Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Pentingnya Tidur Siang di Sela-sela Jam Kerja

    Share

    cisilia35

    18
    03.05.13

    Pentingnya Tidur Siang di Sela-sela Jam Kerja

    Post  cisilia35 on Thu Sep 12, 2013 6:05 am


    Karyawan yang tidur siang di kantor kerap dianggap malas atau tidak produktif. Padahal 'mencuri' waktu untuk tidur siang bisa meningkatkan performa kerja, asalkan tidak 'kebablasan'. Tidur siang dalam waktu singkat, atau istilah populernya 'power nap' telah terbukti menurunkan risiko kecelakaan lalu lintas, mengurangi kesalahan saat bekerja juga meningkatkan perhatian, konsentrasi, performa dan kesiagaan.

    Tidur siang juga membantu meningkatkan mood positif dan kemampuan mengatasi stres. Lebih dari itu, power nap bermanfaat untuk mengumpulkan energi apabila Anda harus kerja lembur. Bahkan dengan tidur siang, secara efektif mencegah ngantuk ketika menyetir atau mengoperasikan alat berat.

    Tidur siang yang terencana bahkan diperlukan bagi beberapa orang. Misalnya pada pasien penderita narkolepsi atau disebut juga 'serangan tidur'. Yaitu kondisi dimana seseorang mengantuk sepanjang waktu. Tidur siang selama minimal 15 menit bisa membantu mereka mengatasi ngantuk berkepanjangan setiap hari. Karyawan dengan sistem kerja shifting juga bisa merasakan manfaat power nap. Meluangkan waktu sebentar untuk tidur siang bisa membuat kinerja mereka di malam harinya lebih baik.

    Meskipun kedengarannya mudah, (apa susahnya membuat mata terlelap?) diperlukan cara-cara tertentu untuk mengoptimalkan manfaat tidur siang bagi tubuh. Ini beberapa trik yang bisa Anda coba agar mendapatkan power nap berkualitas, seperti dikutip dari Huffington Post.

    1. Jangan Terlalu Lama
    Waktu tidur siang jangan terlalu lama, maksimal 20 menit. Lebih dari itu, Anda akan masuk ke tahapan tidur yang lebih dalam yang bisa membuat kepala terasa pening saat bangun. Tidur yang lebih lama juga bisa mengganggu fase tidur di malam hari. Power nap seharusnya kurang dari 20 menit untuk membuat tubuh lebih segar dan membantu meningkatkan kesiagaan selama beberapa jam ke depan.

    2. Perhatikan Lingkungan
    Usahakan jangan tidur di meja kerja, tapi carilah ruangan yang nyaman, sunyi, agak gelap dan sejuk. Anda sebaiknya berbaring santai atau duduk menyender. Jaga agar sinar lampu di dalam ruangan tidak terlalu terang atau Anda bisa memakai masker mata berwarna gelap. Agar tidak terganggu bisingnya aktivitas kantor, kenakan earphone dari silikon untuk meredam suaranya. Pastikan Anda sudah mendapat izin dari atasan untuk tidur siang.

    3. Waktu Tidur
    Kapan waktu paling ideal untuk tidur siang? Sebelum pukul 14.00, karena terlalu sore bisa mengganggu siklus tidur malam hari. Lebih awal, hasilnya akan lebih baik. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat tepat setelah atau sebelum makan siang. Anda juga bisa memakai jam makan siang jika tidak ingin mengganggu waktu kerja. Percepat durasi makan Anda untuk mendapatkannya.


      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 6:47 am