Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Yang Perlu Dilakukan untuk Sembuhkan Anemia

    Share

    kuning

    557
    07.10.09

    Yang Perlu Dilakukan untuk Sembuhkan Anemia

    Post  kuning on Sat Jun 01, 2013 9:13 am


    Apakah Anda sudah mengetahui perbedaan anemia dan tekanan darah rendah? Ya, anemia adalah suatu kondisi tubuh di mana tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah atau hemoglobin (Hb) untuk membawa oksigen yang memadai ke jaringan tubuh. Sedangkan, tekanan darah rendah adalah lemahnya tekanan atau denyut jantung yang membawa darah ke seluruh tubuh.

    Lalu, apakah kedua penyakit yang hampir mirip gejalanya ini bisa diobati? Menurut Prof. Dr. dr. Budhi Setianto, Sp JP, FIHA dari Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, anemia khususnya dapat diobati dengan mengetahui sumber penyebabnya.

    "Kalau anemia menyembuhkannya gampang, tambah saja darahnya. Kalau tekanan darah rendah yang agak susah. Dalam artian begini, kalau anemia bisa diobati tergantung apa penyebabnya misalnya berak darah karena ambeien, kalau ambeiennya diobati tentu tidak berdarah lagi kan? Atau luka kecelakaan dijahit sehingga perdarahannya berhenti tentu tidak akan anemia lagi," jelasnya.

    Prof Budhi mengatakan dengan mengetahui sumber penyebab anemia maka anemia dapat segera ditangani, walaupun ada beberapa kasus khusus yang memerlukan perlakuan tertentu. Kalau pada tekanan darah rendah tidak perlu diobati sebab semakin tua pembuluh darah manusia akan semakin rapat sehingga tekanan darah pada jantung akan meningkat.

    "Berbeda pada tekanan darah rendah, jika dengan tekanan darah rendah masih bisa baik-baik saja tak masalah, karena terdapat beberapa orang yang memang terbiasa akhirnya dengan tekanan darahnya yang rendah," ujar Prof Budhi.

    Nah, selanjutnya untuk mengatasi anemia Prof Budhi pun mengingatkan untuk menjaga pola hidup sehat pada penderitanya. Selain itu penderita anemia pun disarankan untuk konsultasi pada dokter agar mengetahui jelas penyebab anemia sehingga dapat segera diatasi.

    "Gaya hidup sehat saja, gizi seimbang, tidak merokok, dan olahraga teratur. Tetapi, olahraga yang dinamik seperti jalan kaki, kalau tiba-tiba keliyengan ya harus istirahat dulu," tambah Prof Budhi.

    Ditambahkan oleh dr. Santoso Karo Karo SpJP MPH (K) olahraga memang tidak memiliki hubungan untuk meningkatkan darah. Dan sejalan dengan itu Prof Budhi pun mengatakan bahwa olahraga simpel seperti jalan kaki pun dapat menurunkan tekanan darah penderita.

    "Namun hal ini tergantung juga pada respon tubuh dan kondisi penderita. Sehingga jika ingin berolah raga, sebelumnya penderita anemia atau tekanan darah rendah sebaiknya melakukan treadmil tes dahulu ke dokter jantung agar tahu kondisi tubuhnya," tutup Prof Budhi.



      Waktu sekarang Sat Dec 03, 2016 2:58 am