Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

IKLAN ANDA


    Khasiat Gula Aren

    Share
    avatar
    online

    452
    27.08.09

    Khasiat Gula Aren

    Post  online on Fri Apr 12, 2013 9:09 am


    Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan. Gula aren dikenal masyarakat sebagai gula Jawa. Gula aren merupakan olahan nira pohon aren (enau) yang diambil dari tandan bunga jantan. Biasanya apabila tidak di bikin gula aren buahnya di bikin kolang kaling. Untuk mendapatkan Gula Aren ada beberapa tahapan yang harus dikerjakan dan ini memakan waktu yang cukup lama apabila mulai dari awal pengambilan nira.

    Pembuatan Gula Aren diawali dengan menaruh bambu atau wadah dibawah potongan tandan sekitar semalaman, kemudian paginya diperoleh air nira. Sebenarnya air nira ini sudah bisa di nikmati, karena rasanya manis dan segar.

    Setelah terkumpul kemudian dilakukan perebusan nira dalam sebuah wajan besar. Biasanya menggunakan kayu bakar dari kayu aren yang sudah tua. Hal ini agar proses pengolahan akan menjadi lebih cepat. Tapi perlu diperhatikan juga,Api tidak boleh terlalu besar karena menjadikan rasa gula yang dihasilkan menjadi pahit dan warnanya menjadi hitam.

    Proses pengolahan gula aren sudah selesai bila warna cairan menjadi pekat, dan selanjutnya yaitu menuangkan cairan gula pekat tersebut kedalam cetakan. Tunggu sampai mengeras dengan sendirinya.

    Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

    Banyak ahli kesehatan menyebutkan, bahwa jumlah kalori yang terkandung dalam gula aren lebih sedikit dibandingkan kalori yang terdapat dalam gula putih, dengan demikian gula aren lebih sehat dikonsumsi dan tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan. Selain itu salah satu unsur yang terkandung dalam gula aren memiliki fungsi untuk mengontrol dan membersihkan saluran pencernaan, mulai dari bagian lambung dan tenggorokan. Riboflavin yang merupakan salah satu unsur yang terdapat dalam gula aren, berfungsi melancarkan metabolisme dan mengoptimalkan fungsi sel, sehingga stamina tubuh tetap terjaga.

    Dengan demikian, mengkonsumsi gula aren dengan rutin sangat baik manfaatnya khususnya bagi penderita Epilepsi, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, maag, asam urat dan rematik.



      Waktu sekarang Sun May 28, 2017 7:23 pm