Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Kacamata atau Lensa Kontak, Mana yang Lebih Aman?

    Share

    cisilia35

    18
    03.05.13

    Kacamata atau Lensa Kontak, Mana yang Lebih Aman?

    Post  cisilia35 on Wed May 22, 2013 11:44 am


    Seseorang yang memiliki gangguan penglihatan memerlukan kacamata atau lensa kontak untuk membantu melihat objek dengan jelas. Nah, mana yang lebih aman: kacamata atau lensa kontak?

    "Kacamata aman dari sisi medis, namun seringkali tidak nyaman terutama bila tebal. Lensa kontak bagi sebagian besar pemakai, terutama minus tinggi lebih nyaman, namun harus dengan perawatan yang baik, karena kontak dengan kornea lmembuat risiko iritasi dan infeksi lebih besar," terang dr Gitalisa Andayani SpM, spesialis mata dari Departemen Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo Kirana, dalam perbincangan dengan detikHealth.

    Untuk anak, lebih baik memakai kacamata atau lensa kontak? Menurut dr Gita, memakai kacamata lebih disarankan. Namun bila anak ingin memakai lensa kontak, pastikan dia cukup mandiri atau cukup dewasa untuk merawat.

    "Menurut kepustakaan, paling muda usia 11 tahun," ucap dr Gita.

    Untuk orang tua, dr Gita juga lebih menyarankan penggunaan kacamata. Sedangkan bagi orang yang memiliki minus tinggi, misalnya lebih dari 5, karena kacamata terkadang berat atau tidak nyaman maka lensa kontak bisa dimanfaatkan.

    Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih akan menggunakan kacamata atau lensa kontak, seperti dikutip dari Boldsky:

    1. Pandangan Lebih Luas dengan Lensa Kontak

    Lensa kontak membuat mata memiliki pandangan yang lebih luas. Hal ini dikarenakan lensa menempel di bola mata sehingga bisa mencakup pandangan dari semua sudut.

    2. Kacamata Melindungi Mata dari Cahaya Langsung

    Saat Anda bekerja di depan komputer, cahaya dari layar komputer langsung mengenai mata. Nah, bila Anda mengenakan kacamata, maka cahaya yang terus menerus tersebut tidak akan langsung mengenai mata. Dengan lapisan anti-silau, kacamata melindungi mata jauh lebih baik daripada lensa.

    3. Mata Kering karena Lensa Kontak

    Lensa kontak menghalangi oksigen masuk ke mata. Karena lensa tersebut melekat di bola mata, maka bisa membuat mata menjadi kering. Akibatnya Anda akan mengalami masalah mata merah, kering, dan gatal apabila memakai lensa kontak dalam waktu lama. Untuk mengurangi keluhan mata kering, pengguna lensa kontak umumnya sering menggunakan tetes mata.

    4. Kacamata Tak Bisa Membuat Anda Bebas Memandang

    Memang benar kacamata bisa memperbaiki keluhan rabun pada mata. Namun kacamata seolah membingkai pandangan penggunanya. Si pemakai tidak bisa melihat area di luar kacamatanya. Sedangkan bila Anda memakai lensa kontak, Anda bisa mengedarkan pandangan hingga 360 derajat.

    5. Mana yang Lebih Enak Dipakai Travelling?

    Mungkin Anda punya lensa kontak dan kacamata, tapi mana yang akan Anda bawa untuk travelling? Saat hujan, kacamata bisa basah dan bahkan berkabut sehingga mengganggu penglihatan.

    Tapi jika Anda bersepeda maka lensa kontak bisa lepas atau debu bisa masuk ke mata. Jika air hujan masuk ke mata saat Anda mengenakan lensa kontak, maka akan menghalangi pandangan.





      Waktu sekarang Mon Dec 05, 2016 5:19 am