Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Yang Harus Dipersiapkan Saat Mengajak Anak Bertemu Orang Baru

    Share

    andi_bunga

    38
    16.07.12

    Yang Harus Dipersiapkan Saat Mengajak Anak Bertemu Orang Baru

    Post  andi_bunga on Thu Aug 15, 2013 10:18 am


    Saat Hari Raya atau Lebaran menjadi momen untuk anak bertemu orang-orang baru yang selama ini jarang atau bahkan belum pernah ditemui dalam hidup mereka. Saat menghadapi momen ini, tidak semua anak bisa dengan mudahnya beradaptasi. Ada anak yang bisa langsung bersahabat atau akrab dengan orang-orang baru tersebut, tapi ada juga yang memilih menarik diri.

    Kalau anak Anda tipe orang yang cenderung menjauh saat bertemu dengan orang-orang baru, bantulah dia menghadapi situasi tersebut. Berikut beberapa strategi yang bisa dicoba seperti dipaparkan zerotothree:

    1. Jadikan diri Anda sebagai tempatnya berlindung. Perkenalkan anak dengan orang-orang baru tersebut melalui tangan Anda. Anda bisa sambil memangku atau memegang tangannya yang lain, saat mengajaknya mengobrol dengan sanak saudara.

    2. Usahakan Anda memberikan energi yang positif saat berhadapan dengan para kerabat ini di Hari Raya. Perhatikan ekspreksi wajah dan bahasa tubuh Anda saat bicara dengan orang lain. Anak akan memperhatikannya dan menjadi tanda baginya apakah memang orang lain ini bisa diterimanya juga atau tidak.

    3. Kalau memang anak Anda sangat pemalu, tak ada salahnya memberitahukan pada kerabat yang ingin mengajaknya berkenalan. Minta kerabat menggunakan mainan atau buku favoritnya untuk membuatnya merasa akrab saat mendekatkan diri padanya.

    4. Jauh-jauh hari sebelum acara silaturahmi, mengobrolah dengan anak mengenai topik ini. Katakan padanya kalau dia akan bertemu banyak orang baru tidak lama lagi. Cobalah untuk membiasakannya datang ke tempat baru yang membuatnya harus berinteraksi misalnya arena bermain. Cara lainnya, ceritakan hal menarik apa yang akan ditemukannya saat bertemu dengan sanak saudara baru. Misalnya saja, kita akan ke rumah paman A, di sana dia memelihara kelinci. Semakin dia tahu situasi yang akan dihadapinya, dia akan merasa lebih nyaman.

    5. Gunakan buku dan foto untuk membuat anak paham apa yang akan dihadapinya saat bertemu orang baru. Beli buku yang menggambarkan bagaimana situasi ketika bertemu dengan orang dan suasana baru. Anda bisa juga memakai foto, kalau memang ada. Dengan menunjukkan anak gambar-gambar orang yang akan ditemuinya nanti, dia akan merasa lebih familiar.

    6. Jangan labeli anak 'pemalu. Label tersebut justru bisa semakin membuatnya merasa demikian dan itu sama sekali tidak membantu. Katakan saja pada sanak saudara kalau anak termasuk yang butuh waktu untuk beradaptasi.



      Waktu sekarang Thu Dec 08, 2016 6:59 pm