Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    4 Tempat Berburu Oleh-oleh Khas Palembang

    Share

    flade

    936
    23.09.09

    4 Tempat Berburu Oleh-oleh Khas Palembang

    Post  flade on Sat Feb 09, 2013 9:05 am


    Songket Palembang

    Pempek dan songket adalah beberapa cinderamata khas Palembang yang sering diincar banyak turis. Bingung mencari dimana? Inilah 4 tempat untuk berburu oleh-oleh khas Ibukota Provinsi Sumatera Selatan.

    Apa rasanya liburan ke Palembang tanpa membawa oleh-oleh khasnya. Di dalam suvenir, terdapat memori yang bisa mengenang perjalanan Anda. Biasanya, buah tangan yang selalu dibawa wisatawan dari Palembang adalah pempek, songket dan aneka aksesori khas Ibukota Provinsi Sumatera Selatan.

    Inilah 4 tempat yang bisa Anda kunjungi untuk berburu oleh-oleh khas Palembang:

    1. Pasar Cinde

    Pasar Cinde adalah pasar tradisional yang terdapat di Jl Jenderal Sudirman, Palembang, Sumatera Selatan. Ini adalah pasar tradisional yang sudah ada sejak 1958.

    Masuk ke dalam, Anda bisa melihat hiruk-pikuk kehidupan masyarakat Palembang saat berbelanja, dan tentu saja menemukan oleh-oleh khas.

    "Barang di Pasar Cinde lengkap, ada macam-macam barang, harganya juga standar," kata salah satu traveler yang pernah berkunjung ke Pasar Cinde, Putri Sandy kepada detikTravel.

    Pasar Cinde terdiri dari beberapa bagian. Di bagian atas, wisatawan bisa menemukan berbagai barang keperluan sehari-hari seperti sayur, buah, ayam dan masih banyak lagi. Di bagian luar ada toko yang menjual berbagai barang perlengkapan.

    Biasanya, pasar ini dikunjungi traveler yang ingin membeli pempek atau kerupuk khas Palembang sebagai buah tangan. Ya, bagian dalam pasar terdapat banyak kios yang menjual oleh-oleh jenis ini.

    Jika traveler ingin membawa makanan atau kue khas Palembang sebagai oleh-oleh, datang saja pada pagi hari. Saat itu ada banyak penjual kue dan makanan ringan yang menjajakkan barang di pasar.

    2. Pasar 16 Ilir Barat Permai

    Selain Pasar Cinde, tempat belanja lain yang juga bisa turis kunjungi untuk berburu oleh-oleh adalah Pasar 16 Ilir Barat Permai. Pasar ini berada di kawasan 16 Ilir, Palembang, tepatnya berada di belakang Ramayana.

    Pasar 16 Ilir menjual aneka barang yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh. Tak perlu takut soal harga, karena hampir semua barang dijual secara grosir. Pas untuk traveler yang ingin membeli cinderamata cukup banyak, tapi ingin mendapatkannya dengan harga miring.

    "Kebanyakan barang di Pasar 16 Ilir grosiran dan harga memang relatif murah," kata traveler lain yang pernah datang ke Pasar 16 Ilir, Riki Pahlevi Zain, kepada detikTravel.

    Pasar 16 Ilir diisi oleh ratusan ruko yang menjual aneka barang, termasuk turis yang ingin membeli emas Palembang.

    "Banyak toko emas di Pasar 16 Ilir," tambah Riki.

    Tak hanya emas, turis yang datang bisa menjelajah masuk ke dalam pasar dan menemukan tas, dompet, atau pun sarung khas Palembang. Yang tak kalah penting, Anda juga bisa menemukan songket Palembang yang sudah terkenal kualitasnya.

    "Kalau songket harganya variatif, ada yang ratusan ribu, ada yang jutaan, tergantung," kata traveler Putri Sandy yang juga pernah datang ke pasar ini.


    Pempek Candy

    3. Pempek Candy

    Nah, ini dia oleh-oleh wajib yang tidak boleh dilupakan pelancong saat traveling ke Palembang, yaitu pempek. Ya, traveling ke Palembang tanpa membawa pempek sebagai buah tangan memang tidak lengkap.

    Ada banyak tempat untuk mendapatkan pempek khas Palembang, tapi yang paling ramai dan banyak dikunjungi turis adalah Pempek Candy. Pempek Candy adalah toko pempek yang berada di Jl Jenderal Sudirman No 21.

    "Di sini jual pempek adaan, telur kecil, telur besar, lenjer panjang, kulit," kata salah satu pegawai Pempek Candy, Fenni saat dihubungi detikTravel.

    Tak hanya pempek, toko ini juga menjual makanan lain khas Palembang seperti tekwan, model dan aneka pindang.

    "Kalau pempek satuannya mulai Rp 3.000/buah, tekwan dan model Rp 12.000/mangkuk, dan pindang-pindangan Rp 25.000-32.500/buah," lanjut Fenni.

    Pempek yang dijual Pempek Candy bisa Anda bawa pulang dan bisa bertahan hingga 1 minggu di dalam freezer. Jika tidak berada di freezer, pempek ini bisa bertahan hingga 2 hari.

    Asyiknya, wisatawan yang datang tidak hanya bisa membawa pulang makanan ini sebagai oleh-oleh, tapi juga makan langsung di sana.

    "Di sana tuh penyajiannya kaya makanan di rumah makan Padang, tapi yang disajikan aneka jenis pempek, ada lenjer, kapal selam, kulit, macam-macam deh," kata Putri Sandy yang mengaku selalu mampir ke Pempek Candy saat datang ke Palembang.

    4. Outlet Nyenyes Palembang

    Kalau pempek tidak cukup sebagai oleh-oleh, turis juga bisa membeli suvenir lain yang tentu masih bernuansa Palembang, seperti kaus, stiker, atau gantungan kunci. Salah satu outlet yang menjual aneka suvenir jenis ini adalah Outlet Nyenyes Palembang.

    Outlet ini bisa Anda temui di Jl Jenderal Sudirman no 1080. Barang yang diincar adalah kaus. Beragam kaus bertuliskan atau bergambarkan hal yang identik dengan Palembang bisa Anda dapatkan di sini.

    Tak perlu takut soal kualitas dan model, barang-barang yang dijual Outlet Nyenyes mengikuti zaman. Beberapa kaus yang dijual di antaranya bertuliskan "Emang Gue Palembang", "Wong Kito Galo," dan bergambar Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota.

    Harga pun bervariasi. Biasanya, untuk satu kaus bergambarkan ikon Palembang dikenai harga Rp 85.000/buah. Tertarik?





      Waktu sekarang Thu Dec 08, 2016 7:06 am