Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Kerugian dan Keuntungan Pakai Kartu Kredit Saat Belanja

    Share

    online

    452
    27.08.09

    Kerugian dan Keuntungan Pakai Kartu Kredit Saat Belanja

    Post  online on Sat Jun 22, 2013 9:44 am

    Hampir semua wanita atau pria yang bekerja memiliki kartu kredit untuk kemudahan bertransaksi. Sayangnya, sebagian dari mereka menyalahgunakan kartu kredit hingga akhirnya membuatnya terlilit hutang yang tentu menyebabkan pengaturan keuangan berantakan.

    Menurut psikolog klinis dan forensik, Kasandra Putranto, kartu kredit bisa membawa keuntungan tapi juga kerugian kalau tidak bisa mengontrol dirinya.

    "Kartu kredit bisa menjadi manfaat atau malapetaka. Kalau tahu bagaimana menggunakannya, bagaimana kita mengelola uang, kita belanja sekarang bayarnya nanti itu untuk memudahkan. 

    Selain itu, kartu kredit juga mempunyai keuntungan lain, seperti mendapat penawaran promo dari beberapa merek tertentu. Diskon tersebut bisa mereka manfaatkan untuk belajar belanja yang pintar agar mendapatkan barang murah tapi dibutuhkan.

    Di balik keuntungan memiliki kartu kredit tentu ada kerugiannya bila tidak bisa memanfaatkannya secara maksimal. Perencana Keuangan ternama, Aidil Akbar, menuturkan bahwa salah satu kerugian memakai kartu kredit saat belanja adalah membuat pemakainya menjadi konsumtif.

    "Kalau dipakai belanja sebenarnya konsumtif ya, kalaupun memang belanja disiapkan dulu bujet-nya, kalau saranku sih jangan, kalau belanja pakai kartu kredit, yang ada kamu sibuk bayar hutang," jelas Akbar ketika berbincang hangat dengan wolipop di resto Steakology, Tebet Raya, Jakarta Selatan, Senin (17/6/2013).

    Ini tentu membuat akan merugikan mereka karena harus selalu bayar hutang setiap bulan, terutama jika selalu belanja pakai kartu kredit. Jika pola itu berlangsung terus-menerus, Anda akan sulit menyisihkan uang untuk tabungan, investasi, ataupun dana darurat karena selalu mencicil hutang. Hal itu berarti Anda tidak bisa menggunakan fungsi kartu kredit dengan baik. 

    Pakar Ekonomi Mikro & Keluarga itu menyarankan sebaiknya memutus pola belanja menggunakan kartu kredit sampai cicilan kartu hutang tersebut lunas jika sudah merasa konsumtif. Setelah lunas, lebih baik menyiapkan bujet sendiri untuk belanja dan tidak kembali memakai kartu kredit kecuali bisa membatasinya.

    "Kalau pakai kartu kredit belanja dulu baru hutang, walaupun ada poin kredit, tapi kalau belanjanya nggak terlalu signifikan dan nggak bisa kontrol, jangan deh," saran pria lulusan Business Administrations dari Loyola Marymount University, Amerika Serikat, itu.

    Akbar menambahkan, kerugian memakai kartu kredit untuk belanja bisa menambah beban hutang Anda. Semakin sering Anda pakai, semakin bertumpuk hutang yang terkadang bisa mengacaukan pengaturan keuangan lainnya.

      Waktu sekarang Fri Dec 09, 2016 4:39 pm