Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Sering Makan Roti Bakar Bisa Picu Kanker?

    Share

    online

    452
    27.08.09

    Sering Makan Roti Bakar Bisa Picu Kanker?

    Post  online on Sat Jan 05, 2013 2:14 am


    Makanan yang dibakar diketahui bisa menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya kanker di dalam tubuh. Jika seperti itu, apakah sering konsumsi roti bakar juga bisa menyebabkan kanker?

    "Mungkin. Tidak seorang pun dapat mengatakan dengan pasti," ujar Dr Paul Brent, kepala peneliti di Food Standards Australia and New Zealand (FSANZ), seperti dikutip dari abc.net.au.

    Dr Brent menuturkan hal ini karena belum ada yang menyelidiki apakah orang yang sering makan roti panggang memiliki risiko kanker lebih tinggi, serta\' tidak ada pula penelitian di laboratorium dengan menggunakan tikus.

    Meski begitu bahan kimia acrylamide yang dihasilkan dari proses pemanasan glukosa dan asam amino tertentu ditemukan pada roti bakar. Bahan kimia ini berpotensi membahayakan tubuh.

    "Tingkat acrylamide dalam makanan meningkat seiring dengan suhu memasak yang lebih tinggi dan waktu masak yang lama. Walaupun roti mengandung acrylamide lebih sedikit dibanding keripik dan kentang goreng," ungkap Dr Brent.

    Acrylamide yang digunakan dalam berbagai proses industri dan paparan tinggi diketahui bisa menjadi racun bagi sistem saraf hewan dan manusia. Tapi acrylamide dalam makanan umumnya tidak mencapai tingkat yang sama seperti industri.

    Selain itu membakar roti panggang juga mengandung sejumlah kecil polycylic aromatic hydrocarbons (PAHs) yang juga ditemukan dalam polutan udara. Beberapa dari jenis PAHs ini terbukti karsinogen (bahan kimia penyebab kanker).

    Salah satu PAHs yang paling terkenal adalah benzopyrene yang ditemukan pada tar batubara serta\' asap rokok. Zat ini dihasilkan ketika bahan organik tidak terbakar secara sempurna. Jika masuk ke dalam tubuh bisa memicu perubahan zat kimia dalam sel yang mengakibatkan kerusakan DNA dan nantinya memicu kanker.

    Brent memberikan saran sebaiknya hindari memanggang roti terlalu lama, serta\' jangan tergoda mengonsumsi roti bakar yang sampai hangus. Jika memang terlalu lama membakar, lebih baik membuang bagian roti yang terlalu hitam atau agak hangus.






      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 12:40 am