Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Trik Menyiasati Hobi Ngemil yang Berlebihan

    Share

    flade

    936
    23.09.09

    Trik Menyiasati Hobi Ngemil yang Berlebihan

    Post  flade on Sun Jul 14, 2013 11:31 am


    Ngemil di waktu senggang sambil nonton TV memang paling nikmat dan mengasyikkan. Terlebih jika dikonsumsi bersama teman-teman dalam suasana yang menyenangkan. Namun jika terlalu berlebihan, camilan akan merugikan kesehatan dan membuat berat badan naik.

    Penulis buku 'The Snack Factor Diet', Keri Glassman mengatakan bahwa kunci ngemil yang benar terletak pada pemilihan makanannya. "Camilan tidak harus makanan ringan berkalori tinggi, bisa saja buah atau sereal gandum," ujarnya. Jangan sampai kalap, luangkan waktu untuk berhenti selama beberapa jam dan biarkan tubuh mengolahnya.

    Hal ini memang sederhana namun sulit dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya saat menemukan camilan, pasti langsung dihabiskan saat itu juga, bahkan kalau perlu menambah porsinya. Ada beberapa trik untuk mengatasi kebiasaan ngemil yang berlebihan:

    1. Sajikan Setengah
    Studi yang diterbitkan oleh American Dietetic Association menemukan bahwa cemilan yang disajikan setengah dari porsi normalnya, justru tidak dihabiskan. Hal ini berhubungan dengan jumlah makanan yang dikonsumsi, bukan ukurannya. Selain itu, timbul rasa sungkan untuk untuk menyajikan kembali cemilan tadi.

    2. Piring Kecil
    Trik lainnya untuk 'mengerem' nafsu ngemil adalah dengan mengakali ukurannya. Jangan pernah mengonsumsi cemilan langsung dari kemasannya. Sajikan di piring kecil sehingga Anda mengetahui sudah berapa piring yang telah diisi ulang.

    3. Kunyah Lebih Lama
    Mengunyah makanan lebih lama berfungsi untuk membuat rasa kenyang datang lebih awal. Studi dari Journal of Physiology & Behavior mengungkapkan bahwa mengunyah dapat menurunkan tingkat hormon stress. Mekanismenya adalah mengunyah meningkatkan alirah darah dan secara psikis, mengalihkan perhatian dari hal lain karena fokus dengan makanan di mulut.

    4. Buat Sendiri
    Ada perasaan sayang untuk segera menghabiskan cemilan, mengingat segala jerih payah yang dilakukan saat membuatnya. Beda dengan cemilan yang dibeli dan langsung dimakan. Porsi yang dimakan pun pasti akan lebih diatur karena keinginan untuk menyisakannya untuk dimakan lain waktu.



      Waktu sekarang Fri Dec 09, 2016 6:34 pm