham and Women's Hospital yang melakukan penelitian itu seperti dikutip dari Sciencedaily.

    Selain belum ada kesimpulan pasti, Kang juga tidak merinci seberapa banyak konsumsi kopi yang dikatakan terlalu banyak sehingga bisa meningkatkan risiko exfoliation glaucoma. Namun berbagai penelitian menunjukkan, konsumsi kopi lebih dari 5 cangkir/hari lebih banyak memberikan efek negatif daripada positifnya.






      Waktu sekarang Fri Jan 20, 2017 8:44 am