Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Penyebab Utama Gigi Terasa Ngilu Setiap Kali Minum Air Es

    Share

    lea

    383
    Age : 31
    08.03.09

    Penyebab Utama Gigi Terasa Ngilu Setiap Kali Minum Air Es

    Post  lea on Wed Jun 12, 2013 7:40 am


    Sering merasakan nyeri atau ngilu menusuk pada gigi setiap kali mengonsumsi makanan/minuman panas, dingin atau terlalu asam? Bisa jadi pertanda gigi Anda sensitif.

    Gigi sensitif atau dentine hypersensitivity adalah rasa nyeri yang timbul akibat terbukanya lapisan dentin (batas antara gigi dan gusi) di bawah email gigi. Dengan terbukanya dentin, maka rangsangan dari makanan atau minuman akan langsung menuju syaraf dan menyebabkan nyeri. Ada beberapa faktor yang membuat gigi sensitif, dan umumnya karena kebiasaan menggosok gigi atau pemilihan sikat gigi yang salah.

    "Gosok gigi terlalu kuat yang menekan gigi dan gusi, juga penggunaan sikat gigi yang bulunya terlalu keras dan kaku adalah beberapa penyebab gigi sensitif," ujar Drg. Zaura Rini Anggraini MDS., saat acara peluncuran dua varian terbaru Pepsodent Sensitive Expert di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jl. Garnisun Dalam, Semanggi, Jakarta Selatan.

    Menggosok terlalu kuat akan membuat dentin gigi terbuka, juga membuat email gigi mengalami penipisan. Hal yang sama juga terjadi apabila Anda menggunakan sikat gigi yang terlalu kaku.

    Selain itu, peradangan gusi yang diakibatkan karang gigi juga bisa menyebabkan terjadinya gigi sensitif. Hal ini kerap terjadi ketika pembersihan karang gigi yang terlalu tebal.

    Saat dibersihkan, bagian yang terkena karang akan membuka sehingga terbentuk semacam celah. Dengan kata lain, gusi jadi menyusut. Ketika email terbuka, semua rangsangan yang masuk, baik itu dari makanan manis, panas, dingin atau bahkan terpaan angin akan langsung mengenai syaraf dan membuat ngilu atau nyeri.

    Gigi sensitif juga terjadi akibat penuaan, karena lapisan email yang menyusut seiring bertambahnya usia. Penyebab lainnya adalah bleaching, kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur dan proses bleaching atau pemutihan gigi yang terlalu sering.

    Dokter gigi yang akrab disapa Rini ini memberikan tips untuk mencegah gigi sensitif. Gosoklah gigi secara lembut dari arah gusi ke gigi, dikombinasikan dengan gerakan memutar seperti massage. Pilih sikat gigi berbulu lembut dan halus, serta\' hindari mengonsumsi makanan/minuman esktrem (soda, cuka, lemon) terlalu sering.



      Waktu sekarang Sat Oct 01, 2016 6:48 am