Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Yesterday at 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

» Tak Ada Ambulans, Pria Ini Gendong Jasad Istri Sejauh 12 Km
Fri Aug 26, 2016 7:20 pm by derinda

IKLAN ANDA


    Ini Tantangan Terbesar Saat Pacaran dengan Sahabat

    Share

    via

    848
    04.03.09

    Ini Tantangan Terbesar Saat Pacaran dengan Sahabat

    Post  via on Sun Sep 15, 2013 8:44 am


    Setiap hubungan asmara tentu memiliki tantangan tersendiri, baik menjalin cinta dengan pria baru atau sahabat lama. Menurut psikolog klinis dewasa, Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi, menjalin hubungan asmara dengan sahabat sendiri akan lebih kompleks daripada berpacaran dengan pria yang baru kenal.

    "Pacaran dengan sahabat akhirnya jadi lebih kompleks karena konsekuensinya kehilangannya lebih menyakitkan. Kalau dengan orang baru investment dalam relationship-nya belum terlalu banyak. Kalau sama sahabat dia bisa kehilangan yang selama ini ada buat dia," ujar Wulan saat diwawancarai wolipop di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (10/9/2013).

    Psikolog 29 tahun itu menuturkan, kendala yang ada dalam hubungan keduanya juga tidak lebih sedikit daripada berpacaran dengan pria baru. Tantangan terbesar ketika status sahabat berubah menjadi kekasih adalah komunikasi. Seringkali masa adaptasi setelah perubahan status itu menjadi masalah.

    Mungkin kalau berpacaran dengan pria yang bukan sahabat, Anda bisa lebih pengertian karena merasa belum mengenal satu sama lain dan butuh waktu untuk pengenalan. Berbeda saat menjalin cinta dengan sahabat sendiri, merasa sudah saling kenal lalu beranggapan bahwa dia selalu tahu apa yang Anda mau. Ini yang kerapkali menjadi kendala di awal hubungan asmara dengan sahabat Anda.

    "Kalau dari sahabat ke pacaran komunikasinya akan sering bermasalah karena mereka lebih lama dekatnya sehingga ekspektasi bahwa 'sahabat seharusnya lebih mengerti gua' itu jauh lebih besar daripada dengan orang yang baru ketemu," tutur wanita lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia itu.

    Mungkin banyak orang menganggap bahwa hubungan dari sahabat menjadi pacar lebih mudah dibandingkan membangun hubungan asmara baru dengan orang lain. Kenyataannya sama saja bahkan cenderung lebih sulit. Anda ataupun sahabat tentu memiliki harapan yang lebih tinggi setelah menjadi pasangan kekasih.

    Wulan kembali menjelaskan, dalam hubungan romantis Anda sebenarnya dituntut memainkan banyak peran, menjadi adik, kakak, sekaligus kekasih. Ada waktunya di mana Anda juga perlu menjadi sahabat seperti dulu. Namun yang sering terjadi kebanyakan pasangan lupa berperan sebagai teman terdekat setelah status mereka berubah menjadi sepasang kekasih.

    "Masa transisi ini krusial banget untuk menentukan hubungan mereka berhasil apa nggak. Misalnya dulu biasa saja kalau pergi ramai-ramai tapi kalau hubungan romantis pengennya pergi berdua. Seringkali yang jadi masalah kadang ekspektasinya saja yang berubah dari status sahabat jadi pacaran," ujar psikolog yang juga menjadi pendiri dari situs pranikah itu.

    Selain masalah timbulnya ekspektasi baru, perubahan kebiasaan antara Anda dan sahabat juga kerap menjadi kendala. Misalnya saja bersentuhan fisik, mungkin saat hubungan masih teman, Anda dan si dia sudah biasa merangkul atau bergandengan tangan. Ketika sudah berpacaran tentu ada ekspektasi lebih yang belum tentu bisa diterima oleh kedua belah pihak. Perubahan-perubahan seperti itu biasanya terjadi diawal hubungan asmara Anda dan sahabat.

    "Butuh kerja keras juga di masa transisinya. Fisik pun ada gesture yang lebih intimate," tutup Wulan.



      Waktu sekarang Sun Sep 25, 2016 9:01 pm