Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Ini Alasannya Mengapa Cinta Bisa Tingkatkan Kesehatan

    Share

    retnoanggraeni

    1
    03.05.13

    Ini Alasannya Mengapa Cinta Bisa Tingkatkan Kesehatan

    Post  retnoanggraeni on Fri May 10, 2013 11:57 am


    Cinta adalah perasaan positif yang bisa dirasakan semua orang. Namun cinta juga bisa berarti kata kerja yang mensyaratkan keaktifan seseorang untuk mengungkapkan kasih sayangnya. Tak hanya bisa membahagiakan, cinta juga bisa meningkatkan kesehatan.

    Seperti dikutip dari Huffington Post, berikut ini penjelasan ini bagaimana ccinta dapat meningkatkan kesehatan Anda menurut dr Cynthia Thaik:

    1. Cinta Dapat Meningkatkan Rasa Menghargai Diri

    Cinta dapat meningkatkan rasa untuk menghargai diri, hal ini mengarah pada hal yang lebih baik untuk merawat diri sendiri. Ketika mencintai diri sendiri, maka Anda akan lebih cenderung melakukan kegiatan yang baik seperti menjaga asupan nutrisi, menjaga kebugaran fisik, dan cenderung mengurangi gaya hidup yang tidak sehat.

    2. Cinta adalah Antidepresan

    Cinta dapat menetralkan respons yang tidak baik dalam diri. Seperti yang diketahui, stres level rendah pun dapat membuat tubuh melepaskan kortisol, yang mana pelepasan kortisol berhubungan dengan peningkatan risiko terkena tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, dan depresi.

    Cinta mendorong tubuh Anda untuk memproduksi oksitosin. Nah, oksitosin berguna untuk mengurangi stres kardiovaskular dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat menurunkan kematian sel dan inflamasi.

    Cinta juga dapat menciptakan norepinefrin dan dopamin (hormon yang terkait dengan adrenalin) di otak Anda, inlah yang menyebabkan peningkatan rasa sukacita dan bahagia.

    3. Cinta Mengurangi Kecemasan

    Rasa cinta dapat mengalahkan kecemasan dan depresi yang kemudian akan mengurangi gejala penyakit jantung. Dalam buku Love and Survival: Eight Pathways to Intimacy and Health, Dean Ornish, M.D menjelaskan bahwa terdapat satu studi pada pria menikah yang menderita angina (nyeri dada) ternyata mengalami penurunan jika mereka merasa dicintai oleh istri mereka.

    Hal ini juga terkait pada penyakit dengan faktor risiko tinggi seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

    4. Cinta Dapat Mengurangi Peradangan

    Selain mengurangi peradangan, cinta juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat menjadi pereda nyeri. Sebuah studi terbaru dari Institute for Behavioral Medicine Research di Ohio State University College of Medicine menunjukkan bahwa orang-orang yang merasa kesepian relatif lebih banyak mengembangkan reaktivasi virus laten daripada mereka yang banyak membangun relasi.

    Mekanisme yang mungkin terjadi pada tindakan ini termasuk pada kegiatan peningkatan pelepasan sitokin, relaksasi yang lebih baik, dan pelepasan endorfin.

    5. Tidur di Samping Orang yang Dicintai

    Tidur di samping orang yang Anda dicintai dapat membantu Anda menjadi lebih rileks dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Sejumlah penelitian sudah menghubungkan manfaat aktivitas ini bagi hormon oksitosin yang lebih baik.

    Istirahat yang cukup sangat penting untuk kesehatan jantung dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Tidur dengan baik akan membantu perbaikan dalam tubuh Anda.

    Nah, Untuk membangun lebih banyak rasa cinta dalam hidup, ini dia 5 cara yang dapat mendukungnya:

    1. Banyak-banyaklah Mencintai dan Memberi

    Jadilah pembawa kebahagiaan dan sukacita dalam kehidupan orang lain. Bermurah hati, baik dalam hal waktu dan uang. Lakukan semua itu dengan sukarela. Contoh sederhananya adalah dengan tersenyum.

    2. Berikanlah Pelukan dan Genggaman

    Melakukan kontak fisik dengan rasa cinta dan perhatian memiliki kemampuan untuk memperbaiki mood dengan cepat, menurunkan tingkat stres, dan membuat tubuh menjadi lebih santai. Cobalah untuk memeluk setidaknya satu orang yang Anda cintai setiap hari.

    3. Jadilah Lebih Ceria

    Bersikaplah lebih ceria dalam hubungan Anda. Ingatkan pasangan Anda tentang betapa pedulinya Anda pada mereka. Alokasikan waktu untuk mereka, meski sesibuk apapun Anda.

    4. Cintai Hidup Anda

    Mencintai hidup akan membawa lebih banyak kebahagiaan dalam hidup Anda setiap hari. Hidupkan hidup Anda dengan banyak tertawa, menari, bahkan mungkin menyanyi.

    Salah satu cara untuk mewujudkan hal ini adalah ketika tertawa, buatlah diri Anda benar-benar tertawa tanpa menahannya dan nikmatilah.

    5. Mencintai Diri Sendiri dan Bersikap Baik Kepada Diri Sendiri

    Mulai sekarang perlakukan diri Anda seperti Anda memperlakukan orang lain. Semakin Anda mencintai diri sendiri, Anda akan semakin mudah untuk mencintai orang lain. Semakin Anda banyak memberikan cinta, semakin banyak pula Anda mendapatkannya.





      Waktu sekarang Wed Dec 07, 2016 3:34 pm